Brilio.net - Pernah nggak sih kebingungan karena ada pesan nyasar? Atau pernah mendapat telepon nomor asing yang tiba-tiba minta data? Mau kasih data tapi takut kalau ternyata itu penipuan. Nah dari pada penasaran, cara paling mudah adalah kamu lacak aja nomornya.

Keahlian melacak nomor handphone atau HP, sekarang sudah bukan hal yang sulit dilakukan. Tidak hanya untuk melacak nomer asing yang masuk, hal ini juga bermanfaat untuk kamu melacak teman yang lama nggak ada kabarnya.

Selain itu skill ini juga bermanfaat banget untuk menemukan HP yang hilang. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak handphone yang hilang yaitu dengan menggunakan nomor HP-nya. Ada banyak cara melacak nomor HP, mulai dengan menggunakan Google dan aplikasi tambahan. Cara ini pun mudah sekali untuk dipraktikkan.

Bahkan sekarang kamu nggak perlu lagi nih repot cari orang untuk melacak nomor HP. Melalui HP sendiri, kamu bisa melacak nomor yang ingin kamu cari dengan mudah dan juga cepat. Melalui fitur-fitur yang ada di Google, bisa membantumu untuk melacak nomor HP.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Lalu seperti apa cara melacak nomor HP dengan Google dan aplikasi dengan mudah dan cepat? Berikut brilio.net merangkum dari berbagai sumber pada Senin (19/7), 11 cara melacak nomor HP dengan Google dan aplikasi, cepat dan mudah di coba. Jika merasa kesulitan, kamu juga bisa melacak nomor HP dengan menggunakan operator seluler ya.

1. Menggunakan bantuan email.

melacak nomor Hp dengan Google © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kalau HP kamu hilang, coba untuk melacaknya melalui email yang digunakan untuk login di smartphonenya. Kamu bisa menggunakan ponsel teman atau pacar kamu untuk mendeteksinya. Caranya:

a. Akses gmail.com melalui PC atau personal computer.

b. Login sesuai alamat email dan password yang terpasang di HP yang hilang.

c. Pilih ikon klik 9 atau ikon titik yang berjumlah 9.

d. Pilih menu akun Google, lalu masuk ke opsi buka aktivitas saya.

e. Cari menu strip 3 yang berada di pojok kiri tampilan PC dan klik kontrol aktivitas.

f. Setelah itu, klik pilihan kelola aktivitas.

2. Melalui Google Maps.

melacak nomor Hp dengan Google © berbagai sumber

foto: freepik.com

Tak hanya untuk menunjukkan arah atau rute, ternyata Google Maps juga bisa digunakan untuk melacak nomor HP. Berikut langkah-langkah melacak nomor HP lewat Google Maps:

a. Buka aplikasi Google Maps dan koneksikan dengan internet.

b. Masuk ke menu option. Lanjutkan ke friend list atau daftar teman.

c. Tambahkan atau add keluarga, sahabat, kolega, atau nomor HP gebetan yang ingin kamu lacak.

d. Untuk melacak nomor HP, pastikan nomor HP sudah menerima undangan.

e. Klik pada salah satu target yang ingin kamu lacak dan Google Maps akan mendeteksi keberadaan target yang kamu cari.

3. Menggunakan satelit GPS.

melacak nomor Hp dengan Google © berbagai sumber

foto: freepik.com

Bagi kamu yang belum tahu, melacak nomor HP bisa dilakukan dengan menggunakan GPS loh. Tanpa tambahan aplikasi lain, kamu cukup memanfaatkan GPS yang tertanam di handphone yang hilang. Berikut langkah-langkah mudahnya:

a. Buka situs www.SAT-GPS-Tracker.com.

b. Pilih menu Track a phone number Here.

c. Pilih negara dimana handphone itu hilang, isikan kode nomor ponsel dengan angka 62 lalu diikuti nomor lengkapnya.

d. Terakhir klik to Search.

4. Melalui fitur pada Google Maps.

melacak nomor Hp dengan Google © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Berbagai fitur yang ada di Google Maps memudahkan kamu untuk melacak HP yang hilang. Berikut beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk pelacakan.

a. Driving directions (Pemandu perjalanan).

Melalui fitur driving and directions, pengguna akan mempermudah dalam melacak nomor HP yang hilang. Fitur ini akan menunjukan jalur jalan atau arah yang dilewati dari suatu lokasi ke lokasi yang lain.

b. Street view.

Untuk mengetahui lebih detail dalam melacak nomor HP melalui Google Maps, kamu bisa menggunakan fitur street view. Melalui fitur ini, kamu akan mendapat informasi mengenai peta jalan termasuk dengan lokasi tempat-tempat tersebut.

c. Transit and walking directions.

Untuk mendapatkan rute terbaik dalam melacak nomor HP yang hilang, transit and walking directions akan memudahkan rute. Fitur ini akan memberikan rute dan jadwal perjalanan baik dengan jalan kaki maupun bus.

d. Latitude.

Fitur ini sangat membantu dalam pelacakan nomor HP yang hilang. Melalui fitur latitude, untuk kamu bisa membantu melacak lokasi nomor HP teman kamu yang hilang.

e. My Location.

Meksipun tanpa GPS, kamu juga bisa mengetahui keberadaan nomor HP. Kamu bisa memanfaatkan fitur my location untuk mendapatkan jawabannya.

f. Business listings.

Business listings sering digunakan untuk mencari nama area atau wilayah tertentu, baik bisnis ataupun tempat penting yang lain. Sehingga, kalau kamu mendeteksi keberadaan nomor teleponmu di suatu tempat yang belum kamu ketahui, coba cari saja melalui fitur bussiness listings.

