Brilio.net - Saat musim penghujan, banyak sekali ditemui hewan-hewan yang ketika musim kemarau tak muncul atau sangat jarang ditemui. Bahkan tak jarang hewan-hewan tersebut sampai masuk rumah.

Kamu sendiri pasti pernah menemui hewan yang tiba-tiba masuk dalam rumah ketika musim penghujan kan?

Nah, berikut 9 hewan yang sering masuk rumah pada musim penghujan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (18/12):


1. Katak

9 Hewan ini bisa saja sering masuk rumah kamu saat musim hujan foto: adirondackexplorer.org

Hewan yang satu ini memang sangat sering sekali ditemui saat musim penghujan, seakan-akan populasinya menjadi berlipat-lipat saat penghujan. Banyaknya katak sangat terlihat dari suara katak yang selalu muncul setelah hujan selesai.

Menurut drh Karina Ayu P, dokter hewan lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, saat turun hujan kemudian menyebabkan genangan air, momen itu adalah saat yang tepat untuk katak keluar dari sarangnya. Waktu seperti itu sangat sering digunakan katak untuk kawin dan berkembang biak.

"Keluarnya katak itu biasanya bahkan sampai masuk ke rumah-rumah," kata Karina.
 
 
2. Cacing

9 Hewan ini bisa saja sering masuk rumah kamu saat musim hujan
foto: pinterest.com


Cacing juga termasuk hewan yang sering masuk rumah ketika musim penghujan. Menurut Karina, saat hujan turun, air yang diresap oleh tanah akan membuat cacing sulit mencari oksigen. Akibatnya cacing akan mencoba keluar dari tanah hingga bisa masuk rumah. Hal yang sama juga berlaku ketika kondisi tanah sangat panas.


3. Tikus

9 Hewan ini bisa saja sering masuk rumah kamu saat musim hujan foto: garden.lovetoknow.com

Kondisi cuaca di luar yang sangat dingin membuat tikus mencoba mencari tempat yang hangat. Dipilihlah rumah sebagai salah satu tempat tikus mencari kehangatan. Apalagi tikus memang karakter hewan yang menghindari genangan. Sehingga ketika tempatnya tergenang air, maka tikus akan mencari tempat lain yang lebih kering.


4. Ular

9 Hewan ini bisa saja sering masuk rumah kamu saat musim hujan
foto: wikipedia.org


Berpindahnya tempat hewan-hewan yang dimangsa ular menjadikan hewan predator ini juga ikut berpindah mencari di mana mangsanya. Ular seringkali berpindah ke daerah yang berpenghuni karena mencium aroma mangsanya ada di dalam rumah.

Selain itu, ular juga tak suka dengan kondisi yang terlalu dingin dan terlalu panas sehingga ia akan mencari tempat yang sedang suhu udaranya.


5. Laron

9 Hewan ini bisa saja sering masuk rumah kamu saat musim hujan foto: vanilailablog.wordpress.com

Laron biasa ditemui saat musim penghujan. Laron yang biasanya hanya berumur 1 hari awalnya adalah rayap yang sering bersarang dan memakan kayu.

Lalu kenapa laron suka dengan cahaya terang? Laron akan keluar secara bergerombol dari dalam tanah pada saat udara terasa lembap. Nah, selama musim hujan, keadaan tanah menjadi basah. Udara di sekitarnya pun menjadi lembap. Pada saat itulah, mereka akan keluar dan mencari cahaya yang mampu memberikan kehangatan. Maka tak salah jika laron juga mendatangi lampu-lampu yang ada di dalam maupun sekitaran rumah.


6. Nyamuk

9 Hewan ini bisa saja sering masuk rumah kamu saat musim hujan foto: theayurveda.org

Pada musim penghujan, populasi nyamuk akan menjadi semakin banyak. Nyamuk juga akan mencari tempat genangan air yang bersih. Makanya, nyamuk akan berpindah mencari genangan di dalam rumah yang cukup bersih karena genangan yang ada di luar rumah kotor karena hujan.

Lalu kenapa nyamuk membutuhkan genangan yang bersih? Menurut Karina, nyamuk mencari genangan air yang bersih karena hewan tersebut membutuhkan nutrisi yang tak akan ditemui pada genangan air kotor. Nutrisi itulah yang sangat dibutuhkan untuk perkembangbiakannya.


7. Kalajengking

9 Hewan ini bisa saja sering masuk rumah kamu saat musim hujan foto: baymonttampa.com

Kalajengking juga menjadi hewan yang mencari tempat berpindah saat musim penghujan tiba. Hal itu dilakukannya karena habitat asli mereka di luar rusak karena hujan. Makanya nggak heran jika dalam pencarian tempat baru, kalajengking juga sampai masuk ke dalam rumah.


8. Kumbang kayu

9 Hewan ini bisa saja sering masuk rumah kamu saat musim hujan
foto: flickriver.com


Musim penghujan membuat habitat kumbang kayu di kayu-kayu yang ada di luar ruangan cepat lapuk dan rusak. Itu menyebabkan kumbang kayu berpindah tempat mencari kayu yang kering, salah satunya ya yang ada di dalam ruangan.


9. Capung

9 Hewan ini bisa saja sering masuk rumah kamu saat musim hujan foto: amazine.co

Capung biasa tinggal di tempat yang basah, dekat dengan air sungai. Capung juga merupakan hewan yang sering masuk rumah ketika musim penghujan.

Karina menjelaskan jika sifat capung masuk ke dalam rumah karena mencari kehangatan. Menurutnya, serangga bukan merupakan hewan yang mempunyai saluran pernapasan lengkap seperti hewan yang lainnya. Hal itu membuat serangga, termasuk capung, sulit sekali beradaptasi dengan lingkungan.

Nah, itulah beberapa hewan yang biasa masuk rumah ketika musim penghujan. Beberapa hewan memang bukan merupakan hewan buas. Tapi sebagian yang lain adalah hewan berbahaya yang perlu diwaspadai. Jadi hati-hati ya, guys! Yang paling penting, jaga selalu kebersihan rumah kamu agar tetap sehat selama musim hujan.