Brilio.net - Seorang ahli bedah baru saja membuat heboh tidak hanya dunia medis tapi juga global terkait pernyataannya bahwa ia telah berhasil melakukan transplantasi kepala. Mengagumkan namun di saat yang bersamaan juga mengerikan.

Transplatasi kepala manusia © 2017 brilio.net

foto: Discover Magazine Blogs

Nama ahli bedah tersebut adalah Sergio Canavero. Sergio telah lama berkutat ingin membuktikan bahwa transplantasi kepala pada manusia adalah hal yang memungkinkan.

Dilansir dari Telegraph, Sabtu (18/11), Sergio telah melakukan percobaan pada tikus, monyet dan paling baru adalah mayat manusia. Hasilnya? Sukses. Begitulah pernyataan dari para rekan kerjanya.

Ide transplantasi kepala telah lama menjadi momok tersendiri bagi dokter dan pasien. Banyak pasien yang mengalami kondisi yang sangat memprihatinkan seperti mati otak yang mungkin bisa kembali hidup normal dengan prosedur ini.

Namun keberhasilan prosedur ini juga masih dipertanyakan karena walaupun telah berhasil dilakukan pada manusia, menurut klaim dokter Sergio, namun prosedur tersebut hanya dilakukan pada mayat dan bukan manusia hidup.

Transplatasi kepala manusia © 2017 brilio.net

foto: Capital Gazette

Mengesampingkan berbagai tudingan miring terhadap penelitiannya ini, dokter Sergio berencana akan melakukan prosedur ini langsung kepada manusia hidup.

Dalam konferensi di Vienna baru-baru ini, dokter Sergio menyatakan bahwa ia telah memiliki seorang pasien hidup asal Russia yang setuju untuk menjadi orang pertama yang dilakukan prosedur transplantasi kepala.

Transplatasi kepala manusia © 2017 brilio.net

foto: The Sun

Wah, perkembangan teknologi dan ilmu pendidikan benar-benar bikin kagum. Menurut kamu bagaimana?