5. Dengan menghubungi customer service.

melacak nomor Hp dengan Google © berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara melacak nomor HP berikutnya yaitu dengan menghubungi customer service (CS) dari layanan operator nomor ponsel yang hilang. Nantinya kamu bisa meminta bantuan CS untuk memblokir nomor HP handphone kamu agar nomor tidak disalahgunakan.

Dengan demikian, seseorang yang menemukan ponsel kamu dan ingin melakukan kejahatan tidak bisa memakai nomor kamu. Selain itu, kamu juga bisa menanyakan terkait layanan pelacakan posisi nomor HP kamu ke CS untuk ketersediaan dari layanan tersebut.

6. Menggunakan HRL Lookup.

melacak nomor Hp dengan Google © berbagai sumber

foto: pixabay.com

HRL Lookup adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk melacak HP yang hilang. Caranya cukup mudah, langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

a. Unduh aplikasi versi terbaru dari HRL Lookup.

b. Masukkan nomor HP yang ingin dicari.

c. Klik check, nantinya aplikasi HRL Lookup akan menampilkan data seperti kota, negara. Provider dan masih banyak lagi yang bisa membantumu.

7. Lewat operator/provider telekomunikasi.

melacak nomor Hp dengan Google © berbagai sumber

foto: istimewa

Jika kamu merasa kesulitan melacak HP dengan Google, kamu bisa mengandalkan operator nomor HP kamu untuk melakukan pelacakan. Berikut cara-caranya.

- Indosat: Anda bisa melacak nomor handphone melalui layanan SMS. Anda hanya perlu mengetik LACAK (spasi) nomor handphone Indosat tujuan kemudian kirim ke 9111.

- XL Axiata: Buka menu SMS, Ketik CARI (spasi) nomor handphone XL tujuan dan kirim ke 9455. Untuk layanan ini Anda akan dikenakan biaya sebanyak Rp 1.000.

- Telkomsel: Telkomsel memiliki layanan pelacakan nomor HP yakni Telkomsel Finder.

8. Menggunakan aplikasi Find My Device.

melacak nomor Hp dengan Google © berbagai sumber

foto: play.google.com

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak nomor HP bernama Find My Device. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan bagi kamu pengguna Android. Pasalnya, aplikasi ini disediakan oleh Google, dan dapat diunduh melalui Play Store.

a. Unduh aplikasi Find My Device di Google Play Store.

b. Buka aplikasi, Login menggunakan layanan Gmail yang tersambung pada HP yang hilang.

c. Selanjutnya, HP yang hilang secara otomatis diketahui lokasi keberadaannya.

9. Lewat Google ADM.

melacak nomor Hp dengan Google © berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara melacak nomor HP bisa dilakukan lewat Google ADM. ADM atau Android Device Manager adalah aplikasi gratis yang disediakan oleh Google yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan HP Android yang hilang dengan mengaktifkan GPS di HP tujuan.

Namun, cara ini akan sulit dilakukan jika HP yang hilang dalam keadaan mati. Berikut langkah-langkahnya:

a. Gunakan ponsel atau laptop untuk login ke ADM dengan masuk ke akun Google kamu.

b. Masukkan alamat email dan kata sandi.

c. Di sana kamu akan melihat nama HP Android yang terkoneksi dengan alamat email yang telah kamu masukkan.

d. Catat alamat di mana HP tersebut berada. Jika tidak muncul, kemungkinan besar HP kamu sudah dalam kondisi mati.

10. Menggunakan aplikasi Find My.

melacak nomor Hp dengan Google © berbagai sumber

foto: apple.com

Kali ini, melacak nomor HP bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Find My. Cara ini bisa dicoba bagi kamu pengguna iPhone. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk dipraktikkan:

a. Masuk ke iCloud.com/find di web, atau gunakan aplikasi Find My di perangkat Apple.

b. Login ke akun kamu, klik Cari iPhone.

c. Pilih perangkat untuk melihat lokasinya di peta.

d. Jika ponsel kamu ada di sekitar, kamu bisa membunyikannya sehingga mudah dicari. Namun, jika perangkat berada di luar jangkauan, kamu bisa menandai sebagai hilang, dan mengunci jarak jauh iPhone kamu dengan kode sandi.

d. Perangkat akan tertulis 'iPhone hilang' dan akan ada arahan untuk menghubungimu.

11. Menggunakan aplikasi iSharing.

melacak nomor Hp dengan Google © berbagai sumber

foto: play.google.com

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk melacak nomor HP yaitu iSharing. Namun, penggunaan aplikasi ini tidak bisa sembarangan. Kamu diharuskan mengundang atau diundang oleh seseorang terlebih dahulu untuk bergabung dan menginstal aplikasi yang sama di ponsel mereka. Berikut cara melacak nomor HP melalui aplikasi iSharing.

a. Instal aplikasi iSharing terlebih dahulu di Play Store atau App Store. Setelah itu, buka aplikasi iSharing pada ponsel Anda.

b. Login atau lakukan pendaftaran melalui akun google atau akun Facebook.

c. Saat mendaftar, masukkan nomor ponsel untuk didaftarkan pada akun iSharing. Jangan lupa untuk mencantumkan kode Negara.

d. Pilih pengaturan alarm jarak. Langkah ini termasuk opsional. Kamu bisa memilih untuk mengaktifkan alarm saat ada seseorang yang berada pada jarak tertentu. Tetapi, jika tak ingin mengaktifkannya, maka kamu bisa langsung melanjutkan ke langkah selanjutnya.

e. Klik Cari Saya.

f. Undang teman agar ikut menginstal aplikasi iSharing.

g. Setelah memiliki teman pada aplikasi iSharing, maka kamu sudah dapat mengetahui di mana posisi nomor HP tersebut.

(brl/vin)