Brilio.net - Belakangan ini pemindai sidik jari semakin sering ditemukan di smartphone keluaran terbaru. Teknologi biometrik yang satu ini memang terbilang praktis.

Pengguna smartphone hanya perlu mendaftarkan sidik jarinya, maka smartphone tidak akan bisa dibuka kecuali oleh sidik jari yang bersangkutan.

Nah, konsep pengunci dengan sidik jari kini tidak hanya bisa ditemukan di smartphone, lho. Seperti dikutip brilio.net dari laman Hongkiat, Jumat (24/2), sebuah perusahaan startup keamanan baru-baru ini memamerkan gembok dengan teknologi sidik jari pada ajang Consumer Electronics Show 2017. Gembok yang diberi nama Benjilock ini diklaim sebagai gembok pertama dengan fasilitas pemindai sidik jari.

Pengguna hanya perlu menempelkan jarinya, dan jika Benjilock mengakui sidik jari yang bersangkutan maka gembok akan terbuka dengan otomatis. Asyiknya lagi, gembok tersebut juga dapat mengenali empat sidik jari yang berbeda sekaligus.

Tertarik untuk memilikinya? Sayangnya Benjilock baru tersedia di pasaran pada kuartal ketiga tahun ini. Harganya sendiri berkisar USD 80 atau sekitar Rp 1 juta.