Brilio.net - Di era smartphone yang semakin cangih ini hampir semua orang memiliki power bank atau yang dikenal PB. Alat portabel yang biasa digunakan untuk mengisi ulang daya baterai smartphone ini, dinilai praktis dan sangat membantu pengguna smartphone, terutama saat berpergian. Meski sebenarnya tidak dianjurkan penggunaanya, PB sudah menjadi kebutuhan hampir semua pengguna smartphone.

Karena banyaknya pangsa pasar itulah, banyak beredar PB abal-abal dengan kualitas rendah dan harga yang murah. Akibatnya kemungkinan terjadinya kerusakan PB tak bisa dihindari. Mulai dari meledak hingga terbakar saat diisi ulang. Seperti halnya yang dialami oleh Tito Sakti Pratama, pemilik power bank ini mengalami kejadian tak mengenakkan dengan alat pengisi ulang daya itu.

BACA JUGA: Pemuda yatim piatu ini rayakan wisuda di makam ibunya, bikin mewek

Kejadian ini bermula saat Tito menyimpan power banknya di ruang bagasi jok motor pada Rabu (30/3). Tito tak menggunakannya untuk mengisi daya smartphonenya, ia hanya meletakkannya di jok motor dengan beberapa surat penting seperti kartu identitas dan bukti kepemilikan motor.

PB tebakar di motor © 2016 brilio.net

Loading...

Tak disangka, power bank yang diletakkannya di jok tersebut meledak dan membakar seisi jok motor beserta beberapa surat penting di dalamnya. "Saya ingin berpesan untuk pengguna power bank agar berhati-hati. Saya meletakkan power bank dalam jok dan tiba-tiba terbakar bersama surat-surat penting lainnya," ujar Tito seperti dikutip brilio.net dari akun media sosialnya, Rabu (30/3).

PB tebakar di motor © 2016 Tito Sakti Pratama

‎Beruntung power bank yang terbakar tiba-tiba tersebut tak ikut menghanguskan motor Tito. Ia berhasil memadamkannya dengan menyiram air. Terbakarnya powerbank saat dalam jok ini diduga karena tidak ada sirkulasi udara yang baik, akibatnya pengisi daya itu panas dan ditambah dengan panasnya mesin kendaraan yang menyebabkannya terbakar.

Jadi ada baiknya jika kamu pengguna smartphone dan sekaligus power bank, untuk tidak meletakkannya di dalam jok motor atau di tempat-tempat yang panas untuk menghindari kejadian seperti ini.