Brilio.net - Memiliki anak kembar tentunya menjadi suatu keberuntungan bagi setiap orang tua. Bisa punya dua anak atau lebih dengan wajah yang mirip dan mungkin juga sifat yang sama. Namun hal ini berubah menjadi tanda tanya tatkala si anak kembar memiliki wajah yang sangat berbeda jauh.

Hal itu jugalah yang dialami oleh seorang ibu asal Vietnam yang tidak mau disebutkan namanya. Kedua anaknya yang lahir bersamaan ini mempunyai wajah berbeda satu sama lain. Lazimnya kembar yang lahir dengan wajah berbeda itu bukan kembar identik. Atau mereka dibuahi dengan dua telur.

Namun lain halnya dengan kasus di Vietnam ini.  Saat dilakukan tes hasilnya sungguh mengejutkan. Ternyata kedua anak kembar ini memiliki DNA yang berbeda yang berarti ayahnya tak sama.

Menurut Profesor Le Dinh Luong, presiden Asosiasi genetik Vietnam kasus ini termasuk dalam Superfecundation. Ibu si bayi dibuahi oleh dua orang lelaki dalam waktu berdekatan sehingga menghasilkan beberapa telur dalam satu periode ovulasi.  Kemungkinan yang kedua adalah si ibu berovulasi dua kali dalam waktu singkat dan kedua telur dibuahi oleh laki-laki yang berbeda.

"Kasus ini sangat langka, tercatat kurang dari 10 di dunia. Mungkin bisa lebih karena biasanya orangtua malu melaporkan hal ini," tutur Profesor Le Dinh Luong seperti dikutip brilio.net dari BBC, Kamis (10/3).

Kasus serupa pernah terjadi pada tahun 2010 di Turki. Lalu pada tahun 2015 kasus anak kembar beda ayah juga sempat membuat geger media Amerika Serikat tepatnya di New Jersey.