Brilio.net - Semenjak masa pandemi COVID-19, jumlah pengunjung pasar hingga supermarket dibatasi. Tak hanya itu, pengunjung juga harus menerapkan beberapa hal sebelum melakukan aktivitas belanja, yakni menerapkan jaga jarak atau physical distancing, telah melakukan vaksinasi pertama atau kedua, hingga menyertakan kartu vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi pada smartphone.

Mungkin bagi beberapa orang khususnya remaja, hal ini bukanlah hal yang ribet mengingat kebutuhan mereka mengharuskan berada di dekat teknologi. Namun bagi orang-orang yang telah bekerja atau yang telah lanjut usia, hal ini tentu akan memakan waktu untuk membiasakan diri mengingat mereka selalu sibuk dengan pekerjaan ataupun masih berkembang dalam mempelajari dunia teknologi.

Untungnya, di zaman digital ini banyak kemudahan bisa diperoleh selaku berkembangnya teknologi? Salah satu kemudahan yang bisa dipakai adalah melalui aplikasi belanja online cukup dari ponsel pintar pengguna saja.

Dihimpun brilio.net dari beragam sumber pada Selasa (02/11), berikut 7 aplikasi belanja untuk kebutuhan sehari-hari cukup menggunakan aplikasi pada smartphone saja:

1. Freshbox ID

7 Aplikasi belanja online  © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Sobat Brilio yang mager keluar rumah namun kebutuhan belanja harus terpenuhi bisa pakai aplikasi Freshbox yang dapat diunduh gratis melalui Play Store. Aplikasi dari P.T. Berkah Tani Sejahtera ini menawarkan pengguna berbagai produk beragam yang selalu segar langsung dari petani tanah air.

Dengan tagline khas 'Worry no more', Freshbox memudahkan penggunanya untuk memilih waktu pengiriman sampai dengan tiga hari ke depan. Produk yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari buah-buahan hingga sayur-mayur berbagai macam sesuai dengan musimnya.

2. GrabMart

7 Aplikasi belanja online  © 2021 brilio.net

foto: Brain Study

Warga Indonesia pasti sudah tak asing dengan aplikasi layanan transportasi Grab. Kini, Grab memperluas cabangnya dengan menciptakan layanan belanja online untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga penggunanya.

Fitur yang diusung untuk memudahkan juga banyak, yakni beragamnya metode pembayaran hingga GrabChat untuk mengirim pesan tanpa harus berkontak untuk tetap menerapkan physical distancing. Sementara ini, GrabMart berkembang bisa digunakan di wilayah Jabodetabek saja untuk berbelanja di toko-toko yang bekerjasama.

3.GoMart

7 Aplikasi belanja online  © 2021 brilio.net

foto: Gojeker

Selain Grab, Go-Jek juga telah mengeluarkan layanan terbaru untuk berbelanja online, bernama GoMart. Untuk melayani kebutuhan konsumen Indonesia, GoMart menyediakan ratusan mitra toko dan banyak jenis produk. Selebihnya, GoMart tersedia di Jabodetabek, dengan catatan untuk pengguna yang berada di wilayah Jakarta dan Tangerang bisa mengakses kegiatan belanja online dalam 24 jam.

4. HappyFresh

7 Aplikasi belanja online  © 2021 brilio.net

foto: HappyFresh

HappyFresh merupakan situs belanja digital untuk memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga. Aplikasi ini juga terhubung dengan toko maupun supermarket favorit yang berada di dekat rumah penggunanya. Selain itu, HappyFresh bekerja sama dengan Grab dengan layanan bernama Grab Groceries. Metode pembayaran ada beragam mulai dari tunai hingga kartu kredit.

5. TaniHub

7 Aplikasi belanja online  © 2021 brilio.net

foto: TaniHub

Bekerja sama dengan petani dan distributor hasil tani, TaniHub juga bisa dijadikan aplikasi alternatif untuk berbelanja sayur secara online. Tentunya dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bakal secara langsung mendukung pertanian lokal dengan membeli produk secara langsung dari petani tanah air. Adapun produk yang dijual kepada pembeli seperti sayur, ikan, daging, dan buah-buahan.

6. Sayurbox

7 Aplikasi belanja online  © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Selain TaniHub, Sayurbox juga bisa menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan makanan rumah. Sama seperti TaniHub, Sayurbox menyediakan produk-produk fresh berkulitas langsung dari petani lokal Indonesia. Produk yang tersedia banyak, yakni sayur-mayur, ikan, daging, telur, buah-buahan, dan lain-lainnya.

7. Tokopedia

7 Aplikasi belanja online  © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi grocery lain yang bisa dijadikan pilihan selanjutnya adalah Tokopedia. Aplikasi yang terkenal mendominasi web bulanan e-commerce Q3 2019 di Indonesia ini menyediakan berbagai jenis produk atau kebutuhan rumah tangga juga. Produk yang dijual seperti sembako, sayur-sayuran, hingga daging.