Brilio.net - Pengguna Android tentu tidak asing dengan aplikasi Google Assistant. Aplikasi bawaan perusahaan besar Google untuk perangkat pintar Android ini adalah sebuah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang tertanam sebagai asisten virtual untuk setiap ponsel yang diproduksi Google, Android.

Ternyata banyak fitur-fitur Google Assistant untuk memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan ponsel pintarnya, yakni menggunakan perintah suara (voice commands) untuk membuat panggilan telepon, mengirim pesan, sebagai membuat agenda atau reminders, dan menunjukkan arah.

Namun, diantara banyaknya fitur di Google Assistant, masih saja ada fitur-fitur menarik yang pengguna ponsel Android belum ketahui. Berikut 5 fitur tersembunyi Google Assistant dikutip brilio.net, Senin (18/10), dari berbagai sumber.

1. Interpreter mode.

 fitur canggih Google Assistant © 2021 brilio.net

foto: Google

Para pengguna dapat meminta bantuan Google Assistant untuk menerjemahkan dialog atau percakapan bahasa asing. Untuk memulai Interpreter Mode, pengguna cukup meminta atau berkata "be your interpreter" pada Google Assistant. Setelah itu, pengguna dapat memilih ke bahasa apa percakapannya hendak diterjemahkan.

2. Read out loud.

 fitur canggih Google Assistant © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Ketika pengguna Android menemukan artikel yang menarik di internet, mereka bisa meminta Google untuk membacakan artikel tersebut. Fitur ini tentu berguna ketika pengguna Android hendak melakukan hal lebih dari satu atau multitasking, misalnya ketika sedang makan, belajar, maupun bersantai-santai, ada yang membantu mereka membacakan artikel dari internet untuk melakukan kegiatan secara efisien. Untuk memulai, cukup bilang "Hey Google, open Google Assistant settings". Scroll ke bawah pada tampilan pengaturan atau settings dan ketuk General, lantas ketuk aktifkan pada use screen context.

3. Multiple language support.

 fitur canggih Google Assistant © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Google Assistant menghadirkan fitur dimana penggunanya bisa meminta Google untuk berbicara dalam dua bahasa. Bila pengguna sistem operasi berlogo robot hijau berkata "Hey Google, change Assitant's language settings", Google Assistant akan beralih menggunakan dua bahasa.

4. What's this song?

 fitur canggih Google Assistant © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Google Assistant juga menyediakan fitur untuk penggunanya agar dapat mengetahui judul lagu yang diinginkan. Terlebih, saat ini banyak aplikasi-aplikasi untuk membantu pengguna mencari tahu lagu, tentunya fitur yang satu ini diharapkan memudahkan pengguna agar tak perlu lagi menghabiskan memori internal mereka karena telah disediakan fitur pencari tahu lagu dari Google. Cara menggunakannya pun cukup mudah, pemilik Android cukup mengucapkan "Hey Google, what's this song?", lalu Google akan otomatis mendeteksi lagu di sekitarmu dan mengidentifikasi lagu tersebut.

5. Find your phone.

 fitur canggih Google Assistant © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Untuk pengguna smartphone Android yang kehilangan HP-nya, jangan panik dulu karena Google Assistent mungkin bisa membantu dengan adanya fitur untuk mencari tahu keberadaan HP. Untuk menggunakan fitur ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

- Ponsel Android pengguna harus diaktifkan
- Ada akun email yang telah terhubung pada akun Google
- Ponsel harus terhubung dengan koneksi internet
- Google Play harus tampak atau visible
- Lokasi sudah diaktifkan
- Find My Device juga sudah harus diaktifkan. Setelah pengguna sudah masuk ke akun Google di ponsel Android, fitur Find My Device sudah menyala secara default.

Reporter: Alfaldi Chasiragi