Brilio.net - Media sosial menjadi lahan yang tepat untuk berbagai jenis usaha. Nggak lagi sekadar jejaring pertemanan, tapi juga sudah dimanfaatkan untuk berbisnis dan juga ajang kumpul komunitas. Dengan munculnya beragam jenis media sosial, semakin banyak pula tawaran kemudahan yang diberikan. Bahkan melalui media sosial, dapat menghubungkan kita dengan banyak orang dari berbagai penjuru dunia.

Namun kemudahan ini tentu nggak lepas dari efek negatif yang ditimbulkan. Akses mudah dalam berkomunikasi judga dapat membuat orang lebih leluasa untuk berinteraksi dengan sembarang orang. Nah, nggak jarang ada orang-orang yang 'iseng' memanfaatkan kemudahan ini. Bahkan efek buruknya, ada juga orang-orang tidak bertanggung jawab yang melakukan tindakan merugikan.

Facebook Messenger menjadi salah satu aplikasi yang ramai digunakan banyak orang. Facebook Messenger merupakan situs aplikasi yang dimanfatkan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan percakapan secara lebih praktis. Tidak hanya untuk mengirim pesan, Facebook Messenger juga sudah dilengkapi dengan fitur untuk melakukan panggilan suara sampai panggilan video.

Aplikasi perpesanan ini tentu nggak bisa dihindari dari tindakan orang-orang yang dirasa mengganggumu. Kalau kamu sudah merasa nggak nyaman dan perlu menghindar, coba untuk cari solusinya. Beberapa orang ada yang memutuskan untuk mengatakan secara baik-baik untuk mengakhiri hal ini. Namun bisa juga kamu memutus percakapan itu dengan melakukan tindakan blokir.

Ya, blocking akun kerap dilakukan beberapa orang untuk beberapa permasalahan. Kamu juga bisa melakukan blocking akun seseorang dari aplikasi Facebook Messenger dengan beberapa langkah mudah. Kalau kamu ternyata malah ingin membuka block alias unblock seseorang dari Facebook Messenger juga bisa kok.

Namun yang perlu diketahui, memblokir seseorang dari Facebook Messenger, bukan berarti memblokir juga dari akun Facebook. Meskipun sepintas terlihat sama, namun keduanya memiliki fungsi yang terpisah. Kalau kamu memblokir akun Facbook, artinya kamu menghapus orang itu dari daftar pertemanan sekaligus memblokir Messenger. Namun, kalau kamu memblokir di Messenger, itu hanya untuk memblokir panggilan dan pesan itu saja.

Dilansir brilio.net dari businessinsider pada Sabtu (25/1), berikut cara block dan unblock akun seseorang dari Facebook Messenger.


Cara memblokir akun di Facebook Messenger.

foto: unsplash.com



1. Pertama, buka aplikasi Facebook Messenger dari smartphone iPhone atau Androidmu.
2. Tekan ikon profil picture yang berbentuk lingkaran di pojok kiri atas pada tampilan layarmu.
3. Setelah kamu membuka ikon ini, kamu akan mendapat detail informasi profilmu. Lalu, scroll down atau gulir ke bawah sampai bertemu dengan bagian "Preference".
4. Pilih pada tulisan "People".
5. Dalam pilihan tersebut, akan tampak beberapa tindakan seperti upload contacts, manage contacts, sync Instagram account, invite, dan juga blocked. Untuk memblokir seseorang pilihlah pada "blocked".
6. Selanjutnya, klik "Add someone" untuk memilih orang yang akan kamu blokir.
7. Pilihlah nama akun yang akan kamu blokir dari daftar pertemananmu. Klik pada namanya, dan kamu akan dibawa pada halaman baru.
8. Kemudian, pilih "Block on Messenger". Nah pada pilihan ini kamu juga akan mendapat penawaran, apakah mau memblokir orang itu dari Facebook atau tidak.
9. Kamu akan diminta untuk mengonfirmasi apakah yakin untuk memblokir orang tersebut atau tidak.
10. Jika kamu yakin memilih akun yang tepat, selanjutnya pilih "blockir" untuk menyelesaikannya.

Itu dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam memblokir seseorang dari aplikasi Facebook Messenger. Nah kalau kamu mengalami hal sebaliknya, alias menyesal sudah memblokir seseorang, kamu masih bisa menyelamatkannya kok. Tenang, cara membuka blokir akun seseorang juga nggak ribet. Kamu cuma perlu mengikuti beberapa step berikut ini.

Loading...
2 dari 2 halaman



Cara batalkan blokir (unblock) akun di Facebook Messenger.

foto: unsplash.com



1. Untuk memulainya, bukalah aplikasi Facebook Messenger yang ada di ponselmu.
2. Kemudian tekan ikon profil picture yang berbentuk lingkaran di pojok kiri atas pada tampilan layarmu.
3. Selanjutnya, kamu akan mendapat detail informasi profilmu. Lalu, scroll down atau gulir kebawah sampai bertemu dengan bagian "Preference".
4. Masih pada tahap yang sama seperti cara memblokir akun di Facebook Messenger, pilihlah "people".
5. Kemudian, tekan pilihan "blocked" yang menjadi pilihan paling akhir.
6. Di atas pilihan "add someone" atau tambahkan seseorang, kamu akan mendapat informasi orang yang sudah masuk dalam daftar blokir. Pilihlah nama akun yang ingin kamu batalkan blokirnya.
7. Untuk bisa berinteraksi kembali dengan orang itu, pilih "unblock on Messenger"
8. Sebelum akun itu hilang dari daftar blokir, kamu akan mendapatkan peringatan kembali untuk meyakinkan apakah benar akun itu yang akan kamu berikan tindakan unblock.
9. Dan jika kamu sudah yakin, klik "unblock" untuk mengonfirmasi pilihanmu.
10. Viola! Akun tersebut sudah terbebas dari daftar blokirmu. Mudah bukan?