Brilio.net - Tim mahasiswa asal Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menemukan inovasi alat pendeteksi formalin pada makanan. Alat pendeteksi yang diberi nama D-Form ini tak hanya mampu mendeteksi formalin, tapi juga terintegrasi dengan smartphone lho.

Program yang dijalankan oleh Eko Saputro Lukito sebagai ketua, Hernawan Prabowo, Singgih Bekti W, Linda Noviasari dan Bayu Andiko ini didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (DIKTI) pada event tahunan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Proposal program mereka ini termasuk ke dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta.

D-Form © 2017 brilio.net

Dilansir dari Belmawa.risetdikti.go.id, program ini didaftarkan dengan judul "Detekor Makanan Berformalin (D-FORM) Menggunakan Sistem Jaringan Syaraf Tiruan (Neural Network) yang Mudah dan Akurat."

Cara kerja D-Form sangat mudah. Di ujung alat yang seukuran pipa ini terdapat sensor gas yang mampu mendeteksi kandungan formalin. Sementara di badan alat sudah tertanam chip mikrokontroler yang telah terprogram. Nantinya D-Form akan menyimpan data lokasi dan kandungan formalin lalu dikirimkan ke Smartphone.

Loading...

Salah satu anggota tim, Linda Noviasari menyampaikan, dengan adanya D-Form ini diharapkan masyarakat mampu "menjaga dan meningkatkan kewaspadaan terhadap apa yang kita konsumsi."