Brilio.net - I Wayan Sumardana, lelaki asal Bali yang memiliki fisik tidak sempurna ini tak pernah merasa kecil hati dan patah semangat. Pria yang akrab dipanggil Tawan tersebut memiliki pekerjaan sebagai tukang las di Desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali.

Sejak didiagnosa dokter mengalami stroke ringan 6 bulan lalu, dia mengalami kelumpuhan pada tangan sebelah kirinya. Namun, dengan kecerdasan dan keuletan dalam hal mekanik, Tawan berhasil membuat sendiri 'tangan robotnya' dari perkakas bekas agar meringankan pekerjaannya sehari-hari.

Seperti dikutip brilio.net dari akun facebook 9GAG, Selasa (19/1), berbekal pendidikan Sekolah Teknik Menengah (STM), Tawan menciptakan sendiri tangan robot dari komponen bekas komputer, dinamo dan bagian-bagian dari sepeda motor. Hal ini tidak mudah karena dia harus fokus untuk menggunakan lengan kirinya untuk merakit semua perkakas tersebut.

"Pikiran saya harus fokus untuk memindahkan robot yang berada di tangan saya ini dengan keadaan tangan saya yang sudah mati total," ujarnya.

Aneh tapi nyata, tukang las ini bertangan robot seperti Iron Man

Loading...

Melihat kegigihannya tersebut, tak pelak mengundang pujian dari para netizen. Salah satu akun facebook, Felix merasa bangga dengan kemampuan Tawan.

"Ini adalah contoh orang yang produktif. Lebih baik daripada orang yang meminta-minta," komentar dia.

Tidak hanya itu, bahkan ada juga netizen yang ingin mencarikan Tawan sponsor untuk mengembangkan bisnisnya.

"Saya berniat mendorong kamu memproduksi lebih banyak. Bukan tidak mungkin kamu seperti Stark (perusahaan teknologi canggih di film Iron Man). Kami akan mencari cara untuk menemukan sponsor," tambah akun Kevin Cruz.