Brilio.net - Kita mengetahui jika bayi mampu membedakan mana ayah dan ibu yang biasa membersamainya setiap hari dengan orang lain. Tapi, bayi bisa mulai mengenali wajah orang lebih cepat dari yang kita duga, menurut sebuah penelitian baru di Inggris. Kemampuan membedakan wajah dari wujud lain telah berkembang sejak trimester ketiga kehamilan, sebelum lahir, seperti dikutip brilio.net dari Mamamia, Senin (26/6).

Dengan menggunakan teknologi ultrasound 4D, para ilmuwan dari Lancaster University menguji sebanyak 39 janin. Mereka dihadapkan dengan sorotan cahaya berisi gambar-gambar mirip wajah yang diproyeksikan ke dalam rahim ibunya. Lalu dilihat bagaimana mereka akan bereaksi terhadapnya.

Ditemukan bahwa bayi yang belum lahir akan punya antusias kepada gambar yang mirip wajah manusia.

"Ada kemungkinan janin akan menemukan bentuk yang menarik karena adanya stimulus baru," kata Profesor Vincent Reid, yang memimpin penelitian tersebut.

Sebelumnya, para ilmuwan mengasumsikan bayi baru belajar memilah wajah setelah mereka lahir. Namun temuan baru ini menunjukkan bahwa hal ini mungkin mekanisme bawaan.

Penelitian ini juga menegaskan bahwa indra bayi telah berkembang dengan baik sebelum terlahir ke dunia, sehingga orang tua harus mulai berinteraksi dengan anak kecil mereka saat mereka masih dalam kandungan.