Brilio.net - Pernahkah kamu memperhatikan wanita yang sedang hamil? Pada waktu memasuki kehamilan akan ada perubahan-perubahan yang diperlihatkan, misalnya sering mengidam dan hal-hal 'aneh' lainnya. Penyebabnya berasal dari dalam tubuh.

Dilansir dari laman Independent, Senin (29/2) ketika hamil, perempuan akan seringkali merasa canggung sehingga melakukan banyak kekeliruan semisal menjatuhkan kunci, menumpahkan air di dari gelas, tersandung, dan lain sebagainya.

Pada minggu-minggu awal kehamilan, terdapat hormon bernama relaksin yang meningkat pesat. Hormon ini berfungsi merilekskan bagian-bagian tubuh seperti sendi, otot, dan lain sebagainya. Hormon ini berguna dalam membantu peregangan daerah panggul selama persalinan nantinya. Meskipun tidak ada literatur ilmiah yang mengungkap secara jelas, hormon ini diyakini sebagai penyebab pergelangan tangan serta jari-jari menjadi longgar sehingga wanita hamil lebih sering menjatuhkan barang yang dipegangnya.

BACA JUGA: 15 Kekonyolan traveling bareng teman, keseruan yang sulit dilupakan

Selama beberapa minggu pertama kehamilan, kadar estrogen dan progesteron juga meningkat pesat. Selain disekresi oleh ovarium, kedua hormon ini juga diproduksi di plasenta selama kehamilan. Estrogen dan progesteron telah lama dikenal berperan penting dalam fungsi otak.

Loading...

Selain perubahan hormon, wanita hamil juga mudah mengalami lelah fisik, nyeri, dan perubahan metabolisme yang mendorong terciptanya perasaan muram. Bersamaan dengan kehamilan, berbagai kecemasan akan hadir seperti tentang kesehatan bayinya kelak, sulitnya membagi waktu bekerja, membesarkan bayi, hingga perihal finansial.

Hal ini, berdasarkan penelitian, jika ada dukungan dari orang-orang terdekat, akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental ibu hamil.