Brilio.net - Penggemar travelling tentu tidak asing dengan aplikasi bernama Google Maps. Aplikasi serbaguna ini kerap digunakan untuk mengarahkan ke destinasi yang hendak dituju oleh pengguna.

Bisa jadi saking sering digunakan, terkadang aplikasi Google Maps mengalami crash atau tak mau berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan adanya potensi bug atau masalah lain yang memungkinkan Google Maps tak berjalan sesuai dengan semestinya.

Memang, tak semua teknologi aplikasi sempurna, bahkan aplikasi dari perusahaan megah sekelas Google yaitu Google Maps pun masih memiliki kerusakan dalam sistemnya. Oleh karena itu, dirangkum brilio.net dari beragam sumber pada Jumat (29/10), inilah 7 cara memperbaiki aplikasi Google Maps yang tak mau berjalan dengan baik.

1. Restart perangkat.

Cara paling simpel yang bisa dilakukan di semua perangkat Android bila salah satu aplikasi mereka error adalah memulai ulang atau restart smartphone. Dengan cara ini, perangkat akan memulai semua aplikasi dari awal dan membersihkan bug-bug umum pada aplikasi Google Maps.

2. Perizinan lokasi atau Location Permission.

Mungkin saja terlewati, Google Maps selalu meminta izin penggunanya untuk mengakses lokasi. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara mengaktifkan Location Permission.

Langkah 1: Ketuk dan tahan aplikasi Google Maps dan pilih App Info.

Langkah 2: Ketuk Permission.

Langkah 3: Pilih Location.

Langkah 4: Terakhir, tekan Allow All the Time.

3. Coba update Google Maps terbaru.

Dengan meng-update aplikasi ke versi terbaru, aplikasi Google Maps akan membenarkan serta menambahkan fitur yang update. Ada kemungkinan update yang tertunda atau pending, jadi pengguna harus cek kembali untuk update terbaru aplikasi.

Langkah 1: Buka Play Store.

Langkah 2: Pilih profile picture akun pengguna.

Langkah 3: Tekan My Apps & Games.

Langkah 4: Tekan update all.

4. Paksa berhenti atau Force Stop aplikasi.

Cara lain yang bisa digunakan adalah paksa berhenti aplikasi. Cara ini berguna untuk memulai ulang aplikasi Google Maps perihal perubahan data. Selain itu, cara ini juga patut dicoba untuk menghilangkan bug pada aplikasi.

5. Hapus data dan cache.

Data yang terkena bug atau cache yang buruk dapat menjadi masalah utama aplikasi tak berjalan dengan baik. Untuk menghapus bug ini kamu bisa ikuti langkah berikut.

Langkah 1: Ketuk dan tahan aplikasi Google Maps dan pilih App Info.

Langkah 2: Pilih Storage & Cache.

Langkah 3: Dan klik Clear Cache.

6. Reset Google Play Services.

Google Play Services mempertahankan semua aplikasi Google bekerja secara konstan. Jadi pada dasarnya, bila Google Play Services tak berjalan baik akan menimbulkan bug pada Google Maps. Berikut cara memperbaikinya.

Langkah 1: Buka Pengaturan dan pilih Apps and Notification.

Langkah 2: Dalam daftar aplikasi, cari dan pilih Google Play Services.

Langkah 3: Pilih Storage dan pilih Clear All Data.

7. Aktifkan Unrestricted Data Usage.

Dikarenakan manajemen otomatis dari Android, beberapa data aplikasi yang tak terpakai akan dibatasi. Untuk itu, ada kemungkinan bahwa hal ini akan menimbulkan error pada Google Maps. Untuk memperbaiki hal ini, pengguna cukup mengikuti langkah berikut.

Langkah 1: Tekan dan tahan aplikasi Google Maps dan pilih App info.

Langkah 2: Buka Mobile Data & Wi-Fi.

Langkah 3: Pastikan Background Data dan Unrestricted Data Usage kamu nyalakan.

*

INFOGRAFIS FITUR TERBARU GOOGLE MAPS NOVEMBER 2021 © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS FITUR TERBARU GOOGLE MAPS NOVEMBER 2021
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan