Brilio.net - Aplikasi pesan instan WhatsApp dalam beberapa hari belakangan melakukan update mayor di layanannya. Selain kini bisa menggunakan format tulisan bold (cetak tebal) dan italic (cetak miring), WhatsApp juga meningkatkan sistem keamanan aplikasi mereka.

Nah, jika kamu pengguna aplikasi pesan instan WhatsApp, kamu pasti menerima pesan aneh tentang aktivasi kode enkripsi. Iya nggak? Istilah tersebut mungkin kurang familiar bagi kebanyakan orang. Namun pada intinya, pesan tersebut bukanlah error di aplikasimu, melainkan kabar baik yang menjelaskan bahwa sistem keamanan di WhatsApp semakin meningkat.

Berikut penjelasan fitur enkripsi di WhatsApp:

1. WhatsApp kini menyematkan enkripsi 256 bit dalam layanannya.

Loading...

Enkripsi WhatsApp © 2016 brilio.net

Aplikasi WhatsApp saat ini sudah menggunakan enkripsi end-to-end yang membuat sistem keamanannya jauh lebih baik. Enkripsi end-to-end pada dasarnya adalah sebuah sistem komunikasi di mana hanya dua pihak yang terlibat yang dapat melihat data.

Itu artinya pihak ketiga seperti provider telekomunikasi, provider Internet dan perusahaan yang menjalankan layanan pesan (WhatsApp sendiri) tidak dapat mengintip percakapan atau mencuri data pengguna.

2. Enkripsi bisa diaktifkan sesuai keinginan pengguna.

Enkripsi WhatsApp © 2016 brilio.net

Nah, untuk mengaktifkan mode enkripsi, kamu harus melakukan beberapa langkah. Pertama, scan kode QR milik temanmu atau bisa juga pakai number key 60 digit. Setelah mode enkripsi sudah aktif, kini obrolanmu akan aman dan tanpa perlu khawatir dibajak peretas.