1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Global
Ahada Ramadhana 16 Juli 2017 22:09

Gara-gara identitas CEO diretas, perusahaan ini dinyatakan 'bangkrut'

Perusahaan ini memiliki sekitar 300 ribu karyawan di lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

Brilio.net - Securitas AB, sebuah perusahaan yang melayani keamanan, monitoring, konsultasi, dan investigasi, yang berbasis di Stockholm Swedia dinyatakan bangkrut setelah identitas Alf Goransson, Chief Executive Officer (CEO) perusahaan tersebut diretas.

Menurut msn.com, Securitas AB adalah perusahaan keamanan terbesar di Swedia. Perusahaan ini memiliki sekitar 300 ribu karyawan di lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

Peretas mencari pinjaman dengan jumlah besar yang tidak diungkapkan dan mengajukan permohonan kebangkrutan menggunakan nama Goransson. Pengajuan pailit Securitas AB ini jatuh tempo per 10 Juli 2017.

Namun pria berusia 59 tahun yang memimpin sejak 2007 ini mengajukan banding keputusan kebangkrutan di Pengadilan Distrik Stockholm dan memenangkannya.

Pencurian identitas ini terjadi pada bulan Maret dan Goransson baru mengetahui bahwa dia telah diretas minggu ini. Dokumen permohonan kebangkrutan satu halaman berisi tanda tangan yang sama sekali tidak mirip dengan aslinya. Kini dia tengah diupayakan agar bisa bekerja kembali secara resmi.

"Serangan peretas tidak berpengaruh pada perusahaan, hanya pendeklarasian CEO bahwa kami bangkrut. Dan itu mudah-mudahan hanya bertahan sampai hari ini, tergantung seberapa cepat mereka bisa menghapus keputusannya," kata juru bicara Securitas AB, Gisela Lindstrand.

Niclas Rolander, reporter Bloomberg menyebut bahwa Swedia adalah salah satu negara yang telah mengganti model pembayaran dari tunai menjadi digital. Tunawisma pun telah memiliki kartu kredit.

Bahkan, Di museum Abba di negara itu, wisatawan tidak diperbolehkan membayar apapun dengan uang tunai. Kasus Goransson ini adalah satu dari 12.800 kejahatan peretasan identitas di Swedia dalam enam bulan pertama tahun 2017.

(brl/ton)

BRILIO VIDEO

SELAMAT JALAN CHESTER BENNINGTON
tidak akan pernah sama tanpamu.

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?