Brilio.net - Lewat akun resminya Google Blog pada Kamis (23/9) lalu, Google mengumumkan adanya pembaharuan pada fitur-fitur Android yang direncanakan akan rilis musim gugur ini atau sekitar September hingga Desember. Update ini meliputi aksesibilitas, penggunaan ponsel saat bergerak, hingga sekadar hiburan biasa.

Indonesia sebagai salah satu negara pengguna Android terbanyak, tentu saja langkah Google ini akan membawa dampak baik bagi pengguna Android di negara ini.

Nah, untuk mengetahui detail fitur menarik yang akan segera Sobat Brilio nikmati, inilah lima fitur terbaru Google untuk Android disarikan brilio.net dari laman resmi Google Blog dan sumber-sumber lain, Senin (27/9). Tentunya fitur-fitur ini siap membawa pengalaman baru bagi setiap pengguna.

1. Bisa kontrol ponsel dengan gerakan wajah.

5 Fitur terbaru Google untuk Android berbagai sumber

foto: Google Blog

Diungkapkan oleh Google, fitur ini terinspirasi dari penyandang disabilitas motorik dan bicara. Dua fitur baru yang ada dalam kategori ini adalah Camera Switches dan Project Activate.

Camera Switches adalah fitur Android yang memungkinkan pengguna mengontrol ponsel dengan ekspresi wajah menggunakan kamera depan sebagai metode input. Fitur ini pertama kali memulai debutnya sebagai bagian dari Android 12 beta, namun Google juga meluncurkannya ke ponsel Android yang lebih lama dalam waktu dekat ini. Di sisi lain, Project Activate adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna menggunakan gerakan wajah untuk berkomunikasi.

Sebagai tambahan pada kategori ini, Google juga menghadirkan pengenalan tulisan tangan ke Lookout, sebuah aplikasi yang menggunakan kamera ponsel untuk membantu orang dengan gangguan penglihatan atau kebutaan menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dan mudah. Dalam mode Dokumen, Lookout yang sekarang akan membacakan teks tulisan tangan dan cetak untuk bahasa berbasis Latin. Selain itu, sebagai tanggapan terhadap pertumbuhan pengguna global Lookout, Google menambahkan pengakuan Euro dan Rupee India dalam mode Mata Uang.

2. Bisa kontrol TV menggunakan ponsel.

5 Fitur terbaru Google untuk Android berbagai sumber

foto: Youtube/@Android

Google juga menghadirkan fitur baru agar pengguna bisa mengontrol TV mereka hanya dengan sentuhan di Android. Fitur ini telah dibangun oleh Google agar pengguna bisa memegang kendali jarak jauh langsung ke ponsel Android mereka sehingga dapat menyalakan TV, menavigasi, atau bahkan memulai acara favorit mereka langsung dari ponsel.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menggunakan keyboard ponsel untuk mengetikkan sandi, nama film, atau istilah pencarian yang rumit dengan cepat. Pengguna bisa mencoba di Google TV atau perangkat OS Android TV lainnya dengan menambahkan ubin jarak jauh ke pengaturan cepat di ponsel Androidnya, atau dengan mengunjungi aplikasi Google TV. Kabarnya, fitur ini akan datang ke 14 negara selama beberapa minggu ke depan.

3. Bisa mengelola tugas sehari-hari menggunakan Reminders from Assistant.

5 Fitur terbaru Google untuk Android berbagai sumber

foto: Youtube/@Android

Kemudahan lain yang dihadirkan oleh Google untuk pengguna Android adalah dengan adanya fitur ini. Reminders from Assistant memungkinkan pengguna untuk mengelola semua pengingat di satu tempat hanya dengan mengucapkan, "Ok Google, buka pengingat saya."

Selain itu, pengguna juga bisa terus menggunakan suara untuk membuat dan mengotomatiskan tugas. Cukup ucapkan, "Ok Google, ingatkan saya untuk belanja hari ini." Setelah disetel, Google akan memberi tahu pada saat yang tepat di seluruh perangkat pengguna, baik saat berada di rumah atau sedang dalam perjalanan.

4. Selalu terhibur, terhubung, dan berada di jalur yang benar selama berkendara.

5 Fitur terbaru Google untuk Android berbagai sumber

foto: Google Blog

Fitur yang bernama Android Auto ini diluncurkan dengan musik, berita, dan podcast dengan rekomendasi yang dipersonalisasi dari Google Assistant. Pengguna juga dapat memainkan berbagai permainan dari GameSnacks saat sedang parkir menunggu pesanan atau mengisi daya mobil.

Untuk orang yang pulang-pergi kerja, Android Auto bisa membantu agar pengguna tetap mengetahui rapat kerja dan pesan penting dengan dukungan baru untuk profil kerja mereka. Ditambah lagi, jika penggunanya adalah pengguna ponsel Android dual-SIM, kini mereka bisa memilih kartu SIM mana yang akan digunakan saat melakukan panggilan melalui Android Auto.

Fitur Android Auto ini akan segera tersedia di ponsel Android saat terhubung ke mobil yang kompatibel. Jika pengguna tidak memiliki mobil yang kompatibel, maka mereka bisa melihat cara lain yang dapat membantu Google dalam berkendara, termasuk pembaruan untuk mode mengemudi Google Assistant di ponsel Android.

5. Bisa melindungi foto atau video dengan kode sandi.

5 Fitur terbaru Google untuk Android berbagai sumber

foto: Pixabay/enjoy_your_life

Tadinya fitur ini hanya tersedia bagi pengguna Pixel. Dengan adanya pembaharuan ini, pengguna Android bisa menikmati fitur ini. Fitur yang bernama Locked Folder di Google Photos ini memberi pengguna ruang yang dilindungi kode sandi untuk menyimpan foto dan video secara terpisah, sehingga tidak akan muncul saat menggulir Google Photos atau aplikasi lain di perangkat pengguna.