×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Helikopter militer & sipil tercepat di dunia ini bikin kamu takjub

View Image

0

BRILIO » Global

10 Helikopter militer & sipil tercepat di dunia ini bikin kamu takjub

foto-foto: abcnewspoint.com

Helikopter menjadi sumber daya andal untuk distribusi.

05 / 04 / 2016

Brilio.net - Semakin ke sini, laju perkembangan teknologi semakin nggak terbendung. Hal ini pulalah yang terjadi dalam dunia penerbangan, termasuk helikopter. Kecanggihan teknologi helikopter menjadi sumber daya yang andal untuk distribusi logistik, pertempuran, dan pasokan di setiap wilayah di seluruh dunia.

Ada sejumlah negara di dunia yang fokus pada perkembangan ilmiah dan industri sehingga melakukan program penelitian secara progresif. Tak ketinggalan pula soal helikopter. Nah, berikut ini daftar helikopter tercepat dan canggih, yang dikutip brilio.net dari ABC News Point, Selasa (5/4):

1. Eurocopter X3

heli tercepat © 2016 brilio.net

Eurocopter X3 adalah helikopter kecepatan tinggi eksperimental yang dikembangkan dan diproduksi oleh Eurocopter. Kemampuan terbangnya mencapai kecepatan rekor 472 km/jam dengan service ceiling atau kemampuan terbang di ketinggian sekitar 3.810 meter. Lima baling-baling helikopter didorong oleh dua mesin turboshaft utama yang membuat helikopter ini menjadi helikopter tercepat di dunia sampai sekarang. Eurocopter X3 belum dioperasikan oleh pihak besar sampai sekarang karena mesinnya masih mesin demonstrasi. Penelitian lebih lanjut pun masih dilakukan supaya helikopter ini benar-benar bisa diwujudkan dan diandalkan ke depannya. .

Loading...

2. CH-47 Chinook

heli tercepat © 2016 brilio.net

CH-47 Chinook adalah salah satu helikopter tercepat di dunia dengan kinerja luar biasa selama beroperasi menjadi helikopter sipil maupun militer. Produsennya, Boeing Rotorcraft Systems, membuat helikopter ini dengan beberapa varian sehubungan dengan peningkatan dan spesifikasi yang dapat mencapai kecepatan maksimum 315 km/jam dan bisa terbang di ketinggian 5.640 meter. Kapasitas berat maksimumnya mencapai sekitar 22.680 kg. Sejauh ini, penggunanya antara lain Argentina, Australia, Kanada, Yunani, Jepang, Italia, Maroko, Belanda, Arab Saudi, Korea Selatan, Spanyol, dan beberapa negara lain.

3. Mi-35M

heli tercepat © 2016 brilio.net

Mi-35M adalah helikopter tempur multi-peran yang diproduksi oleh Rostvertol, anak perusahaan dari Russian Helicopters. Russian Helicopters sendiri merupakan perusahaan yang telah merancang transportasi militer dan penyerangan dengan kinerja penerbangan superior dan manuver lainnya. Helikopter ini adalah salah satu helikopter tercepat yang bisa terbang pada kecepatan maksimum 310 km/jam dengan ketinggian operasional 5.400 meter. Selain itu, Mi-35M mampu untuk melakukan misi selama siang dan malam dan memiliki kemampuan beroperasi di lapangan udara yang belum disiapkan dan lengkap, pada suhu tinggi dan lingkup tempat yang tinggi pula.

4. AW101 (EH101) Merlin

heli tercepat © 2016 brilio.net

AW101 (EH101) Merlin merupakan kreasi kolaborasi antara Westland Helicopters dan Agusta, untuk memenuhi persyaratan helikopter yang pas untuk angkatan laut modern. AW101 telah banyak digunakan di dua bidang, sipil dan militer karena kinerjanya yang sangat baik dan mampu diandalkan. Kemampuan terbangnya 309 km/jam dengan ketinggian maksimum 4.575 meter dan kapasitas beban sekitar 14.600 kg. AW101 merupakan salah satu helikopter tercepat di dunia yang telah dimanfaatkan oleh Aljazair, Italia, Jepang, Nigeria, Portugal, Norwegia, dan Arab Saudi untuk operasi militer dan penegakan hukum.

