Brilio.net - Perusahaan asal Meta, Instagram adalah media untuk berbagi foto yang memiliki sejuta fitur di dalamnya. Salah satu fitur tersebut adalah pengguna dapat melihat siapa saja pengguna lain yang sedang online ataupun kapan mereka terakhir online.

Mungkin bagi sebagian orang, fitur ini bukan merupakan hal yang berdampak. Namun, bagaimana bagi mereka yang tidak ingin diperlihatkan kapan mereka menggunakan Instagram? Kini Instagram memberikan beberapa cara untuk pengguna Instagram menyembunyikan status online.

Cara-cara ini dikhususkan untuk pengguna Instagram di smartphone (Android dan iOS) dan komputer. Tanpa berlama-lama lagi, berikut brilio.net rangkum pada Selasa (30/11) mengenai cara untuk menyembunyikan status aktif di aplikasi Instagram

1. Menyembunyikan status aktif online di Instagram versi smartphone (iOS dan Android):

1. Buka aplikasi Instagram.

2. Pergi ke menu profil pada menu navigasi.

3. Buka Pengaturan > Privasi.

4. Pilih interaksi > Status Aktivitas.

5. Non-aktifkan pada opsi "Tampilkan Status Aktivitas."

2. Menyembunyikan status aktif online di Instagram versi komputer (web):

1. Buka laman Instagram pada web browser.

2. Pilih ikon profil di sebelah pojok kanan atas.

3. Klik opsi Pengaturan.

4. Di panel sebelah kiri, pilih Privasi dan Keamanan.

5. Di laman tersebut, hapus centang pada opsi "Tampilkan Status Aktivitas."

Sebagai informasi lebih lanjut, Instagram membatasi tampilan status online pengguna sebanyak 25 pengguna pertama yang berurutan di daftar Direct Messages (DM). Selebihnya, bila kamu menyembunyikan status terakhir aktivitas kamu, kamu juga tidak dapat melihat pengguna lain mengenai kapan mereka tampil online di Instagram.

(brl/tin)