Brilio.net - Era digital mempermudah kita untuk menilai kepribadian seseorang. Salah satunya adalah dengan melihat bagaimana seseorang mengelola akun electronic mail-nya (email).

Berdasarkan seorang peneliti dalam bidang psikologi, Larry Rosen, seseorang bisa ditilik kepribadiannya melalui inbox (kotak masuk) dari email seseorang. Wah, memangnya bisa?

Berikut adalah tipe-tipe kepribadian seseorang diteliti melalui akun emailnya, seperti dikutip brilio.net dari Bussines Insider, Senin (4/5):

1. Tipe pemilih

Mereka yang masuk dalam kategori ini sering melakukan tindakan cepat terhadap email yang masuk. Respons itu ditunjukkan dengan menghapus pesan setelah membacanya. Sehingga tidak ada lagi pesan dalam folder pesan masuk. Akan tetapi, orang seperti ini sebenarnya sangat hati-hati ketika harus menyimpan email yang sudah dibaca. Sifat dari kepribadian ini sering merasa was-was.

2. Tipe perfeksionis

Jika kamu selalu menyimpan pesan yang sudah dibaca masuk kamu digolongkan dalam kategori ini. Orang seperti ini beranggapan bahwa setiap pesan harus disimpan karena untuk kebutuhan di masa depan. Bahkan untuk menghapusnya saja, mereka beranggapan terlalu berisiko.

3. Tipe penolak

Golongan ini merupakan pengecualian dari sebelumnya. Seseorang yang masuk dalam kategori ini selalu tidak merespons setiap pesan yang masuk. Dia membiarkan pesan yang belum dibaca tersimpan. Orang-orang dalam kelompok ini sebenarnya tahu dia mendapatkan pesan masuk, akan tetapi mereka lebih memilih membiarkannya karena pesan itu tidak penting bagi mereka. Itulah mengapa mereka masuk dalam kelompok ini.

(brl/gib)