Brilio.net - Oppo Indonesia akhirnya resmi meluncurkan lini seri A terbaru, Oppo A95. Perangkat anyar kelas menengah ini diklaim sebagai smartphone andal dengan performa tinggi.

Sebut saja soal kapasitas baterai besar dengan 5000 mAh sehingga daya tahan perangkat ini cukup awet. Nggak perlu sering-sering isi ulang. Sudah begitu, perangkat ini juga mengantongi sertifikat IPX4, jadi tahan cipratan air normal. Karena itu perangkat ini cocok untuk mereka yang aktif dan dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari, termasuk bagi mereka yang menjalankan usaha.          

“Oppo A95 menawarkan performa tinggi perangkat smartphone yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari penggunanya,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia dalam acara peluncuran di Kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Peluncuran Oppo A95 © 2021 brilio.net Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia (@yans_brilio)

Sebelum diluncurkan, Oppo menjalani serangkaian ujicoba dengan sejumlah UMKM rising star mengenai kemampuan perangkat ini. Beragam fitur yang dibenamkan di dalamnya terbukti dapat membantu para UMKM menjalankan bisnis.

Berikut sederet fitur Oppo A95 yang dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

1. Nggak usah khawatir nge-lag

Peluncuran Oppo A95 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia

Smartphone yang ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 662 ini diklaim dapat beroperasi dengan lancar dan efisien setiap saat. Apalagi dikombinasikan dengan System Booster, rangkaian optimasi tingkat sistem yang memastikan ponsel dapat berjalan semakin mulus.

2. Kapasitas memori

Peluncuran Oppo A95 © 2021 brilio.net @yans_brilio

Perangkat ini hadir dengan konfigurasi RAM 8GB+128GB ROM, dilengkapi teknologi RAM Expansion yang memungkinkan pengguna mengubah penyimpanan ROM menjadi virtual RAM jika dibutuhkan.

3. Daya tahan baterai

Peluncuran Oppo A95 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia

Kapasitas baterai 5000 mAh dengan pengisian daya cepat 33W Flash Charge membuat perangkat ini dapat mengisi penuh daya dalam waktu 72 menit. Sementara itu, hanya dengan pengisian daya 5 menit, pengguna dapat menikmati 1,8 jam menonton video YouTube dan 5,7 jam panggilan suara.

Perangkat ini juga memboyong serangkaian fitur perlindungan pengisian daya sehingga lebih aman dan nyaman. Fitur Battery Guard dapat membantu melindungi pengisian daya semalaman secara cerdas yang disesuaikan dengan kebiasaan penggunanya.  

4. Nggak usah khawatir panas

Peluncuran Oppo A95 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia 

Perangkat ini juga memiliki fitur Charging Heat Control yang berfungsi  untuk memantau pembuangan panas dan mengontrol suhu perangkat saat mengisi daya untuk mengurangi masalah yang timbul terkait keamanan pengisian daya. Selain itu ada juga fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby yang akan memaksimalkan masa pakai baterai di saat yang paling dibutuhkan.

5. Sektor kamera

Peluncuran Oppo A95 © 2021 brilio.net @yans_brilio

Di sektor kamera, Oppo A95 dilengkapi 48MP Triple Camera di bagian belakang dengan serangkaian fitur kecerdasan buatan untuk menangkap gambar dengan kualitas tinggi. Selain itu ada juga fitur AI Scene Enhancement yang secara cerdas dapat mengenali berbagai skenario pemotretan seperti makanan, bunga, matahari terbenam, dan lainnya. Bukan cuma itu, fitur ini juga dapat mengoptimalkan warna, saturasi, dan kecerahannya.

Sementara fitur Night Mode berguna untuk mengambil foto yang lebih cerah dan jernih dengan detail yang kaya di malam hari atau dalam pencahayaan rendah.

Sedangkan kamera depan 16MP dilengkapi fitur AI Beautification dan Front Night Mode yang membuat pengguna lebih mudah untuk mengambil foto selfie yang lebih jelas di berbagai kondisi pencahayaan. Nah serunya nih, bagi pengguna yang ingin mengabadikan video, perangkat ini dilengkapi serangkaian fitur seperti Steady Video, SLO-MO dan SoLoop, yang membantu menghasilkan rekaman setiap momen yang berharga dalam hidup pengguna.

6. Tahan cipratan air dan debu

Peluncuran Oppo A95 © 2021 brilio.net @yans_brilio 

Oppo A95 dibuat tahan debu dan tahan air dengan karena mengantongi sertifikasi IPX4. Perangkat juga telah diuji daya tahannya dengan menjalani serangkaian tes gosok terhadap berbagai bahan yang dirancang untuk mensimulasikan pemakaian sehari-hari.

7. Desain

Peluncuran Oppo A95 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia

Dari sisi desain, Oppo A95 yang tersedia dalam dua pilihan warna (Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black) mengadopsi desain Oppo Glow, yang memberikan tampilan kilauan halus pada penutup belakang serta lapisan matte ganda. Oppo Glow tidak hanya membuat OPPO A95 terasa sangat halus untuk dipegang, namun juga membuatnya bebas sidik jari dan tahan gores.

8. Layar besar

Peluncuran Oppo A95 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia

Perangkat dengan dimensi 7,95 mm dan berat hanya 175 gram ini memiliki layar 6,43 inci dengan rasio layar-ke-perangkat sebesar 90,8% dan resolusi tinggi 2400 x 1080 piksel. Layar ini dilengkapi All-day AI Eye Care, serangkaian fitur yang terdiri dari AI Smart Backlight dan DC Dimming yang membantu memastikan pengalaman visual yang lebih nyaman sepanjang hari dan dapat menjaga kesehatan mata.

9. Sistem Operasi

Peluncuran Oppo A95 © 2021 brilio.net @yans_brilio 

Perangkat ini dijalankan dengan sistem ColorOS 11.1 yang dapat memberikan pengalaman pengguna lebih efisien dan nyaman.  Selain itu adanya fitur FlexDrop memastikan kelancaran multitasking di antara berbagai aplikasi aktif melalui jendela yang dapat diubah ukurannya. Sementara itu, Private Safe akan membantu mencegah orang lain selain pengguna mengakses gambar pribadi, video, audio, dokumen, dan file lainnya pada OPPO A95.

10. Fitur khusus game

Peluncuran Oppo A95 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia 

Pada perangkat ini juga dibenamkan sejumlah fitur khusus yang dapat membantu kenyamanan pengguna dalam bermain game seluler. Teknologi Hyper Boost mampu memastikan pengalaman bermain game yang lebih stabil dengan konsumsi daya yang lebih sedikit dan kontrol suhu yang lebih baik. Selain itu, fitur seperti Game Space, Game Assistant, Game Focus Mode, dan Bullet Notifications dapat berkontribusi untuk menciptakan pengalaman bermain game yang imersif dan bebas gangguan.

Harga dan ketersediaan

Peluncuran Oppo A95 © 2021 brilio.net Oppo Indonesia

Oppo A95 dibanderol seharga Rp3.999.000 dan bisa dipesan mulai 18—25 November 2021 secara luring melalui jaringan Oppo Store atau melalui situs e-dagang rekanan Oppo. Sementara penjualan perdana Oppo A95 akan dilakukan pada 26 November 2021.