Brilio.net - Meski sudah menjadi perusahaan yang besar dan terkenal, kadang warga yang aktif dalam jaringan jarang mengetahui fitur tambahan berguna apa saja yang ada di Google Calendar. Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi pengingat atau reminder lainnya tersedia di internet.

Selain untuk pengatur jadwal pertemuan atau appointment, Google Calendar juga memiliki sederet fitur yang sekiranya berguna untuk memudahkan keseharian pengguna. Oleh karena itu, diharapkan pengguna yang sering online dapat secara efektif menggunakan Google Calendar agar dapat menghemat waktu.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber (28/10), berikut 7 fitur menarik yang Google Calendar ciptakan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

1. Bisa menjadwalkan ruang pertemuan.

7 Fitur Google Calendar © 2021 brilio.net

foto: Google

Untuk mengakses fitur ini, ketuk tab Rooms di mana kamu dapat menelusuri ruang rapat yang tersedia di perusahaanmu. Sama seperti menambahkan guest atau peserta, kamu tinggal mengetik nama ruangan untuk melihat ruangan, lalu gunakan fitur filter untuk mengetahui ketersediaan ruangan kosong selama rapat.

2. Bisa menampilkan zona waktu sekunder atau kedua.

7 Fitur Google Calendar © 2021 brilio.net

foto: PC Mag

Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah waktu. Untuk itu, Google Calendar menyediakan fitur di mana warga Indonesia tak perlu bingung lagi dalam mencari tahu waktu yang hendak dilihat. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Pengaturan, pilih Time Zone, dan tinggal pilih waktu kedua yang hendak ditampilkan dalam Google Calendar.

3. Tampilan kalender dalam setahun.

7 Fitur Google Calendar © 2021 brilio.net

foto: Google

Banyak yang tahu bahwa Google Calendar dapat menampilkan tanggal dalam sehari, seminggu, maupun sebulan. Ternyata, Google Calendar juga bisa menampilkan tanggal hingga setahun. Untuk menampilkannya, pengguna cukup ketuk menu tampilan di kanan atas dan pilih Tahun atau Year.

4. Gunakan pencarian lanjutan untuk menemukan apa pun.

7 Fitur Google Calendar © 2021 brilio.net

foto: Affde

Sempat dikenal memiliki fitur pencarian yang buruk, kini Google Calendar kembali dengan menghadirkan fitur pencarian lanjutan. Untuk menggunakannya cukup simpel, klik ikon pencarian dan ketik apa yang hendak kamu cari.

5. Bisa mengatur durasi meeting atau rapat.

7 Fitur Google Calendar © 2021 brilio.net

foto: Google

Bila kamu sering menjadwalkan meeting dan sudah lelah dengan tata cara yang berulang-ulang, cobalah mengganti durasi regular di pengaturan Google Calendar untuk dipercepat. Pergi ke pengaturan, klik Event Settings, terlihat setting bernama Speedy Meetings yang akan secara otomatis mengakhiri rapat berdurasi 30 menit, bisa berakhir lebih awal 5 menit.

6. Ada tampilan jadwal.

7 Fitur Google Calendar © 2021 brilio.net

foto: teamcallap

Sedikit terselubung, pengguna Google Calendar dapat menampilkan jadwal. Biasanya, fitur ini berfungsi baik dengan Google Workspace di sebuah perusahaan yang membagikan Google Calendar ke karyawan. Untuk akses fitur ini, cukup tambahkan kalender rekan kerja kamu dari sisi kiri, lalu tampilan Hari dari menu kiri atas Google Kalender. Setelah itu, klik tanda centang di samping kalender rekan kerja. Kamu dapat melihat jadwal mereka berdampingan dengan jadwal kamu hari itu.

7. Bisa menampilkan jam dunia atau World Clock.

7 Fitur Google Calendar © 2021 brilio.net

foto: Design Source Media

Bila kamu ditugaskan di luar Indonesia, ada fitur dari Google Calendar untuk mengetahui pukul berapa di negara kamu berada dan juga waktu di Indonesia. Di bawah kalender bulan sebelah kiri, jam dunia menunjukkan waktu dari kota atau zona waktu, ikon matahari atau bulan saat ini.

(brl/red)