Brilio.net - Jogja merupakan salah satu destinasi wisata favorit, wisatawan lokal maupun mancanegara silih berganti berdatangan ke kota istimewa ini. Jogja kaya akan destinasi wisata alam hingga kaya akan budaya.

Berbagai suguhan menarik membuat wisatawan tak bosan. Jogja menyuguhkan banyak sekali opsi wisata. Bahkan Kla Project dengan bangganya mempersembahkan lagu berjudul nama kota ini. Membuat setiap wisatawan yang mendengar selalu ingin kembali.

Jogja dengan sederet daya tariknya, mulai dari wisata alam, makanan, budaya bikin kamu jatuh cinta. Pengen berlibur ke Jogja namun dengan budget yang pas-pasan? Jangan khawatir, kali ini brilio.net akan membagikan tips berlibur murah ke jogja dilansir dari berbagai sumber Senin (25/02)

1. Hindari musim liburan

Jika kamu suka jalan-jalan ala backpacker, kamu tau dong bahwa berlibur di hari kerja adalah pilihan yang tepat. Selain menghindari wisatawan yang membludak, cara ini juga ampuh untuk mencari penginapan yang murah.

2. Menginap di daerah Sosrowijayan atau Prawirotaman.

Wisata Jogja © 2019 brilio.net

foto: sutterstock.com

Sosrowijayan merupakan nama daerah di dekat Malioboro, jika kamu ingin mencari penginapan murah dan dekat malioboro, area sosrowijayan tempat yang tepat. Kamu cukup berjalan kaki dari malioboro untuk mencari penginapan yang cocok untuk kamu.

Kalau Prawirotaman sendiri jaraknya lumayan jauh yaitu 4,5 kilometer dari malioboro. Namun prawirotaman juga menyuguhkan keistimewaannya sendiri. Prawirotaman terkenal akan wisata malamnya, jadi jika kamu ke sana lebih dari jam 10 malam. kamu akan menemukan tempat nongkrong yang ramai akan wisatawan lokal maupun mancanegara. Penginapan disana juga relatif murah.

3. Booking penginapan secara online

Wisata Jogja © 2019 brilio.net

foto: bangkokair.com

Tips agar kamu mendapatkan hotel yang murah dengan fasilitas bagus adalah dengan cara booking hotel jauh hari sebelum atau jika kamu berlibur pada saat hari kerja kamu dapat memanfaatkan 'last minute booking' cara ini juga ampuh karena kadang hotel memberikan promo besar jika kamar masih banyak yang kosong.

Maka dari itu kamu harus rajin update harga hotel. Agar kamu mendapatkan hotel yang bagus kamu juga harus cek review dari pengunjung yang pernah datang, tenang saja hotel bagus tidak selalu berarti hotel mahal. Kamu harus teliti membandingkan harga dan kualitas.

4. Jangan ragu cari promo hotel

Pada aplikasi pemesanan hotel juga kadang memberikan penawaran-penawaran menarik. Kamu harus selalu cek promo yang ada pada aplikasi jika ingin booking hotel dengan harga miring.

5. Naik bis/kereta kelas ekonomi.

Menggunakan bis untuk menuju ke Jogja merupakan cara paling murah yang dapat kamu lakukan. Selain bis, kamu juga bisa naik kereta kelas ekonomi. Dengan harga rata-rata Rp 100 ribu, kamu sudah dapat transportasi murah ke Jogja.

6. Manfaatkan teman atau kerabat yang tinggal di Jogja.

Jika kamu punya teman dekat atau kenalan yang tinggal di Jogja jangan segan-segan memberitahu kalau kamu akan berkunjung ke sana. Mungkin saja kamu diajak menginap dirumahnya, lumayan hemat uang penginapan. Atau setidaknya dia bisa memberitahu tempat wisata dan tempat makan yang murah. Segala macam bantuan dari 'orang dalam' akan senantiasa mempermudah liburan kamu.

7. Bawa kendaraan pribadi

Kamu akan lebih menghemat perjalanan jika kamu membawa kendaraan sendiri. Dengan membawa kendaraan sendiri kamu bisa mengurangi biaya transportasi bis/kereta dan kendaraan umum lainnya, lebih hemat bukan?. Tapi dengan syarat kamu harus pastikan kendaraan kamu dalam keadaan baik-baik saja agar tidak menghambat perjalanan.

8. Manfaatkan kendaraan umum

Wisata Jogja © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@junaa_sfb

Jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi di Jogja, kamu tidak usah khawatir karena bis kota Trans Jogja senantiasa mengantarmu kemana-mana. Dengan harga yang murah, bis yang nyaman menemani kamu menikmati Jogja.

9. Makan di warung dekat kampus

Wisata Jogja © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@kulinerjogya

Peraturan pertama untuk kamu yang ingin makan hemat ketika liburan di Jogja adalah jangan makan di tempat wisata. Salah satu opsi yang pas untuk kamu adalah makan di warung atau angkringan dekat kampus. Warung-warung tersebut jelas menyediakan makanan yang sesuai kantong mahasiswa, Rp 10 ribu sudah kenyang.

10. Pergi ke tempat wisata gratis atau murah

Wisata Jogja © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@malioboro_insta

Kalau berlibur ke Jogja kalian tidak udah khawatir akan tempat wisata yang mahal. Sebut saja malioboro, tempat wisata khas Jogja ini gratis. Lalu ada lagi Taman Sari, cukup dengan uang Rp 5.000 kamu dapat masuk ke taman istri Sultan ini. Murah bukan?

11. Cari tempat wisata alam yang baru dan masih jarang dikunjungi

Mungkin tips ini agak susah untuk diikuti, namun cukup manjur untuk kalian yang suka mencari pengalaman baru. Karena biasanya wisata alam yang baru buka harga tiket masuknya relatif murah. Tempat-tempat baru ini biasanya cuma diketahui oleh orang-orang tertentu saja. Mungkin kamu bisa cari rekomendasi di internet.

12. Jangan lupa menawar saat membeli oleh-oleh

Wisata Jogja © 2019 brilio.net

foto: YouTube.com

Hal ini dapat kamu lakukan jika membeli oleh-oleh di Pasar Beringharjo dan sekitar malioboro. Dengan menawar kamu bisa saja mendapat harga jauh lebih murah dari harga awalnya. Satu lagi, kadang penjual juga memperhatikan penampilan pembelinya loh. Jadi ketika ke pasar beringharjo gunakan pakaian yang tidak terlalu memperlihatkan kemewahan agar penjual mau menurunkan harga sesuai harapan kamu.

13. Beli oleh-oleh secara bijaksana

Jika kamu membawa uang yang pas-pasan saat berlibur ke Jogja, kamu harus lebih bijaksana untuk membeli oleh-oleh. Misal tidak membeli oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan di mana saja.


14. Jalan-jalan 'blusukan' Jogja

Tips ini mungkin jarang diketahui wisatawan, namun patut untuk dicoba. Kadang, wisatawan datang ke Jogja untuk menikmati wisata-wisata yang ramai dikunjungi. Mungkin kamu yang suka mempelajari budaya setempat bisa mencoba jalan-jalan 'blusukan' ke rumah-rumah penduduk atau daerah kampus dan ngobrol sama mas-mas angkringan. Atau pergi ke pasar Kranggan pagi-pagi beli jenang atau jajanan pasar yang enak-enak. Dengan itu kamu akan menemukan hal baru yang mungkin tidak didapatkan oleh wisatawan-wisatawan lain.


mgg/fairuz puspita