Brilio.net - Seorang anak biasanya dilahirkan dari ibu dan bapak. Sehingga dari bayi tersebut memiliki DNA yang sama, baik dari bapaknya atau ibunya. Hal tersebut juga membuktikan bayi yang lahir merupakan darah daging dari orangtua yang jelas. Namun ilmu pengetahuan memungkinkan semua yang tidak lumrah dan tidak biasa bisa terjadi. Salah satunya melahirkan bayi dengan teknik terbaru yaitu melahirkan bayi 'tiga orangtua'.

Teknik melahirkan bayi dari tiga orangtua ini berarti bayi yang dilahirkan mengandung DNA dari tiga orangtua. Keadaan ini untuk menghindari kondisi genetik mematikan yang bisa saja diturunkan oleh ibu bayi.

Dikutip dari Science Alert, Kamis (29/9), peneliti Dusko Ilic dari King College London, yang mengatakan teknik ini terbilang revolusioner. Cara melahirkan dengan metode seperti ini sudah disahkan di Inggris sejak tahun lalu.

Penemuan ini dilatarbelakangi maraknya DNA mitokondria yang diturunkan oleh perempuan, untuk yang sangat memungkinkan bayi mengidap penyakit diderita orangtuanya. Sehingga dengan kombinasi DNA ini kemungkinan bayi terlahir sehat sejak di kandungan lebih besar.

Dalam kasus terbarunya, teknik melahirkan tiga orangtua ini diterapkan pada orangtua di Yordania. Hal ini dilakukan karena ibu bayi memiliki penyakit sindrom Leigh, kelainan neurometabolisme yang berdampak pada sistem saraf pusat yang berakibat pada gangguan fatal pada sistem saraf yang diwariskan melalui DNA.

Ibu yang tak disebutkan namanya ini sudah 20 tahun lebih mengidap penyakit sindrom Leigh tersebut. Hal ini menyebabkan dirinya kehilangan dua bayinya akibat kelainan saraf yang diderita pada bayi. Akhirnya teknik kombinasi DNA ini dipraktikan pada kehamilan selanjutnya.

Beruntungnya dengan teknik tersebut bayi yang ketiga, lahir dalam keadaan selamat tanpa ada kelainan saraf. Kelahiran bayi yang saat ini berumur 8 bulan itu jadi bayi pertama yang lahir dengan teknik kombinasi tiga orangtua.