Brilio.net - Punya HP awet bertahun-tahun dengan kondisi yang prima mungkin jadi keinginan bagi sebagian orang. Kebiasaan dan cara menjaga HP sangat berpengaruh untuk mewujudkan keinginan ini.

Baterai jadi salah satu komponen penting yang harus dijaga kesehatannya agar HP tetap prima. Perlu diingat, baterai lithium-ion yang saat ini banyak digunakan pada smartphone memang punya masa hidup tertentu.

Dengan begitu, seiring berjalannya waktu performa baterai biasanya akan makin menurun. Namun demikian, jika kesehatan baterai dijaga dengan baik, kemungkinan baterai awet hingga tahunan bisa meningkat.

Untuk menjaga keawetan baterai ternyata ada rahasianya. Apa saja itu? Yuk, intip informasinya di bawah ini sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (15/11).

1. Jangan paparkan smartphone dengan suhu ekstrem.

jaga performa baterai © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Suhu ekstrem yang dimaksud adalah terlalu panas atau terlalu dingin. Jika smartphone terpapar suhu ekstrem dapat mengurangi kemampuan baterai menyimpan energi.

Perlu dicatat, suhu "nyaman" bagi baterai adalah antara 16 hingga 22 derajat Celcius. Baterai HP juga sebaiknya dihindarkan dari paparan suhu lebih dari 35 derajat Celcius.

Untuk itu, hindari penggunaan HP di lingkungan yang sangat panas seperti kebiasaan menaruh HP di dashboard mobil saat siang hari dan menaruhnya di bawah bantal.

2. Gunakan fitur-fitur penghemat daya baterai.

jaga performa baterai © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Salah satu rahasia menjaga keawetan baterai HP adalah dengan mengaktifkan fitur penghemat daya baterai. Sesuai dengan fungsinya, fitur-fitur ini akan menghemat sekaligus menjaga kesehatan baterai.

Fitur Super Nighttime Standby dari Oppo A95 adalah contohnya. Fitur penghemat daya baterai ini bisa membuat ponsel hanya menghabiskan sedikit daya saat ditinggal tidur pada malam hari. Dengan begitu, jika kelupaan mengisi baterai, fitur ini akan memastikan ponsel tetap bisa digunakan saat pagi hari.

jaga performa baterai © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Selain itu, Oppo A95 juga memiliki fitur AI Night Charging yang mampu mempelajari kebiasaan tidur penggunanya. Berkat fitur ini, kamu tidak perlu khawatir overcharge saat mengisi daya HP pada malam hari.

Hal ini karena AI Night Charging memungkinkan ponsel mengisi daya hingga 80 persen saat malam hari ketika tidur. Lalu mengisi 20 persen sisanya satu jam sebelum pengguna bangun.

Kecanggihan segi baterai Oppo A95 semakin lengkap dengan fitur Charging Heat Control. Fitur ini akan membaca suhu perangkat saat baterai diisi dan menjaganya agar tetap dingin tanpa mengurangi kecepatan pengisian.

3. Baterai kapasitas besar agar tidak terlalu sering charging.

jaga performa baterai © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Cara mengisi daya HP yang salah bisa memperpendek masa pakai baterai. Hal ini termasuk kebiasaan terlalu sering charging HP.

Baterai berkapasitas besar akan mengurangi risiko ini. Oppo A95 sudah dibekali baterai kapasitas 5.000 mAh yang akan membuatmu jarang nge-charge.

Selain lebih awet, baterai berkapasitas besar di Oppo A95 juga didukung 33W Flash Charge. Teknologi pengisian daya cepat ini memungkinkan ponsel dapat terisi sebanyak 30 persen hanya dalam waktu 15 menit. Sedangkan untuk terisi penuh hanya membutuhkan waktu 72 menit.

Oppo A95 diklaim dapat melakukan panggilan suara selama 5,73 jam dan bahkan menonton YouTube selama 1,81 jam meski hanya diisi daya dalam waktu 5 menit.

jaga performa baterai © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Selain dari segi baterai, Oppo A95 juga hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari 48MP kamera utama + 2MP kamera makro + 2MP kamera bokeh. Sementara kamera depan beresolusi 16 MP yang bisa memaksimalkan pengalaman selfie.

Oppo A95 hadir dalam dua warna Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black. Kamu bisa jadi yang pertama memiliki Oppo A95 dengan mengikuti Blind Pre-order di aplikasi Oppo Store, Oppo Official Store di Shopee dan Lazada mulai 11-17 November 2021.

Ikuti juga acara peluncuran daring eksklusif Oppo A95 di kanal media sosial resmi Oppo Indonesia (Youtube, Facebook, Instagram, Twitter) pada Kamis 18 November 2021 pukul 19.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut bisa klik di sini.

4. Jangan biarkan smartphone mengisi daya terus-terusan saat malam hari.

jaga performa baterai © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kebiasaan mengisi daya baterai HP yang sudah penuh dalam waktu lama dapat menurunkan performa baterai. Mengisi daya terus-menerus meski sudah penuh dapat mengurangi stabilitas baterai dalam jangka panjang dan menyebabkan kerusakan sistem.

Selain itu, dalam kondisi ini baterai akan berada pada tegangan yang lebih tinggi sehingga menciptakan panas berlebih. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan baterai.

5. Jangan terlalu sering nge-charge baterai sampai penuh.

jaga performa baterai © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Untuk baterai lithium-ion modern pada smartphone saat ini, pengisian ulang daya yang sedikit tapi teratur jauh lebih baik dibanding siklus pengisian penuh yang lama.

Hal ini karena saat daya hampir habis, baterai lithium-ion akan menarik arus konstan dan beroperasi pada tegangan yang lebih rendah. Perlu diketahui, pengisian baterai pada tegangan rendah akan lebih baik untuk masa pakai baterai.

Namun, tegangan rendah ini tidak akan ditemui saat baterai terisi hingga 100 persen. Maka dari itu, sebaiknya pengisian daya baterai dimulai dari sekitar 30 persen hingga 80 persen agar voltase atau tegangan tetap rendah dan keawetan baterai bisa terjaga.

(brl/tin)

(brl/tin)