Brilio.net - OPPO salah satu jenis smartphone yang telah lama jadi favorit pilihan masyarakat Indonesia. Smartphone besutan asal Tiongkok ini juga cukup rajin mengeluarkan gadget terbaru. Setidaknya dalam satu tahun bisa lebih dari tujuh seri smartphone OPPO yang keluar, baik yang low-end, middle-range, dan flagship.

OPPO memiliki berbagai keunggulan luar biasa yang tidak ditemukan di smartphone lain. Di antaranya karena dikenal memiliki kamera yang canggih dan berkualitas tinggi. Nggak heran dengan kualitas kamera yang bagus, OPPO selalu diminati pecinta fotografi dan para konten kreator hingga kini.

Jadi pioner di bidang Face Beautification, OPPO menempatkan dirinya khusus merancang teknologi fotografi yang makin inovatif. Nah, kira-kira seperti apa evolusi kamera flagship OPPO? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber.

1. U701 jadi awal fitur face beautification.

Evolusi kamera flagship OPPO © 2022 brilio.net

foto: OPPO

Diumumkan pada 2011, OPPO Ulike U701 jadi smartphone pertama perusahaan yang membawa fitur face beautification-nya. Smartphone ini dibekali kamera utama belakang 5MP dan kamera depan 2MP. OPPO Ulike U701 mengadopsi sistem operasi Android v2.3 (Gingerbread), layar 4 inci 480 x 800, CPU MediaTek MT6575, RAM 512MB, serta penyimpanan 4GB.

2. Smartphone N Series jadi kamera putar pertama di dunia.

Evolusi kamera flagship OPPO © 2022 brilio.net

foto: OPPO

Smartphone N Series ini pertama kali diluncurkan pada 2013 dengan memperkenalkan OPPO N1. Smartphone ini jadi android pertama dengan desain kamera inovatif yakni menggunakan konsep kamera berputar ke depan belakang. Sehingga pengguna dapat mengambil foto selfie menggunakan kamera utama di punggung ponsel. N Series juga jadi ponsel pertama yang mampu booting OS CyanogenMod secara resmi.

3. Find X3 Pro jadi kamera ganda utama dengan 1 miliar warna.

Evolusi kamera flagship OPPO © 2022 brilio.net

foto: OPPO.com

Pada OPPO Find X3 Pro dilengkapi dengan fitur pro-wide dan ultra-wide. Tak hanya itu, ada pula sensor IMX766 50MP yang mampu mengabadikan setiap detail momen serta menampilkan secara nyata dalam satu genggaman. Fitur full-path color management system dan billion color dalam ponsel ini dirancang untuk menangkap hingga 1 miliar warna sehingga menampilkannya secara sempurna di smartphone.

4. Seri Reno mengusung tema Portrait.

Evolusi kamera flagship OPPO © 2022 brilio.net

foto: brilio.net/@dwiyanapangesthi

OPPO sudah mengembangkan aneka fitur terkini fotografi yang sekarang menjadi standar di dunia smartphone. Salah satunya OPPO Reno Series yang memang dikenal dengan fitur Portrait pada ponselnya. Fitur ini pertama kali diperkenalkan tahun 2019 lalu.

Fitur Portrait merupakan salah satu mode unggulan yang terus dikembangkan seiring kehadiran generasi terbaru. Fitur tersebut disematkan pada OPPO Reno 4 hingga Reno 7. Dengan teknologi mutakhir ini menghasilkan foto yang ciamik dengan kualitas tinggi.

Nggak hanya itu ada pula Ultra Steady cikal bakal video atau foto tanpa blur di smartphone. Setelah itu ada AI Color Portrait pada seri Reno 4, yang menandai fitur video kreatif pertama yang didukung oleh fotografi komputasi. Lalu pada seri Reno5, mode AI Highlight Video hadir untuk memudahkan setiap orang merekam video yang jernih bahkan dalam situasi pencahayaan yang tidak memungkinkan dilakukan dengan smartphone.

Sedangkan pada OPPO Reno6 dan OPPO Reno 7 dipersenjatai fitur andalan Bokeh Flare Portrait, fitur ini menggabungkan efek bokeh dan algoritma Low Light HDR untuk menghasilkan foto artistik dengan menambahkan efek neon dengan latar belakang lampu. Kemampuan kamera OPPO Reno 7 menghasilkan foto bokeh yang tajam dan realistis ditopang dengan teknologi kecerdasan buatan artificial intelligence (AI) yang telah disempurnakan.

Algoritma AI Processing terbaru bekerja dengan sangat presisi dan detail untuk memisahkan objek utama dan latar belakang, sehingga tercipta foto bokeh artistik yang terlihat halus layaknya hasil jepretan kamera DSLR.

(brl/tin)

(brl/tin)