Brilio.net - Nama George Floyd menarik perhatian dunia. Pasalnya kematian pria kulit hitam karena lehernya diinjak oleh oknum polisi memicu gelombang protes di Amerika Serikat (AS). Demonstran menuntut pertanggungjawaban pemerintah dengan berkumpul di jalanan Minneapolis, AS, hingga berujung ricuh, pada Rabu (27/5).

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, polisi awalnya menyebut bahwa George Floyd mengadakan perlawanan. Namun rekaman video yang diunggah oleh saksi mata insiden ini, menunjukkan kejadian yang bikin bergidik.

Peristiwa ini bermula dari laporan toko kelontong di daerah setempat, menyebut bahwa ada orang yang dicurigai bertransaksi dengan alat pembayaran palsu. Dua polisi yang merespons laporan ini bertemu dengan George Floyd. Mereka melihat ciri-ciri George Floyd sesuai dengan ciri-ciri pelaku yang disebutkan.

Dalam sebuah video yang beredar, pria Afrika-Amerika berusia 46 tahun tersebut terlihat telungkup, menempel di trotoar. Lehernya ditekan oleh lutut seorang polisi berkulit putih, Derek Chauvin.

George Floyd tampak jelas kesulitan bernapas, tapi hal ini tak dihiraukan sang oknum polisi. George Floyd terlihat sama sekali tak berusaha melawan dan beberapa kali meminta polisi untuk mengangkat lututnya.

"Kumohon, aku tak bisa bernapas," kata dia.

Saksi mata yang suaranya terekam video terdengar memprotes sikap petugas, ada pula yang meminta petugas mengecek denyut nadi pria ini. Tapi oknum petugas ini tak mengangkat lututnya, meski George sudah tak bergerak. Saat ditangani paramedis, George Floyd dinyatakan meninggal dunia.

Insiden ini menarik perhatian para seleb papan atas Hollywood. Mereka memprotes kekerasan aparat yang kerap terjadi kepada masyarakat kulit hitam.

Berikut beberapa aksi para seleb yang menunjukkan kemarahan atas insiden meninggalnya George Floyd, seperti dilansir brilio.net dari liputan6.com, Jumat (29/5).

 

1. Justin Bieber.

Justin Bieber mengunggah video penangkapan George Floyd, dan mengatakan dirinya marah sekaligus sedih bukan kepalang atas kejadian ini.

"Ini membuatku marah, pria ini MENINGGAL. Ini membuatku sedih sekali. Rasisme itu keji. Kita harus menggunakan suara kita!" tulisnya di Instagram.

 

2. Demi Lovato.

Instagram/@ddlovato © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@ddlovato

 

Demi Lovato juga menyuarakan kemarahannya atas tindakan oknum polisi terhadap George Floyd.

"Aku lelah mengucap 'beristirahat dengan tenang.' Aku harap orang kulit hitam bisa hidup dengan tenang."

Di kolom caption Demi menyebut kekerasan ini tak akan pernah berhenti sampai semua orang ikut bahu membahu menyelesaikannya. Kelompok yang seharusnya bersuara paling keras adalah orang kulit putih.

 

3. Bella Hadid.

Instagram/@bellahadid © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@bellahadid

 

Bella Hadid juga kesal dengan kejadian ini.

"Ini harus dihentikan. Sulit sekali menyaksikan video yang begitu jahat. Sulit mengerti mengapa ini masih terjadi," tulisnya di Instagram.

Ia juga menuntut oknum polisi yang sekarang telah dipecat, untuk bertanggung jawab atas perbuatannya.

 

4. John Boyega.

Instagram/@johnboyega © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@johnboyega

 

Bintang Star Wars John Boyega mengutarakan kemarahannya. Ia menuntut pelaku yang menyebabkan kematian George Floyd dihukum setimpal.

"Ini seperti siklus yang tak berkesudahan. Pembunuhnya harus mendapat hukuman berat. Bahkan saat menghadapi kematian pun pria ini (George) tak diberikan empati sedikit pun," kata dia.

 

5. Cardi B.

Instagram/@iamcardib © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@iamcardib

 

Cardi B menyebut bahwa perlakuan sang oknum polisi terhadap George Floyd sebagai perbuatan pengecut.

"Cukup, sudah cukup! Harus terjadi apa supaya ini berakhir? Perang sipil? Presiden baru? Kerusuhan? Ini melelahkan! Aku lelah! Negara ini lelah!" kata sang rapper.

 

6. Naomi Campbell.

Instagram/@naomi © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@naomi

 

Naomi Campbell membuat sejumlah unggahan di Twitter miliknya, berkaitan dengan kematian tragis George Floyd. Hal serupa juga disampaikan di Instagram pribadinya.

"Aku tak bisa berkata-kata. Aku lelah dan muak dengan ini, lelah atas kesedihan karena kaum kami meninggal sia-sia," tulis sang supermodel.