Brilio.net - Digitalisasi membawa banyak kesempatan baru bagi pebisnis. Marketplace online dan media sosial siap jadi ladang basah yang baru. Terlebih, bisnis online bisa dibilang lebih mudah dan praktis. Kenapa? Berbekal foto produk yang bagus, pembeli bisa dengan mudah memiliki gambaran tentang apa yang kamu jual.

Yups, foto produk adalah identitas dari produk kamu. Foto produk yang berkualitas bisa mempengaruhi besarnya penjualan. Pasalnya dengan menyajikan foto produk yang indah secara visual, maka kamu membuka peluang besar untuk menarik hati calon pembeli.

Memotret dengan asal-asalan akan membuat hasil yang jelek dan tak menarik. Nah, di balik foto produk yang oke, ternyata latar belakang foto juga sangat penting loh! Banyak inspirasi latar belakang yang bisa kamu terapkan demi hasil foto produk yang ciamik menggunakan HP.

Apa saja? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (17/11).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Kardus berlatar putih untuk produk kecil.

Inspirasi latar belakang  © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Beberapa marketplace biasanya menyarankan penjual untuk memajang foto produk dengan background putih. Nah, biar feel-nya lebih terasa alami dan nggak sekadar editan, kamu bisa berkreasi sendiri. Tak perlu ribet, caranya yakni dengan menggunakan kardus yang disulap menjadi background putih.

Siapkan kardus bekas dan cutter. Lalu potong dua sisi kardus yang bersinggungan sehingga menyisakan dua sisi kardus yang juga bersinggungan, membentuk sudut siku. Gunakan white foam dan tempelkan pada bagian dalam kardus. Pastikan semua sisi bagian dalam kardus tertutupi oleh white foam. Begitu kardus sudah siap kamu bisa menggunakannya untuk pemotretan produk berukuran kecil.

2. Kayu rustic untuk foto produk fashion.

Inspirasi latar belakang  © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Kayu rustik seperti tatakan berbahan kayu sering dijadikan sebagai alas dan background foto produk fashion. Dijamin foto produk fashion kamu bakalan tambah estetik. Kamu juga bisa nih menggunakan placemat anyaman untuk tampilan lebih rapi. Pastinya kesan natural akan lebih terlihat.

3. Gantungan estetik untuk foto baju atau kaos.

Inspirasi latar belakang  © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Kalau di toko fisik, kamu bisa melihat produk baju secara langsung. Namun kalau di toko online, tentu foto produk baju adalah satu-satu caranya untuk memamerkannya. Agar baju terlihat rapi dan menarik kamu perlu menggunakan gantungan baju.

Selain tampak lebih rapi, gantungan baju juga memperlihatkan bentuk baju yang kamu jual. Pilihlah bentuk gantungan estetik, seperti gantungan kayu, gantungan plastik molded, dan gantungan berbantal.

4. Manfaatkan talent untuk foto ekspresif.

Inspirasi latar belakang  © 2021 brilio.net

foto: Oppo Indonesia

Memanfaatkan bantuan talent untuk foto produk yang ekspresif rupanya bisa jadi salah satu solusi loh. Mengambil foto portrait talent dengan HP sangat mungkin dilakukan. Hasil akan lebih bagus dengan smartphone yang memiliki fitur lengkap untuk fotografi. Nah, Oppo A95 dibekali dengan AI Beautification yang membuat kulit talent tampak lebih bercahaya.

Selain itu ada juga fitur Intelligent Skin Tone untuk menambahkan efek menghaluskan dan mencerahkan kulit. Yang nggak kalah penting adalah Front Night Mode untuk menangkap wajah subjek tetap jernih dan jelas meski berada di lingkungan yang minim cahaya.

Inspirasi latar belakang  © 2021 brilio.net

foto: @yans_brilio

Founder Gentala, Reza sudah membuktikan bahwa foto produk yang bagus bisa dihasilkan dari smartphone Oppo A95. Smartphone ini dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48MP, kamera depth 2MP, dan kamera macro 2MP memberikan kemudahan untuk memotret objek sesuai dengan kebutuhan fotografi.

Performanya yang bisa diandalkan membuat Reza nggak perlu ribet lagi menggunakan kamera digital untuk mengunggah foto produk ke media sosial. Oppo A95 bisa dipesan lebih awal melalui blind pre-order dari 11-17 November 2021. Dapatkan juga voucher senilai Rp100.000 di Oppo Online Store.

Ikuti juga acara peluncuran daring eksklusif Oppo A95 di kanal media sosial resmi Oppo Indonesia (Youtube, Facebook, Instagram, Twitter) pada Kamis 18 November 2021 pukul 19.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut bisa klik di sini.

5. Gunakan beragam filter dari media sosial atau aplikasi kamera.

Inspirasi latar belakang  © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Memotret produk dari smartphone tetap membutuhkan software untuk mengoptimalkan hasil foto yang maksimal. Sebab, terkadang nggak semua hasil jepretan sesuai dengan keinginan. Namun dengan beragam filter dari media sosial ataupun aplikasi kamera, kamu dapat meningkatkan fokus pada subjek utama foto. Aplikasi ini biasanya menyajikan tools mengoreksi foto, pencahayaan, kontras, serta penajaman.

(brl/lak)