Brilio.net - Baru-baru ini WhatsApp dikabarkan tengah dibobol hacker. Para hacker juga menyematkan spyware melalui celah-celah yang rentan di dalam aplikasi. Belum diketahui dengan pasti berapa banyak pengguna WhatsApp yang telah terserang hacker.

WhatsApp baru mendeteksi bahwa dibobol hacker ini ternyata sudah sejak awal Mei lalu. WhatsApp memprediksi serangan dilakukan oleh hacker-hacker profesional dari perusahaan swasta yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menyebarkan spyware.

Menanggapi hal ini, apa yang harus dilakukan oleh pengguna WhatsApp? WhatsApp meminta pengguna untuk segera meng-upgrade aplikasi ke versi terbaru.

"WhatsApp mendorong pengguna untuk segera meng-upgrade aplikasi ke versi terbaru dan memastikan sistem operasi ponsel tetap up-to-date untuk memproteksi dari serangan hacker. Kami segera bekerja sama dengan partner-partner kami untuk menyediakan sistem keamanan yang lebih baik," ujar juru bicara WhatsApp.

Di sisi lain, WhatsApp akan mengakhiri dukungan untuk sistem operasi (OS) Windows Phone, serta versi lawas Android dan iOS. Penghentian dukungan ini akan dilakukan secara bertahap.

Loading...

BACA JUGA: 8 Trik WhatsApp yang perlu kamu pelajari, berfaedah banget

Dukungan untuk Windows Phone akan dihentikan mulai 31 Desember 2019. Sementara, dukungan WhatsApp untuk perangkat berbasis Android dan iOS lawas akan dihentikan pada tahun depan.

Alasan WhatsApp berhenti memberikan dukungan terhadap Windows Phone terkait dengan keputusan Microsoft. Seperti diketahui, Microsoft telah memutuskan mengakhiri dukungan mereka untuk OS miliknya itu.

Mengenai OS lain, [WhatsApp]( 3957930 "") tidak akan bisa digunakan pada perangkat yang menjalankan Android 2.37 dan lebih lawas, mulai 1 Februari 2020.

Perangkat dengan iOS 7 dan versi lebih lama juga tidak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp pada tanggal yang sama. Sejumlah fitur WhatsApp untuk ketiga OS tersebut kemungkinan akan berhenti bekerja, sebelum hari H berakhirnya dukungan.

Oleh sebab itu, pengguna harus menggunakan perangkat baru agar bisa menggunakan semua fitur WhatsApp yang tersedia.