5. AgustaWestland AW139

heli tercepat © 2016 brilio.net

AgustaWestland AW139 dikembangkan oleh AgustaWestland, yang memang menjadi perusahaan mumpuni dalam bidang ini. Helikopter ini tercepat di dunia yang didukung oleh teknologi mesin dari FADEC-controlled Pratt dan Whitney Canada PT6C turboshaft, sehingga dapat dimanfaatkan dalam dunia sipil maupun militer. Penggunanya antara lain Bangladesh, Siprus, Mesir, Italia, Malta, Nigeria, Panama, Uni Emirat Arab, dan Inggris. Spesifikasi AgustaWestland AW139 ini adalah kecepatan maksimumnya mencapai 310 km/jam dan ketinggian maksimum 6.096 meter.

6. NH90

heli tercepat © 2016 brilio.net

Helikopter NH90 ini sepenuhnya dimiliki oleh Airbus Helicopters, AgustaWestland, dan Fokker Aerostructures yang juga termasuk helikopter tercepat di dunia. NH90 telah banyak digunakan negara-negara dunia seperti Australia, Belgia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Italia, Selandia Baru dan Spanyol. Kemampuan terbangnya mencapai 300 km/kam dengan ketinggian maksimum 6.000 meter. Selain itu, NH90 juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan sipil maupun pertempuran.

7. Ka-52 Alligator

heli tercepat © 2016 brilio.net

Ka-52 Alligator dapat dikatakan penerus dari Ka-50 tapi memiliki beberapa modifikasi untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan mencapai operasi khusus. Kecepatan yang ditempuh bisa sampai 350 km/jam dengan ketinggian terbang maksimum pada 5.500 meter. Ka-52 Alligator sepenuhnya dioperasikan oleh militer Rusia untuk Russian Air Force dan Russian Naval Aviation sejak 2012, tepat ketika helikopter ini dimunculkan pertama kali sejumlah 30 helikopter.

8. Mi-28N Night Hunter

heli tercepat © 2016 brilio.net

Helikopter Mi-28N Night Hunter ini berasal dari salah satu perusahaan di Rusia. Negara penggunanya yang utama adalah Aljazair, Irak, dan Rusia sendiri. Fungsi helikopter generasi baru udara ke udara dan udara ke darat ini telah dilengkapi dengan dua kokpit berat lapis baja, gearbox utama baru untuk transmisi daya yang lebih tinggi untuk rotor, baling-baling dengan efisiensi tinggi dan bahan bakar mesin kontrol injeksi. Mi-28N Night Hunter menjadi helikopter tercepat di dunia memiliki kecepatan maksimum 324 km/jam dengan ketinggian maksimum 3.600 meter.

9. Mil Mi-26 (Halo)

heli tercepat © 2016 brilio.net

Mil Mi-26 (Halo) adalah helikopter produk Rusia yang menjadi helikopter kargo untuk operasi sipil maupun militer. Mil Mi-26 (Halo) ini tersedia dalam varian yang berbeda sehubungan dengan kinerja secara keseluruhan dan operasi dari militer sampai sipil. Helikopter ini memiliki kinerja lapangan yang luar biasa, kecepatan maksimumnya diperkirakan sampai 295 km/jam, sedangkan ketinggiannya mencapai 4.600 meter.

10. AH-64D Apache

heli tercepat © 2016 brilio.net

AH-64D Apache diproduksi oleh Boeing Defense, Space & Security yang memiliki kokpit tandem untuk dua awak. Fiturnya antara lain nose-mounted sensor suite untuk akuisisi target dan sistem penglihatan pada malam hari. Helikopter ini menjadi helikopter tercepat yang dimanfaatkan banyak negara, seperti Jepang, Yunani, Belanda, Singapura, Uni Emirat Arab, dan Israel. Mesinnya berperforma tinggi yang bisa mencapai kecepatan 158 knot dengan ketinggian maksimum 15.895 kaki atau sekitar 4.845 meter.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    50%

  • Marah

    50%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more