Brilio.net - Kecanggihan teknologi di era digital membuat semua orang dimanjakan dengan berbagai fasilitas berbasis online. Salah satunya dengan adanya media sosial yang membuat siapapun bisa mengekspos kegiatan sehari-hari. Selain bisa eksis, media juga menyediakan berbagai fitur untuk memanjakan penggunanya.

Saat ini banyak media sosial yang dapat kamu gunakan, salah satunya Facebook. Ya Facebook merupakan platform yang dikenal mudah digunakan dan menjadi pilihan masyarakat dari berbagai kalangan. Dari tahun ke tahun aplikasi yang muncul sejak 2004 ini semakin tinggi penggunannya, bahkan menjadi media sosial dengan jumlah terbanyak.

Tentunya demi mengatasi persaingan dengan aplikasi media sosial lainnya, Facebook juga kerap memperbarui dan mengembangkan platformnya itu. Salah satunya dengan memperbarui tampilan platformnya. Tampilan baru tersebut membantu pengguna memperluas lingkaran sosialnya, yakni Facebook menyematkan fitur temui teman baru.

Selain itu Facebook juga meningkatkan cakupan layanan marketplace. Lewat sistem pembayaran layanan marketplace, aplikasi ini juga menambahkan tap Acara. Tab tersebut difungsikan untuk mendapatkan rekomendasi menemukan bisnis baru ataupun melihat apa yang terjadi di sekitar mereka.

Di sisi lain Facebook juga baru saja merilis tool baru yang memungkinkan untuk lindungi privasi "Off-Facebook Activity". Tool "Off-Facebook Activity" dimaksudkan sebagai fitur pelengkap untuk memeriksa privasi Facebook. Fitur tersebut merupakan tool bagi orang untuk mengelola privasi di jejaring sosial, seperti siapa saja yang dapat menandai mereka di foto dan aplikasi pihak ketiga apa yang memiliki akses ke akun mereka.

Kamu dapat memiliki beberapa opsi. Pertama "Manage Your Off-Facebook Activity," yang memungkinkan untuk mengatur informasi secara detail dari masing-masing aplikasi dan situs. Yang kedua yakni "Clear History" atau "Hapus Riwayat". Kamu juga bisa mengunduh informasi off-FB kamu, atau memilih "Manage Future Activity," yang memungkinkan kamu beralih, apakah Facebook menyimpan lebih banyak informasi tentang kegiatanmu.

Nah, masih bingung bagaimana cara mengaktifkan tool tersebut? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, tool terbaru Facebook lindungi privasi & cara mengaktifkannya, pada Kamis (30/1).

Loading...
2 dari 2 halaman


Cara mengaktifkan Tool "Off-Facebook Activity."

foto: freepik.com

1. Buka akun Facebook, kemudian buka tool pengaturan di akun kamu yang berada di bawah sub menu "Your Facebook Information."

2. Kemudian pilih "Off-Facebook Activity".

3. Lalu secara otomatis akan ditampilkan beberapa informasi yang menjelaskan metode Facebook untuk melacak aktivitas kamu di luar jaringan.

4. Sebuah banner akan menunjukkan beberapa situs web dan aplikasi yang pernah kamu gunakan. Klik ikon aplikasi untuk melihat daftar lengkap dari sumber-sumber tersebut.

5. Untuk mematikan pelacakan, klik "Manage Your Off-Facebook Activity" atau "Kelola Aktivitas Off-Facebook Kamu" dari menu di sisi kanan layar.

6. Ubah tanda menjadi biru dengan menggeser buttem di sebelah "Future Off-Facebook Activity." Setelah mengubahnya secara otomatis kamu menghentikan Facebook dari melacak dan menyimpan aktivitas kamu yang akan datang. Namun tak dapat menghentikan pihak ketiga untuk mengirim informasi Facebook tentang kamu.

Tips menjaga privasi akun Facebook.

foto: freepik.com

Salah satu kunci menjaga keamanan di dunia maya dengan melindungi akun sendiri. Berikut tips yang bisa kamu ikuti untuk menjaga privasi di media sosial.

1. Lindungi password.

foto: freepik.com

Jangan pernah menggunakan password Facebook untuk akun media sosial lainnya. Selain itu, jangan memberikan informasi mengenai password kepada siapapun. Pilihlah password yang terdiri dari minimal enam karakter serta sulit ditebak. Kombinasikan dengan angka, huruf, dan tanda baca.

2. Log out dari Facebook.

foto: freepik.com

Log out dari Facebook jika pakai komputer di tempat umum. Jika kamu pernah lupa nggak log out akun Facebook di perangkat umum? Nggak perlu khawatir, pasalnya kamu tetap bisa log out akun Facebook lewat jarak jauh.

Caranya buka Pengaturan Keamanan dan klik pilihan "Di mana Anda Masuk". Setelah itu, kamu dapat memilih 'Keluar' pada aktivitas login yang mencurigakan dari perangkat yang tidak kamu kenal.

3. Jangan asal klik URL yang tak dikenal.

foto: freepik.com

Biasanya akan muncul banyak URL termasuk link mencurigakan dari postingan di Facebook. Nah kamu jangan asal mengklik link tersebut. Selain itu kamu bisa menggunakan fitur keamanan tambahan. Misalnya, kamu bisa mendapatkan pemberitahuan terkait login tak dikenal dan memilih teman untuk menjadi kontak terpercaya kamu. Nggak hanya itu kamu juga bisa melakukan verifikasi dua langkah.

4. Tidak menerima permintaan pertemanan yang tak dikenal.

foto: freepik.com

Sebaiknya dalam menggunakan media sosial kita dituntut untuk bijak dalam menggunakannya. Untuk menghindari kejahatan media sosial yang ada sebaiknya kamu membatasi untuk menerima pertemanan yang nggak kamu kenal. Sebab saat ini sudah terlalu banyak akun palsu yang disalahgunakan.