Brilio.net - Saat mengirim email, kadang-kadang seseorang bisa salah dalam mengetik alamat emailnya yang dituju. Seperti diketahui, proses berbagi data atau informasi lewat email merupakan hal yang penting. Jadi kerahasiaannya perlu diperhatikan dan kejadian salah kirim email adalah hal harus dihindari.

Untungnya Gmail telah membawa cara baru dalam mengirim email yang bisa lebih mudah membedakan ke siapa email tersebut dikirimkan. Seperti dikutip brilio.net dari laman resmi Google, Selasa (26/10), bahwa cara baru ini sudah diumumkan pada Rabu (20/10) lalu. Google mengungkapkan bahwa mereka telah melakukan beberapa perbaikan untuk membantu pengguna menulis email dengan lebih efisien dan percaya diri.

Saat menggunakan fitur "To," "Cc," dan "Bcc," beberapa peningkatan yang akan dilihat antara lain adanya tampilan avatar untuk penerima, indikator yang lebih baik saat menambahkan pengguna di luar organisasi dan kontak, indikator visual saat pengguna telah menambahkan pengguna sebagai penerima, serta adanya menu klik kanan baru yang mempermudah melihat nama lengkap dan email penerima, mengedit nama kontak, menyalin alamat email.

Gmail permudah pengiriman email, bisa cegah kebocoran data pengguna Google

foto: Google

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan menu ini untuk mengubah cara nama penerima ditampilkan. Misalnya, jika mereka memiliki kontak yang disimpan sebagai Sales Manager, maka mereka bisa mengubah nama kontak yang akan ditampilkan kepada orang lain yang menerima email tersebut. Namun, perlu diperhatikan, ini tidak akan mengubah nama yang disimpan di kontak.

Google juga memastikan bahwa pihaknya sudah menambahkan indikator visual yang lebih baik, sehingga mempermudah proses pengiriman email. Tidak hanya itu, Google juga memperjelas jika pengguna di luar perusahaan ditambahkan ke daftar penerima email, maka kontak yang pernah berinteraksi dengan pengguna sebelumnya akan disorot dengan warna kuning tua.

Gmail permudah pengiriman email, bisa cegah kebocoran data pengguna Google

foto: Google

Pengguna Gmail juga kini akan dilengkapi dengan adanya tanda centang untuk menunjukkan penerima yang telah disertakan dalam email. Selain itu, saat mengarahkan kursor atau menggulir kontak dalam menu tarik-turun, pengguna akan melihat warna abu-abu untuk yang menunjukkan lokasi mouse atau keyboard pengguna dengan lebih baik. Gmail juga akan secara otomatis menghapus entri duplikat dalam bidang yang sama saat menyeret dan melepaskan antara bidang Kepada, Cc, dan Bcc.

Gmail permudah pengiriman email, bisa cegah kebocoran data pengguna Google

foto: Google

(brl/pep)

(brl/pep)