Smartphone, laptop atau PC dapat menyimpan banyak data penting yang terkadang bersifat pribadi. Jika tidak berhati-hati, tentu saja akan terjadi kebocoran data. Oleh karenanya kamu dianjurkan untuk selalu menjaga keamanan setiap akun media sosial. Salah satu tips keamanan yang sering diberikan kepada pengguna adalah secara teratur mengubah kata sandi.

Untuk mengubah password email sangat mudah, baik itu dilakukan lewat HP maupun laptop. Hanya saja terkadang orang lupa untuk melakukannya, terlebih terlalu sering mengganti kata sandi membuat mereka lupa.

Buat kamu yang ingin mengganti password email, berikut cara mudahnya, seperti dilansir Brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (1/7).

1. Lewat laptop.

Cara mengganti password Gmail dengan mudah di HP dan laptop freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Jika kamu ingin mengubah password Gmail lewat laptop atau PC, berikut caranya:

- Pastikan kamu telah login Gmail.

- Apabila sudah silakan masuk ke Google Account.

- Setelah itu, klik opsi Info Pribadi dan pilih Sandi.

- Akan ada informasi untuk melakukan login ulang.

- Masukkan password saat ini, kemudian klik opsi "berikutnya".

- Kemudian masukkan password baru dan konfirmasi ulang password baru kamu. Biasanya jumlah karakter yang digunakan minimal 8, bisa dikombinasikan angka dan huruf.

- Kamu sudah berhasil mengganti password baru.

2. Lewat HP.

Cara mengganti password Gmail dengan mudah di HP dan laptop freepik.com

foto: freepik.com

Berikut cara mengganti password Gmail lewat HP:

- Pertama masuk ke aplikasi Gmail di HP.

- Pilih simbol tiga garis pada pojok kiri atas untuk membuka menu.

- Setelah menu terbuka, pilih menu Setting atau pengaturan.

- Masuk ke menu setting, kamu bisa pilih menu Manage My Account.

- Kemudian pilih menu Sign-in & Security.

- Ubah password dengan menekan menu Password.

- Masukkan sandi baru yang ingin digunakan pada kolom New Password.

- Masukkan kembali sandi baru pada kolom Confirmation sandi baru. Jika sandi cocok, selanjutnya tekan ubah sandi.

- Password email pun telah terganti.

Tips agar kata sandi surat elektronik tak mudah untuk diketahui orang lain.

1. Pilih kata atau karakter yang mudah diingat.

2. Jangan lupa kombinasikan huruf kecil, huruf besar, dan angka.

3. Minimal gunakan huruf dan angka.

4. Password email harus terdiri minimal delapan karakter. Kombinasi password yang panjang dan banyak, semakin kuat.

5. Hindari penggunaan password yang tersusun dari tanggal lahir, alamat rumah, nama orang tua atau kata-kata yang identik dan mudah ditebak orang lain.

Cara ampuh agar akun media sosial tidak mudah di-hack orang.

1. Buat password yang sulit ditebak.

Hal ini kerap diremehkan beberapa orang. Mereka membuat password sesederhana mungkin agar mudah diingat. Padahal ini sangat membahayakan akun mereka sendiri.

Penting untuk kamu password yang sulit agar tidak mudah dibobol. Untuk mengingatnya, cobalah simpan di notes atau mana pun yang menurut kamu aman, sehingga ketika kamu lupa bisa melihat catatan tersebut.

2. Sering ganti password.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan rajin ganti password. Memang sedikit rumit, pasalnya kamu harus kembali mengingat password baru. Namun dengan mengganti password secara berkala akan membuat media sosial kamu lebih aman, dan pastikan juga untuk mengganti password yang jauh berbeda dari sebelumnya.

3. Log out akun dari perangkat lain.

Kebiasaan buruk hampir kebanyakan orang adalah lupa log out akun dari perangkat lain. Keteledoran ini bisa memberikan kesempatan orang yang tak bertanggung jawab nge-hack akun media sosial kamu. Mulai sekarang cobalah untuk memastikan jika kamu benar-benar sudah keluar dari perangkat tersebut.

4. Gunakan verifikasi dua langkah (Two-Step Verification).

Verifikasi dua langkah merupakan cara masuk ke dalam akun dengan memasukan password dan melakukan verifikasi lain. Verifikasi lain ini bisa melalui e-mail, sidik jari, dan SMS dari platform lain.

Beberapa website sudah mulai menggunakan verifikasi tambahan, misalnya Google Mail dengan tambahan memasukan kode melalui verifikasi ponsel.

5. Jangan sembarangan klik link dan gambar.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, maraknya link yang berisi phising atau biasa dikenal sebagai pelacak. Terkadang secara sengaja atau tidak orang mengklik link-link tersebut yang akhirnya membahayakan media sosial mereka.

Phising link merupakan bentuk dari sambungan koneksi yang menyambungkan satu sumber ke sumber lain. Secara singkat phising link sangat berbahaya.

Phising link dibuat sebagai alat pelacak yang mampu mengetahui isi dari history browsing, ekstensi browser, hingga password yang disimpan di browser. Meski beberapa phising link ada yang cuma menjangkau ranah tertentu ada juga yang bisa mengambil semua data yang ada.