Brilio.net - Sejak pandemi melanda dunia, semakin banyak orang sadar bahwa kesehatan tubuh menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting untuk tetap dijaga. Namun, keterbatasan akses membuat segala hal harus dikerjakan dari rumah, termasuk dengan olahraga dan pemantauan aktivitas harian.

Berbagai macam aplikasi saat ini turut mendukung untuk dapat mengatur kebugaran dan kesehatan manusia sebagai penggunanya. Bahkan Google juga memiliki aplikasi tersendiri untuk memantau kebugaran penggunaannya.

Google Fit menjadi salah satu platform pelacakan kesehatan yang dikembangkan oleh Google untuk berbagai sistem operasi, baik Android, Wear OS, maupun iOS Apple Inc. Google Fit telah dirilis sejak Oktober 2014 dan berperan sebagai gudang penyimpanan data aktivitas pengguna nya yang direkam melalui perangkat.

Google Fit tampil lebih sederhana dibandingkan dengan berbagai macam aplikasi kebugaran lainnya. Sayangnya masih belum banyak yang tahu tentang manfaat Google Fit itu sendiri. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (1/11), ini 5 manfaat Google Fit yang bisa bantu pantau kebugaran penggunaannya.

1. Menerapkan Target Pribadi

Google Fit © 2021 brilio.net

foto: Play.google

Google Fit dapat membantu untuk menerapkan target pribadi setiap penggunanya. Ketika menerapkan target pribadi, Google Fit juga melihat jenis aktivitas yang dilakukan setiap hari dan durasinya untuk membentuk target tersebut.

2. Mengatur Target Secara Otomatis

Google Fit © 2021 brilio.net

foto: Google

Fitur ini bisa mengukur seberapa dekat penggunanya dengan target yang ingin dicapai secara otomatis. Ini seperti buku harian olahraga serta dapat menghitung waktu sendiri dengan stopwatch. Selain it, pencapaian target dari Google Fit berupa penghargaan yang dapat menambah semangat dan motivasi penggunanya untuk berolahraga.

3. Pelacakan Nutrisi hingga Menghitung Tekanan Darah

Google Fit © 2021 brilio.net

foto: Google

Pelacakan nutrisi dalam Google Fit berubah pelacakan berat badan, asupan air, mengontrol nutrisi yang tidak hanya berfokus pada kalori, namun juga lemak dan serat turut diperhitungkan. Google Fit bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Jantung Amerika Serikat (AHA) untuk menyediakan poin kardio, sebuah target aktivitas yang dapat membantu meningkatkan kesehatan penggunanya, termasuk aktivitas yang membuat jantung memompa lebih kuat.

4. Membandingkan Aktivitas dari Waktu ke Waktu untuk Melihat Perkembangan Pengguna

Google Fit © 2021 brilio.net

foto: Google

Google Fit dapat menganalisis dan memberikan hasil dalam bentuk laporan aktivitas yang dapat dilihat melalui aplikasi maupun situs web. Dari laporan ini, dapat dilihat seberapa aktif pengguna selama ini dena juga dapat membantu melakukan peningkatan aktivitas. Termasuk dengan memberikan laporan kondisi tidur yang dapat berguna untuk melihat kualitas tidur dan membantu memperbaiki pola tidur penggunaannya.

5. Dapat Terhubung ke Aplikasi Kebugaran Lain

Google Fit © 2021 brilio.net

foto: Google

Selain dapat memantau aktivitas olahraga dan keseharian Google juga memiliki fitur untuk menghubungkan aplikasi kebugaran lain. Pengguna dapat melihat dan menyimpan data dari aplikasi kebugaran lain yang telah dihubungkan ke Google Fit. Aplikasi yang terhubung termasuk Lifesum, Wear OS by Google, Nike+, Runkeeper, Strava, Sleep as Android, Xiaomi Mi band, dan lainnya.