Brilio.net - Email atau electronic mail merupakan surat elektronik yang memudahkan penggunanya untuk saling berkirim surat melalui jaringan internet. Saat ini manusia modern tidak asing lagi dengan keberadaan email. Tahun 1960 merupakan awal baru dari peradaban modern untuk penggunaan email. Email menjadi sesuatu yang sangat memudahkan seseorang untuk berkomunikasi tanpa harus melalui jas antar pos.

Jika kamu sering menggunakan email di kehidupan sehari-hari, tentu kamu tidak akan asing dengan keberadaan kolom cc atau bcc yang berada di bawah kolom to (kepada). Apakah selama ini kamu sering menggunakan cc atau bcc? Lalu apa sih perbedaan cc dan bcc?

Cc dan bcc memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Cc merupakan kepanjangan dari carbon copy. Jika menggunakan kolom cc, maka pengguna email dapat mengirimkan email ke penerima lain dalam hal ini tembusan dan si penerima email utama yang alamatnya diletakkan di kolom "to" (kepada) dapat mengetahui kepada siapa email tersebut diteruskan.

Berbeda halnya dengan bcc yang merupakan kepanjangan dari blind carbon copy. Bcc dapat digunakan untuk mengirimkan email tembusan sama halnya dengan cc.

Namun bedanya, jika menggunakan cc orang penerima utama yang tertulis di "to" akan mengetahui kepada siapa saja email ditembuskan, sedangkan jika menggunakan bcc, maka penerima di kolom "to" tidak akan mengetahui kepada siapa saja email tersebut dikirimkan atau ditembuskan.

Perbedaan ini tentunya menjadi hal yang sangat mendasar untuk diketahui. Bagaimana? Apakah kamu sudah paham cara menggunakan cc dan bcc? Jangan salah lagi ya.