Brilio.net - Cuaca seperti sekarang ini memang rentan sekali dengan penyakit. Apalagi peralihan musim yang ditambah lagi kondisi tubuh kita yang tidak fit memang sangat mudah sekali terserang penyakit.

Bahkan, kita merasa bahwa musim hujan merupakan musim yang sangat mudah seseorang terkena penyakit. Namun pernahkah kamu mendengar orangtua yang berkata bahwa hujan rintik-rintik lebih bahaya dari hujan deras? Benarkah pernyataan tersebut?

Dokter Kartika Mayasari mengatakan hujan rintik-rintik lebih berbahaya dibanding hujan deras adalah mitos. Menurutnya secara medis tidak ada hujan yang lebih berbahaya.

"Jadi sakit pas hujan itu bukan karena hujannya tapi karena kondisi tubuh sedang tidak fit. Bukan salah hujannya," katanya kepada media usai acara peluncuran pembersih lantai di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (3/10).

Ia juga menurutkan bahwa secara medis tidak ada hujan yang bikin pusing. Bila terserang penyakit tentu ada penyakit lain yang menyertai.

Loading...

"Banyak orang bilang jangan hujan-hujanan nanti pusing. Tidak ada jurnal medis yang bilang kalau hujan-hujanan itu bikin pusing. Semua penyakit karena bakteri dan virus," pungkasnya.