Brilio.net - Banyak merek smartphone hadir dengan spesifikasi yang mumpuni dan bisa dikatakan tahan lama dipakai sepanjang tahun. Persaingan ketat di pasar pun membuat beberapa brand smartphone ternama menjual produknya dengan harga miring. Begitu pula yang ditawarkan produsen Realme.

Anak perusahaan Oppo ini menawarkan handphone dengan harga ekonomis, tapi punya spek dewa. Tak terkecuali seri Realme C3. Jika kamu ingin mencari HP Realme murah, Realme 'C' adalah jawabannya.

Ponsel pintar ini dijual dengan harga tak sampai Rp 2 juta lho.

Poin penting yang dimiliki Realme C3 ialah telah didukung dengan chipset MediaTek Helio G70. Chipset ini sudah terkenal akan performanya saat digunakan untuk bermain game. Kinerjanya sangat cepat, begitu ringan, serta pas di genggaman.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Namun, sebelum memutuskan untuk memilih Realme C3 sebagai HP incaran, simak dahulu ulasan lengkapnya mulai dari spesifikasi, kelebihan, hingga kekurangannya.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (11/11).

Kelebihan HP Realme C3.

1. Kamera.

harga HP Realme C3 © realme.com

foto: realme.com

Realme C3 memiliki tiga kamera yang dapat menunjang segala aktivitas. Kamu cukup menekan satu tombol saja untuk mendapatkan foto yang berkualitas dengan kamera utama 12MP. Lensa macro 4 cm juga hadir untuk memberikan pengalaman baru di dunia mikro. Juga, lensa portrait terbaru akan memberikan pengalaman foto portrait yang mutakhir.

Dual kamera belakang juga dapat mendukung efek bokeh, yang bisa menghasilkan hasil foto lebih alami dan fokus objek kian nyata.

2. Baterai.

harga HP Realme C3 © realme.com

foto: realme.com

Handphone Realme C3 punya kapasitas baterai 5.000 mAh Massive. Baterai bisa bertahan seharian untuk browsing hingga main game.

Menurut situs resmi realme, diperkirakan baterai bisa bertahan untuk telepon hingga 43,9 jam, YouTube selama 20,8 jam, dan main PUBG bisa selama 10,6 jam.

Kecanggihan lain yang dimiliki baterai Realme C3 ini bisa berfungsi sebagai powerbank, untuk mengisi daya perangkat lainnya.

3. Layar.

harga HP Realme C3 © realme.com

foto: realme.com

Realme C3 punya layar besar HD+ 6,5 inci dengan rasio 89,8%. Layar Realme C3 memberikan tampilan gambar yang luas dan jelas, sangat berguna untuk membaca, menonton film, mengedit video, serta bermain game.

4. Performa andal.

harga HP Realme C3 © realme.com

foto: realme.com

Handphone ini dibekali chipset Helio G70 Processor, andal dipakai untuk bermain game. Chipset dari Mediatek ini dibuat dengan proses fabrikasi 12 nm.

Di dalamnya terdapat prosesor octa core, terdiri dari 2 core Cortex-A75 dengan kecepatan 2.0 GHz dan 6 core Cortex-A55 dengan kecepatan 1.7 GHz.

5. Sidik jari.

harga HP Realme C3 © realme.com

foto: realme.com

Layar Realme C3 bisa terbuka cukup dalam hitungan 0,27 detik dengan fitur fingerprint. Selain itu, smartphone ini juga mendukung pengenalan wajah yang lebih akurat.

Cukup dengan satu klik atau memperlihatkan wajahmu di depan layar, kamu sudah bisa mengoperasikan Realme C3 dengan cepat. Kemudahan ini bisa kamu rasakan juga saat mengunci layar dan menjaga privasi di aplikasi.

6. Ruang penyimpanan.

harga HP Realme C3 © realme.com

foto: realme.com

Realme C3 punya ruang penyimpanan besar. Jadi kamu nggak perlu cemas lagi kalau mau instal atau membuka aplikasi besar sekaligus. Kalaupun penyimpanan dalam atau memori internal sudah habis, kamu bisa memasang microSD sebagai memori tambahan. Slot microSD yang tersedia mencapai 256 GB.

