Brilio.net - Hanako, seekor gajah yang menghuni kebun binatang Inokashira Park, Tokyo, Jepang dilaporkan mati. Mamalia yang disebut gaah paling kesepian di dunia itu merupakan hadiah dari Pemerintah Thailand kepada Jepang pada 1949, saat usianya dua tahun.

Sejak tinggal di Negeri Sakura, hewan mamalia besar itu telah menjadi tokoh utama di sejumlah buku cerita anak-anak dan serial televisi. Tak heran jika Hanako menjadi daya tarik utama di kebun binatang.

Gajah berjenis kelamin betina itu menjadi sorotan setelah foto-foto kesendiriannya dipublikasikan aktivis pembela hak-hak binatang. Mereka meyakni, Hanako tidak pernah berjumpa dengan sesama gajah selama menghuni kebun binatang Inokashira Park.

Belum lama ini, sekitar 470 ribu orang dikabarkan telah menandatangani petisi online, Elephant Freedom Fighters. Petisi tersebut meminta agar Hanako meninggalkan “penjara beton” dan menghabiskan waktu di kampung halamannya di Thailand.

Loading...

Menanggapi hal itu, pihak kebun binatang mengatakan transfer atas Hanako tidak memungkinkan. Alasannya karena gajah itu terlalu tua untuk melakukan perjalanan jauh.

Lalu usul lain sempat diajukan Friends of Elephants Asia agar Hanako setidaknya dapat bersosialisasi dengan hewan lain dan memiliki sejumlah tanaman hijau di kandangnya yang kecil.

Namun sayangnya belum sempat diambil tindakan, gajah malang itu ditemukan mati oleh petugas, Kamis 26 Mei pukul 03.00 waktu setempat dalam usia 69 tahun.

hanako © 2016 brilio.net

Petugas mengatakan, Hanako ditemukan tergeletak di lantai. Gajah itu tidak bereaksi ketika petugas berusaha membangunkannya. Demikian seperti dirilis Kyodo News dan dikutip Telegraph.

“Hanako mati dengan tenang. Ini sangat disesali. Hanako adalah gajah yang paling dicintai di Jepang dan saya berterima kasih kepada semua orang atas cinta mereka,” ujar Kepala Kebun Binatang Inokashira Park, Kiyoshi Nagai.

Pemerintah Thailand melalui kedutaan besarnya di Jepang juga menyampaikan rasa duka atas kematian Hanako. Mereka bilang kematian gajah itu telah menyisakan kesedihan mendalam di hati rakyat Thailand dan Jepang. Sebab, Hanako telah menjadi duta persahabatan Thailand—Jepang.