Brilio.net - Traveling bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa backpacker maupun bisa melalui agen wisata.  Selain menggunakan kendaraan umum seperti kereta atau bus, travelling juga dapat memakai sepeda motor lho.

Namun, sebelum memutuskan untuk travelling dengan sepeda motor, ada 12 saran yang sebaiknya kamu perhatikan. Hal ini agar liburanmu lancar dan nggak terganggu. Berikut ulasannya, seperti dihimpun brilio.net, Sabtu (28/11):

1. Cek kondisi sepeda motor

foto: masbadar.com
Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraanmu. Mulai dari rem, gas, kondisi ban dan lain-lainnya ke bengkel. Jangan pertaruhkan keselamatanmu dengan merasa semuanya masih baik dan bagus.

"Pemeriksaan ke bengkel penting sekali, jangan sok tahu dan percayakan pada ahlinya," kata Oky, cowok asal Palembang yang hobi touring.

2. Bawa surat-surat kendaraan lengkap

foto: http://jackbiker.com/
Meskipun sepele tapi surat-surat penting jangan sampai tertinggal ya Guys. Siapa tahu dijalan ada operasi polisi kamu bakal aman. SIM,STNK, KTP jangan sampai tertinggal.  

"Hal kecil yang sering terlupakan, surat-surat kendaraan jangan sampai lupa dibawa ya," lanjut Oky.

3. Pelajari rute dan jalur yang akan kamu tempuh

foto: http://www.carmudi.co.id/
Sebelum memutuskan pergi dengan sepeda motor ke daerah tertentu nggak ada salahnya kamu bisa bertanya dengan teman tentang rute dan jalur yang akan dilewati. Ini penting agar kamu bisa mendapatkan gambaran tentang kondisi jalan yang akan kamu tempuh.

4. Perhatikan juga jarak, tujuan dan waktumu

foto: kucingbalap.files.wordpress.com
Jangan bepergian jauh jika waktu liburmu cuma sedikit. Kamu juga harus mempertimbangkan jarak tempuh dan apa saja agendamu di sana dengan waktu yang kamu miliki.

"Jangan memaksakan waktu, kalau memang cuma punya libur 2-3 hari pilih tepat yang dekat-dekat dulu," kata Oky.

5. Gunakan helm standart

foto: ridertua.files.wordpress.com
Keamanan saat berkendara adalah yang utama. Pastikan kamu pakai helm standar SNI guna melindungi keselamatanmu selama perjalanan.

6. Jaket dan perlengkapan safety lain jangan sampai lupa

foto: ridertua.files.wordpress.com
Jangan nekat cuma pakai kaos atau kemeja saat saat berkendara, apalagi perjalanan jauh. Pastikan kamu memakai jaket yang aman dan hangat untuk melindungimu dari terpaan angin. Gunakan juga perlengkapan safety seperti sarung tangan dan sepatu untuk melindungi anggota badanmu.

7. Kunci-kunci sederhana jangan sampai lupa

foto: http://www.carmudi.co.id/
Kamu pasti berharap lancar selama perjalanan, tapi siapa sih yang bisa memastikannya? Nah, makanya kunci-kunci kecil untuk memperbaiki motor jangan sampai tertinggal ya Guys. Atau bawa juga busi dan ban cadangan, hal ini untuk mengantisipasi jika tiba-tiba motor kamu mogok atau mengalami masalah.

2 dari 2 halaman


8. Jas hujan

foto: pertamax7.files.wordpress.com
Selain itu juga jangan lupakan jas hujan, daripada kamu kehujanan lebih baik persiapkan segalanya dari rumah sebelumnya.

9. Istirahatlah sesering mungkin

foto: transtri.files.wordpress.com/
Dengan naik motor memang lebih praktis dan kamu juga bisa mengatur sendiri waktunya. Tapi juga jangan memaksakan untuk cepat sampai tujuan. Kalau lelah atau mengantuk kamu harus segera beristirahat, bisa di pinggir jalan atau mencari rest area.

"Sebaiknya setiap 3 jam sekali beristirahat, atau menyesuaikan kondisi lah pokoknya," terang Galih, cowok asli Yogyakarta yang juga menyukai travelling dengan naik motor.

10. Kalau boncengan jangan sungkan bergantian

foto: yvcibc.files.wordpress.com
Nah, jika kamu berboncengan dengan rekan jangan sungkan atau malu untuk bergantian menyetir. Dengan begitu kamu bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar.

11. Sebelum berangkat pastikan kondisi badan fit

foto: kesehatanwanita.web.id/
Selain kondisi kendaraanmu, kondisi kesehatanmu juga wajib diperhatikan. Sebaiknya jaga kondisi sebelum melakukan perjalanan, agar saat berangkat kondisi badanmu tetap fit.

"Jangan memaksakan saat lagi nggak enak badan," imbuh Galih.
 
12. Jangan malu bertanya kalau tersesat

foto: farm6.staticflickr.com/
Perjalanan yang kamu harapkan bisa jadi nggak selalu mulus. Saat harus tersesat di perjalanan, jangan sungkan dan takut bertanya dengan penduduk setempat. Meskipun kamu sudah berbekal google maps sekali pun.

"Jangan malu bertanya, kesalahan yang sering dilakukan adalah mereka milih jalan terus saat tahu kesasar," jelas Galih lagi.

13. Patuh terhadap rambu-rambu jalan

foto: http://tyachiet-gress.blogspot.co.id/
Selama diperjalanan kamu harus tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jangan sembarangan apalagi sampai melanggar rambu-rambu lalu lintas.

14. Berdoa

foto: /hsfcjombang.files.wordpress.com
Setelah segala sesuatunya beres dipersiapkan, jangan lupa berdoa sebelum perjalanan. Berdoa agar selamat sampai tujuan sampai kembali lagi ke rumah dalam keadaan sehat.

Jadi sudah siapkah kamu berlibur dengan sepeda motor? Selamat piknik ya...