Brilio.net - Bagaimana kamu membayangkan seorang robot akan ada di masa depan? Mungkin mereka akan semakin canggih hingga sulit dibedakan antara manusia dan robot.

Dilansir brilio.net dari situs sciencealert.com, Kamis (10/3), para ilmuwan dari Singapura belum lama ini memperkenalkan Nadine, robot yang sangat cerdas secara emosional. Nadine sangat mirip dengan manusia, kemiripan fisik ini membantu manusia untuk berinteraksi dengan robot.

BACA JUGA: Foto pernikahan malah jadinya konyol, panggung roboh, duh!

"Selama empat tahun terakhir, tim kami di (Nanyang Universitas Technological) telah mendorong penelitian lintas disiplin dalam teknologi robotika sosial," kata Nadia Thalmann. "Untuk mengubah manusia virtual, dari dalam komputer, menjadi makhluk fisik yang mampu mengamati dan berinteraksi dengan manusia lainnya."

Dengan menggunakan ilmu linguistik dan psikologi, di samping bidang robotika konvensional seperti teknik dan ilmu komputer, para peneliti telah berusaha untuk mengaburkan perbedaan antara manusia dan mesin. Nadine -yang dirancang secara fisik untuk terlihat seperti Thalmann muda- tidak dimaksudkan untuk menipu kita bahwa dia adalah wanita sejati, tapi itu seharusnya membantu kami berkomunikasi dengan dia.

Loading...

"Ini agak seperti pendamping nyata yang selalu mendampingimu dan sadar dengan apa yang terjadi," kata Thalmann. "Jadi di masa depan, robot cerdas secara sosial bisa menjadi seperti C-3PO (seperti robot dalam film Star Wars), dengan pengetahuan bahasa dan etiket," Ungkap Thalman.

Kamu penasaran bagaimana Nadine berinteraksi dengan manusia? Nah, berikut videonya!