7. Desain.

harga HP Realme C3 © realme.com

foto: realme.com

Handphone Realme C3 mengusung desain keren nan trendy. Desain bagian luar bak gambaran dunia magis, gabungan dari es dan api. Desain cantiknya juga tahan akan bekas sidik jari, sehingga kamu lebih mudah menggenggam Realme C3 tanpa was-was kotor atau tergores.

8. Tahan percikan air.

harga HP Realme C3 © realme.com

foto: realme.com

Pada situsnya, Realme mengklaim telah melakukan serangkaian tes sebelum menjual Realme C3 pada pelanggan. Setiap celah body handphone ini dilengkapi penutup silica gel dan jaring anti debu. Setiap sisi dan sudutnya juga telah diperkuat untuk mengurangi risiko layar pecah saat terjatuh.

9. Realme UI.

harga HP Realme C3 © realme.com

foto: realme.com

Realme UI ialah antar muka besutan dari Realme yang masih berbasis Android 10 dan ColorOS, dengan tambahan fitur tampilan menarik. Realme UI terbaru berasal dari konsep desain orisinil dan terinspirasi dari objek sederhana dalam kehidupan.

Tampilannya terlihat elegan, alhasil meningkatkan pengalaman penggunanya. Waktu aplikasi terbuka berkurang 14%, penggunaan RAM berkurang 20% dan daya tahan baterai meningkat 40%.

Kekurangan HP Realme C3.

1. Belum ada fitur fast charging.

harga HP Realme C3 © realme.com

foto: realme.com

Jika di atas disebutkan berapa lama Realme C3 bisa tahan lama selama pemakaian, ada kekurangan di balik semua itu. Realme C3 termasuk handphone yang belum punya fitur fast charging.

Smartphone ini hanya mendukung pengisian 10 W, efeknya saat di-charge ketika baterai kosong, membutuhkan waktu penuh hingga 3,5 jam.

2. Port micro USB.

harga HP Realme C3 © realme.com

foto: realme.com

Sayangnya Realme C3 masih memakai port micro USB. Berbanding terbalik dengan handphone canggih lain yang sudah memasang port USB Type-C. Namun, hal ini cukup dimaklumi jika dilihat dari harganya.

Spesifikasi HP Realme C3.

- Layar: 6.5 inches, 103.7 cm2.

- Resolusi layar: 720 x 1560 pixels, 19.5:9 ratio (~264 ppi density)

- Protection layar: Corning Gorilla Glass 3

- Type: IPS LCD, 480 nits (typ)

- OS: Android 10, realme UI 1.0

- Chipset: Mediatek Helio G70 (12 nm)

- CPU: Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.7 GHz Cortex-A55)

- Kecepatan CPU: 2 x 2.0 GHz Cortex-A75 & 6 x 1.7 GHz Cortex-A55

- GPU: Mali-G52 2EEMC2

- RAM: 3 GB

- Memori Internal (ROM): 32 GB

- Memori Eksternal: Up to 256 GB

- Kamera Belakang: 12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/2.8", 1.25µm, PDAF 2 MP, f/2.4, (depth) 2 MP, f/2.4, (depth)

- Fitur kamera belakang: LED flash, HDR, panorama

- Kamera depan: 5 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1/5", 1.12µm

- Fitur kamera depan: HDR, panorama

- Video belakang: 1080p @30fps

- Video depan: 1080p @30fps

- Kapasitas baterai: Li-Po 5.000 mAh (typical) Supports reverse charging. 10W charging power (5V, 2A inbox)

- Berat: 195 gram

- Fitur lainnya: Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Triple Cameras, 3.5mm Headphone Jack, Splash-Resistant.

Dengan berbagai kecanggihan yang sudah disebutkan, kamu bisa menikmati kemudahan memakai HP Realme C3 dengan merogoh uang kisaran Rp 1.600.000.

(brl/pep)