Brilio.net - Jika kamu seorang penulis konten SEO, ada beberapa Google Docs add on yang sangat berguna. Setidaknya ini dapat membuat aktivitas menulis kamu lebih efisien dari sebelumnya. Tips lain tentang penggunaan Google Docs juga dapat kamu pelajari di website tekno Regendus

Jadi, bagaimana cara memanfaatkan add on untuk penulis SEO? Kami bisa menambahkan Google Docs add on yang membuat fitur ini lebih terkustomisasi sesuai kebutuhan. Caranya, coba buat dokumen baru dan buka menu drop down add on di bagian taskbar.

Kemudian klik get add on lalu tulis kata kunci tools yang kamu inginkan. Setelah itu klik install. Setelah berhasil terpasang, pilihan baru akan muncul di menu drop-down tadi.

Lantas mengapa Google Docs add on dikatakan terbaik untuk penulis? Sejak fitur add on diperkenalkan pada 2014 silam, sudah ada lebih dari 300 tools yang tersedia di Google Workplace

Nah bagi penulis konten SEO, berikut lima Google Docs add on yang dapat meningkatkan produktivitas kamu. 

1. GDoc SEO Assistant

Google Add On © 2021 brilio.net consultusdigital.com

GDoc SEO Assistant berguna untuk memperkirakan sejak awal seberapa baik kualitas SEO tulisan kamu. Cukup masukkan kata kunci utamanya dan tunggu sampai penilaian terhadap kualitas SEO dan keterbacaannya muncul.

Jika ada yang kurang bagus, add on akan langsung memberikan pesan berwarna merah sebagai bahan evaluasi. Teks merah segera berubah menjadi hijau setelah kamu memperbaikinya. GDoc SEO Assistant adalah add on gratis. Untuk mendapatkan insight yang lebih lengkap silakan gunakan add on berbayar seperti SEO SEmRush.

2. Translate+

Google Add On © 2021 brilio.net Consultusdigital.com

Google Docs sebenarnya memiliki fitur terjemahan sendiri di menu Tools. Akan tetapi hasil terjemahannya akan muncul di dokumen baru. Add on Translate+ menawarkan fungsi serupa namun jauh lebih praktis. Dengan tools ini kamu bisa menerjemahkan teks tanpa harus keluar dari dokumen. Translate+ mendukung banyak bahasa populer di dunia. Selain penulis SEO, add on ini pastinya sangat berguna untuk guru dan siswa.

3. Image Extractor

Google Add On © 2021 brilio.net thecontentpanel.com

Saat menulis di Docs, kamu pasti sering menambahkan gambar untuk header atau ilustrasi pendukung. Namun saat hendak diposting di blog, kamu harus mengunggah gambarnya lagi secara manual.

Nah add on Image Extractor ini sangat berguna untuk mempercepat pekerjaan itu. Cukup dengan beberapa klik, gambar dari Docs langsung terunduh ke penyimpanan lokal. Jalankan Image Extractor dari menu “Add on”, pilih gambar lalu klik “Download Image”.

4. Code Blocks

Google Add On © 2021 brilio.net Consultusdigital.com

Dalam sebuah postingan blog, kode pemrograman harus disorot agar berbeda. Ini untuk menghindari kesalahan saat pembaca mau menyalin atau mengedit kodenya. Code Blocks adalah add on gratis berikutnya yang bisa membuat sorotan kode pemrograman. Walaupun ternyata masih ada beberapa kekurangan seperti tidak adanya syntax highlighting, namun intinya add on ini sangat cocok untuk penulis konten teknis.

5. Writing Habit

Google Add On © 2021 brilio.net learnenglishfunway.com

Punya kebiasaan malas untuk mulai menulis? Mungkin add on Writing Habit bisa segera meningkatkan produktivitas kamu. Ini bukanlah tools teknis seperti keempat add on sebelumnya. Writing Habit berfungsi untuk melatih kebiasaan menulis dan melacak progres latihannya.

Dimulai dengan target menulis 1.000 kata per hari, kamu harus menyelesaikan target tersebut tanpa absen setiap harinya. Penuhi target agar terbiasa menulis secara konsisten. Nantinya kamu bisa melihat progres statistik selama tujuh hari sampai 30 hari terakhir.

Pilih Add On sesuai kebutuhan kamu

Google Add On © 2021 brilio.net consultusdigital.com

Di antara lima add on tadi mungkin tidak semuanya kamu butuhkan. Jadi, silakan cari sendiri add on lain yang kiranya cocok dengan bidang kepenulisan kamu. Tidak menutup kemungkinan ada pula ekstensi Chrome yang dapat diintegrasikan seperti Google Docs add on. Tentunya ini akan sangat menguntungkan pengguna Docs.