Brilio.net - Tidur di angkutan umum itu sudah biasa terjadi dan pasti pernah kamu lakukan. Namun mungkin sensasinya beda jika yang tidur di angkutan umum itu adalah traveler yang menggunakan bus.

Bedanya adalah jarak yang ditempuh para traveler ketika naik bus biasanya tidak dekat. Para traveler kemudian memanfaatkan momen istirahatnya di dalam bus. Dengan harapan mereka bisa tidur nyenyak, bangun-bangun pokoknya sudah sampai tujuan dan badan menjadi segar untuk melanjutkan pikniknya lagi.

Tapi apa jadinya dong, kalau kamu yang sebagai traveler tiba-tiba jadi bete karena nggak bisa istirahat dengan nyaman di bus?

Nah, buat kamu yang ingin traveling menggunakan jasa transportasi bus, ada baiknya kamu pelajari tips-tips tidur nyaman di bus ini, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (4/12):

1. Jangan duduk dekat pintu

Loading...

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika travelingfoto: citywindsor.ca

Duduk dekat pintu bus, artinya kamu harus siap terganggu dengan lalu lalang orang yang naik turun. Tidur di bus berbeda dengan tidur di rumah, suara kecil saja bisa membangunkanmu.

2. Jangan pilih kursi di atas roda

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika travelingfoto: wikipedia.org

Jalanan di Indonesia tidak semuanya mulus, beberapa di antaranya bisa dikategorikan sering rusak karena banyak aspal yang sudah berlubang. Lubang-lubang tersebut akan menimbulkan guncangan saat bus yang kamu tumpangi melewatinya. Dan yang akan paling merasakan guncangan tersebut adalah penumpang yang tempat duduknya berada di atas roda. Guncangan itu tentu saja akan mengganggu kenyamanan tidur kamu.

3. Pilih sisi yang dekat jendela

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika travelingfoto: yankodesign.com

Kursi di sisi jendela membuat kamu lebih leluasa dalam menentukan gaya tidurmu. Kamu juga bisa menyandarkan kepalamu saat tidur ke sisi jendela.

4. Pakai bantal leher

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika travelingfoto: trendhunter.com

Bantal leher ini biasanya memang digunakan oleh penumpang pesawat, tapi bisa juga kamu bawa ketika naik bis maupun kereta, karena esensinya adalah untuk membuat nyaman posisi leher dan kepala saat tidur di kendaraan.

5. Gunakan penutup mata

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika travelingfoto: thewirecutler.com

Penutup mata, juga bisa membantumu cepat tidur. Dengan penutup mata kamu tidak akan terganggu dengan bayangan-bayangan yang bergerak saat di perjalanan.

6. Setel musik dan gunakan earphone

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika travelingfoto: travelpod.com

Untuk membantu tidurmu, tidak ada salahnya kamu memutar lagu di pemutar musikmu. Mendengarkan lagu favorit bisa membantumu cepat tertidur. "Selain itu juga bisa mengurangi suara bising," ujar Olenka, traveler yang sudah jalan-jalan lintas benua itu saat berbincang dengan brilio.net beberapa waktu lalu.

7. Gunakan ransel sebagai sandaran kaki

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika travelingfoto: dolanotomotif.com

"Kalau naik bis yang kelas ekonomi biasanya nggak ada sandaran kaki, pakai saja ranselnya. Asalkan nggak ada barang berharga di dalamnya," lanjut Olenka

8. Cangklongkan tas kecil yang berisi barang berharga

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika travelingfoto: penaddict.com

"Nah, kalau untuk barang berharga, saran saya jangan sampai lepas dari badan. Apalagi kalau traveling ke luar negeri, jangan sampai paspor hilang," kata Olenka. Agar tidak khawatir saat tidur, maka cangklongkan tas kecil tersebut di badanmu.

9. Jangan makan dan minum berlebihan

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika travelingfoto: quitecurious.com

Ini menjadi hal penting untuk para traveler sebelum tidur di dalam bus, yaitu jangan makan dan minum berlebihan sebelumnya. Mengapa? Dengan makan dan minum terlalu banyak, kamu dipastikan akan bolak-balik ke kamar mandi atau pun menahan buang air. Jadi nggak nyaman sendiri kan?

10. Jangan lupa nyalakan alarm supaya jangan bablas

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika travelingfoto: wikihow.com

Tanyakan pada supir bus, kira-kira jam berapa bus akan tiba di terminal tujuanmu. Setelah itu baru kamu nyalakan alarm biar kamu nggak kebablasan.

11. Jauhi smoking room dan toilet

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika travelingfoto: twicsy.com

Jika kamu menggunakan bus yang ada smoking room dan toilet, maka jauhilah dua tempat tersebut saat hendak tidur. Hal ini sangat penting untuk kenyamananmu. Hindari smoking room jika kamu tidak suka bau rokok. Selain itu, duduk di tempat yang jauh dari toilet akan menghindari kamu dari bau-bau tak sedap atau orang lalu lalang ke toilet.

12. Matikan paket data, untuk menghemat baterai saat tidur

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika travelingfoto: xyvibes.com

Daripada paket data internet smartphonemu mubazir saat kamu tidur, lebih baik kamu matikan. Selain itu juga bisa menghemat baterai smartphone kamu.

13. Yang paling penting, jangan lupa berdoa sebelum berangkat

13 Cara ini bisa bikin kamu tetap nyaman tidur di bus ketika traveling

foto: gihon-centre.com

Yang paling penting tentu berdoalah sebelum tidur, agar selama perjalanan tidak ada halangan dan kamu bisa sampai tujuan dengan selamat. Setuju?

Selamat mencoba dan semoga piknikmu menyenangkan ya!