Brilio.net - Sobat Brilio masih ingat dulu ketika smartphone budget dengan fitur terbatas era 2010-an? Boro-boro dijadiin daily driver, sekadar Facebook-an menggunakan browser bawaan lemotnya minta ampun. Baterainya juga sering drop hingga sehari bisa dua atau tiga kali nge-charge.

Gebrakan muncul dari Xiaomi dengan seri redmi 1 dan 1S di masanya benar-benar mendobrak pasar. Bahkan di 2014, Xiaomi mengumumkan bahwa mereka langsung kehabisan stok dalam waktu delapan menit di Singapura setelah diluncurkan di websitenya. Kombinasi hardware berkelas dengan harga kompetitif jadi resep sukses di masanya.

Kini Xiaomi ingin mengulang kembali kesuksesannya dengan Redmi 8A Pro. Penerus dari seri Redmi kelas entry level ini menawarkan hardware asyik dengan fitur-fitur flagship yang menarik.

Redmi 8A Pro hadir di tengah 'new normal' atau keadaan baru yang menomorsatukan dunia digital karena pandemi virus. Pada era ini, kita membutuhkan gadget dengan baterai tahan lama, processor mumpuni, dan kualitas kamera yang wahid. Tak lupa, harus bisa mendukung jaringan internet yang kencang dan bisa diandalkan.

Review Redmi 8A Pro: Ini caranya ubah HP budget jadi rasa flagship © 2020 brilio.net

Loading...

foto: Brilio.net

Smartphone ini dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 439 (Octa-core 4x 1.95 GHz Cortex-A53 & 4x 1.45 GHz Cortex A53) yang sangat mumpuni untuk browsing, video call, dan bermain game. Baterai 5.000 mAh terbesar di kelasnya tahan seharian jauh dari charger. Tak lupa dual kamera canggih 13MP+2MP menghasilkan foto yang mumpuni. Fitur kamera AI juga mendongkrak kualitas foto dari Redmi 8A Pro.

Dirilis April 2020, Redmi 8A Pro dijual di rentang harga RP 1.599.000 hingga Rp 1.699.000. Harga ini sangat kompetitif bagi kamu yang mencari smartphone budget tapi ingin rasa flagship. Terlebih, Redmi 8A Pro dijual dengan bundling Smartfren dengan kuota internet besar hingga dua tahun loh!

Di paket penjualannya, kamu akan mendapatkan perdana Smartfren. Bonus kuota akan aktif setelah kamu mengisi ulang minimal Rp 50 ribu. Setelah itu, kamu akan mendapatkan kuota internet 15 GB dengan rincian 2 GB kuota utama, 3 GB kuota chat, dan kuota malam 10 GB. Selain itu ada juga gratis akses premium VIU selama 90 hari, gratis nelpon sesama Smartfren, gratis nelpon operator lain 20 menit. Kalau kamu tak suka dengan nomor smartfren yang kamu dapat, kamu bisa menggantinya gratis 1x di aplikasi mySmartfren.

Review Redmi 8A Pro: Ini caranya ubah HP budget jadi rasa flagship © 2020 brilio.net

foto: Brilio.net

Semua kuota ini bisa kamu nikmati setiap bulannya selama 24 bulan atau dua tahun dengan isi ulang Rp 50 ribu saja. Kerennya lagi, pulsa Rp 50 ribu itu masih utuh dan bisa kamu gunakan untuk paket eksklusif Xiaomi yang bisa kamu dapatkan di aplikasi MySmartfren.

“Redmi 8A Pro yang memiliki fitur super di kelasnya ditambah kuota yang sangat besar," ucap Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren.

Benar kata pria ramah berkacamata ini. Dalam pengujian Brilio.net, Redmi 8A Pro sangat mendukung gaya hidup anak muda di tengah 'new normal'. Dengan sedikit tweak, kamu bisa menikmati smartphone budget dengan rasa flagship loh.

Review Redmi 8A Pro: Ini caranya ubah HP budget jadi rasa flagship © 2020 brilio.net

foto: Brilio.net

Ketika digunakan untuk bermain Mobile Legends, Redmi 8A Pro lancar tanpa ada frame drop yang signifikan. Bahkan ketika penulis memakai hero Eudora yang harus cermat memposisikan diri, sekalipun tak pernah lemot ketika sedang war. Jaringan kuat Smartfren juga membuat permainan jadi lancar tanpa adanya ping tinggi.

Satu kali match berdurasi 16 menit, Redmi 8A Pro hanya kehilangan 3% baterai saja. Suhunya juga tak panas dan tetap enak di genggaman tangan. Tersedia juga fitur isi daya Quick Charge 3.0 dengan charger yang kompatibel. Kuncinya adalah penggunaan fitur Game Turbo yang memprioritaskan gaming dan koneksi internet. Jadi jangan lupa diaktifkan ketika ingin mabar ya!

Review Redmi 8A Pro: Ini caranya ubah HP budget jadi rasa flagship © 2020 brilio.net

Atas: Redmi 8A Pro, Bawah: Redmi Note 7/foto: Brilio.net

Layarnya HD+ berukuran ukuran 6.22 inch dengan Corning Gorrila Glass 5 mampu bersaing dengan seri Redmi Note di atasnya. Seperti dilihat di foto atas, kualitas gambar terlihat tak jauh berbeda dengan Redmi Note 7. Agar lebih mantab serasa smartphone flagship, jangan lupa untuk atur color scheme sesuai kebutuhanmu. Settingan Saturated di Redmi 8A Pro membuat kualitas warna makin terlihat wah.

Review Redmi 8A Pro: Ini caranya ubah HP budget jadi rasa flagship © 2020 brilio.net

foto: Brilio.net

Kualitas fotonya sangat terbantu dengan kehadiran fitur AI. Redmi 8A Pro dibekali dengan Ai Scene dan Ai Potrait racikan Xiaomi. Untuk kamera depan, ada juga face unlock, Palm Shutter, dan HDR.

Brilio.net sendiri puas dengan kualitas kamera depan belakang saat digunakan di luar ruangan maupun di dalam. Makanya, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur ini setiap kali kamu mau mengambil foto, ya!

Redmi 8A Pro hadir di retail store seperti Lazada, akulaku, erafone, mi.com, dan authorized Mi Store. Smartphone ini ada tiga pilihan warna yaitu Midnight Grey, Sky White, dan Sea Blue.

Smartphone kece ini cocok banget untuk kamu yang mencari smartphone budget tapi nggak mau ribet dengan segala limitasi HP kelas entry level. Kuota besar Smartfren selama dua tahun jadi bonus yang menggiurkan dari smartphone ini. Dengan sedikit tweak di Game Turbo, kualitas layar, dan aplikasi kamera, kamu bisa menikmati HP budget berkualitas flagship dengan Redmi 8A Pro.