Brilio.net - Kamu tentu sudah tak asing dengan electronic mail atau e-mail, seperti layanan Yahoo mail, Google mail (Gmail) serta yang lainnya. Akun email ini merupakan layanan yang harus kamu lindungi, sebab di sana tersimpan berbagai informasi dan dokumen pribadi yang biasa kamu gunakan untuk surat-menyurat.

Nah, kali ini brilio.net akan memberikan tips proteksi untuk kamu yang menggunakan layanan email dari Google agar tak mudah diretas. Berikut 6 tips simpel melindungi akun Gmail kamu agar tak dibobol, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (15/3):

1. Pilih Password yang kuat dan unik

Gmail © 2016 brilio.net

Loading...

Buatlah kata sandi yang kuat dengan kombinasi yang sangat unik

2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Gmail © 2016 brilio.net

Verifikasi dua langkah menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk akun Google dengan mengharuskan untuk memiliki akses ke telepon, username dan password kamu. Ini berarti jika ada seseorang mencuri atau menebak sandi, tidak bisa leluasa masuk ke akun kamu karena tidak memiliki verifikasi sesuai nomor ponsel kamu.

3. Tambahkan alamat email dan nomor ponsel alternatif

Gmail © 2016 brilio.net

Tambahkan nomor ponsel dan pemulihan alamat e-mail ke akun Google kamu. Manfaatnya kamu dapat dengan mudah mereset password kamu jika lupa password atau memulihkan akun Google saat diretas.

4. Pantau keamanan komputer

Gmail © 2016 brilio.net

Periksa virus dan malware. Pastikan sistem operasi kamu up to date untuk memperbarui aplikasi.

5. Periksa aktivitas akun Gmail

Gmail © 2016 brilio.net

Kamu dapat meninjau aktivitas terbaru dari akun Google kamu. Caranya klik link rincian di sudut kanan bawah jendela Gmail kamu untuk melihat waktu, tanggal, alamat IP, lokasi dan jenis akses dari aktivitas akun terbaru kamu.

6. Lindungi akun Gmail kamu

Gmail © 2016 brilio.net

Seperti yang kamu ketahui, jika akun Google atau Gmail kamu diretas maka satu-satunya cara untuk mendapatkan kembali akses ke akun kamu adalah dengan memverifikasi identitas diri.

Silakan dicoba agar email kamu bisa tetap terlindungi dengan baik ya.