Brilio.net - Saudi Arabia dikenal dengan negara yang tak ramah perempuan. Negara tersebut termasuk paling rentan terjadi kekerasan terhadap perempuan. Bahkan dalam Penilaian Gap Gender yang dilakukan oleh World Economic Forum di tahun 2016, mereka berada di peringkat 141 dari 145 negara.

aksi perempuan arab saudi © 2017 brilio.net



Tahun lalu perempuan Arab baru diperbolehkan ikut dalam pemilihan umum. Kendati demikian masih ada larangan-larangan yang harus mereka patuhi. Seperti perempuan tidak diizinkan untuk mengemudi, berenang di kolam renang umum, berolahraga di gym, masuk ke area pemakaman, menjadi model majalah fashion, membuka rekening bank mereka sendiri, mengajukan cerai, atau memakai apa pun selain abaya di depan umum.

aksi perempuan arab saudi © 2017 brilio.net



Baru-baru ini  beredar sebuah video musik unik yang menggemparkan dunia. Dalam video tersebut terlihat perempuan Saudi dapat melakukan banyak hal layaknya yang biasa dilakukan para perempuan di negara lainnya. Memakai sepatu yang berwarna cerah dan baju yang 'lebih fashionable' dengan masih mengenakan niqab hitam, mereka bermain basket, sepatu roda, skateboard, juga menari dengan semangatnya.

aksi perempuan arab saudi © 2017 brilio.net



Video tersebut dibuat sebagai upaya aksi memperjuangkan kesetaraan bagi perempuan di Arab Saudi. Para perempuan dalam video musik menyanyikan frasa yang secara kasar diterjemahkan menjadi "Kalau saja Allah menyingkirkan kami dari laki-laki," "Pria membuat kita sakit jiwa," dan "mereka membuat kita gila," seperti yang dilansir brilio.net dari International Business Times, Kamis (5/1).

aksi perempuan arab saudi © 2017 brilio.net



Sejak dirilis pada tanggal 23 Desember lalu oleh akun majedalesa | di YouTube, video berdurasi 2 menit 52 detik itu sudah ditonton lebih dari 2,7 juta orang. Video berjudul "Hwages" tersebut diproduksi oleh 8IES Studios dan merupakan remake dari video produksi 2014 dengan lagu yang sama.

Penasaran seperti apa lincahnya para perempuan Arab Saudi dalam bermain basket dan skateboard dalam video musik itu? berikut video lengkapnya.