Brilio.net - Siapa sih yang nggak tahu game Mobile Legends? Game piranti bergerak berjenis arena pertarungan daring multipemain (multiplayer online battle arena/MOBA) ini sangat popular dan diminati berbagai kalangan.

Bukan cuma orang dewasa, tapi juga anak-anak. Bahkan game ini nggak memandang gender. Baik laki-laki maupun perempuan gemar memainkan game besutan Moonton ini.

Di Indonesia disebut-sebut game ini telah diunduh lebih dari 7 juta orang. Nggak heran jika banyak turnamen profesional game ini. Nah kabar gembira kembali mencuat setelah baru-baru ini Philippine SEA Games Organising Committee(PhiSCOG) dan Philippine Olympic Committee(POC) mengonfirmasi bahwa Mobile Legends menjadi salah satu cabang eSport resmi yang bakal dipertandingkan di ajang SEA Games 2019 di Filipina.  

Mobile Legends Smartfren  © 2018 brilio.net

Lantas bagaimana dengan nasib para gamers amatir? Padahal, antusiasme para pemain amatir ini nggak kalah lho dengan para gamers pro. Sebagai gambaran nih, berdasarkan data Newzoo 2017 Consumer Insight, di Indonesia ada 43,7 juta jiwa gamers, dan 2,7 juta jiwa penggemar eSports. Di antara jumlah tersebut, 60%-nya masih merupakan gamers amatir. Gilanya lagi perputaran uang di industri games Indonesia sebesar USD 1,2 miliar per tahun.   

Fenomena inilah yang membuat PT Smartfren Telecom, Tbk, sebagai perusahaan penyedia jasa layanan 4G LTE menggelar turnamen Mobile Legends harian khusus untuk para amatir. Ini pertama kalinya turnamen antar gamers amatir digelar.

Berkolaborasi dengan pengembang games Moonton dan Yamisok Tech Indonesia, turnamen bertajuk Smartfren 4G Battle 2018 Mobile Legends ini bertujuan agar gamers amatir juga bisa unjuk kebolehan dengan kemampuan yang setara.  Selain itu, lewat turnamen ini para pemain nantinya dapat mengukur kemampuan mereka agar bisa lebih mengembangkan diri.  

Mobile Legends Smartfren  © 2018 brilio.net (Ki-Ka) Chief Marketing Officer Yamisok Diana Tjong, Gamers dan Content Creator Sarah Viloid, Mobile Entertaintment Dept Head Smartfren Febrian Annas, dan Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra

“Kami juga memiliki pandangan, bahwa yang paling dibutuhkan gamer untuk mengembangkan dirinya, selain berkompetisi dengan kemampuan seimbang, mereka perlu untuk merasakan kehandalan dan stabilnya jaringan Smartfren,” ujar Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (29/11).

Serunya lagi, turnamen ini bakal digelar setiap hari selama tiga bulan mulai 8 Desember 2018 hingga Maret 2019. Ajang ini bakal menyediakan turnamen harian untuk 128 tim. Uniknya, setiap tim yang akan bertanding bisa menentukan sendiri waktunya. Mereka bisa memesan slot untuk bertanding pada hari yang diinginkan.  

Chief Marketing Officer Yamisok Diana Tjong menjelaskan, mekanisme turnamen game ini akan menggunakan konsep poin dan leaderboard. Setiap hari tim yang bertanding akan mendapatkan poin. Lalu 64 tim dengan poin tertinggi di leaderboard akan bertanding di final bulanan. Kemudian 60 tim yang memiliki poin tertinggi di leaderboard selama 3 bulan turnamen akan bertanding di grand final. “Jadi setiap hari ada pemenangnya,” ujarnya.

Mobile Legends Smartfren  © 2018 brilio.net

Oh iya, turnamen ini berhadiah total Rp 185 juta. Di mana untuk juara 1 pemenang harian akan mendapat Rp 500 ribu. Sedangkan juara 2 mendapat Rp 300 ribu dan juara 3 meraih Rp 200 ribu.

Sementara untuk turnamen bulanan, juara 1 akan mendapat Rp 7 juta, juara 2 mengantongi Rp 5 juta, dan Juara 3 Rp 3 juta. Sedangkan dalam turnamen grand final juara 1 akan mendapat Rp 20 juta, juara 2 Rp 15 juta, juara 3 Rp 10 juta, dan juara 4 Rp 5 juta.

Nah untuk mendukung dan memberikan pengalaman bermain game yang berbeda, Smartfren juga menghadirkan paket data "Super 4G Kuota" seharga RP 65 ribu bagi gamers dalam bermain game selama sebulan penuh. Pulsa Smartfren juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembelian karakter diamond dan skin yang tersedia di game Mobile Legends.

Nah buat Sobat Brilio yang ingin ikutan turnamen ini, caranya gampang banget lho. Kamu tinggal buka di sini, lalu klik tombol sign up, isi data kalian dengan tepat, bind game yang akan kalian ikut sertakan diturnamen di Yamisok. Setelah selesai, verifikasi email kalian dengan email yang kalian isi di yamisok.com. Jika ingin tahu lebih lanjut, klik aja di sini. Jangan sampai ketinggalan deh.