Brilio.net - Salah satu permasalahan yang sering dialami pengguna smartphone berbasis Android adalah kinerja yang lemot setelah beberapa bulan digunakan. Karena itu kerap muncul banyak pertanyaan bagaimana membuat smartphone Android berkerja lebih cepat?

Sangat menjengkelkan memang, saat kamu membeli smartphone kelas atas dan berharap mendapatkan kinerja dan fitur mumpuni, tetapi tetap saja kamu tidak mendapatkan kinerja yang mulus dan cepat seperti yang diinginkan. Apalagi jika kamu memiliki smartphone kelas menengah atau bahkan entry level. Bisa dibayangkan bagaimana kinerjanya setelah sekian lama digunakan.  

Nah berikut beberapa cara yang dapat membuat smartphone Android kamu bisa bekerja lebih cepat, efisien serta dapat mengurangi lag dan freeze.

1. Nyalakan ulang (restart)

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

10 Cara biar ponsel gak lemot © 2021 brilio.net@yans_brilio 

Terkadang, yang hanya dibutuhkan smartphone kamu adalah restart sederhana. Namun, seperti komputer, menyalakan ulang (restart) smartphone dapat membantu mengurangi lemot. Sebab, saat kamu me-reboot perangkat, cara tersebut akan menghapus semua file sementara yang terbuka di perangkat dan membersihkan RAM.

2. Perbarui perangkat lunak

10 Cara biar ponsel gak lemot © 2021 brilio.netfreepik.com 

Setiap versi Android yang lebih baru berisi perbaikan bug dan dilengkapi banyak peningkatan kinerja. Jadi, sangat penting untuk selalu memperbarui software perangkat agar bisa bekerja lebih baik. Caranya juga cukup mudah. Buka Pengaturan>Tentang Perangkat> Pembaruan Perangkat Lunak. Periksa apakah ada pembaruan untuk memperbarui perangkat kamu. Hal serupa juga perlu dilakukan pada aplikasi Playstore dan pastikan semua aplikasi kamu sudah mutakhir.

3. Copot dan nonaktifkan aplikasi yang nggak kamu butuhkan

10 Cara biar ponsel gak lemot © 2021 brilio.netappsgeyser.com 

Setiap aplikasi pada perangkat menggunakan sejumlah memori. Karena ruang memori terbatas, disarankan hanya untuk menyimpan aplikasi kamu perlukan saja. Nah aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan dan masih berada di perangkat akan menghabiskan memori dan berpotensi memakan sumber daya sistem.

Nah untuk melihat daftar aplikasi pada perangkat kamu, buka Pengaturan> Aplikasi dan geser ke tab Semua. Di sini, semua aplikasi akan terdaftar. Cari dan identifikasi aplikasi yang tidak kamu butuhkan. Selanjutnya, ketuk aplikasi tersebut lalu pilih Copot Pemasangan. Jika opsi uninstall tidak ada, ketuk Nonaktifkan.

4. Bersihkan layar beranda

10 Cara biar ponsel gak lemot © 2021 brilio.net9apps.com 

Menempatkan wallpaper hidup di layar beranda bersama dengan widget memang terlihat bagus, tetapi hal tersebut justru memberi beban ekstra dan memengaruhi kinerja perangkat kamu lho. Lebih baik mengganti wallpaper hidup dengan gambar statis dan menghapus semua ikon dan widget yang tidak digunakan. Semakin sedikit aplikasi yang ada di layar beranda akan meningkatkan kinerja perangkat kamu.

5. Hapus data aplikasi di-cache

10 Cara biar ponsel gak lemot © 2021 brilio.netandroidcentral.com 

Data cache untuk aplikasi membantu memuat lebih cepat aplikasi yang ingin kamu buka. Namun, ada juga beberapa aplikasi yang tidak kamu gunakan secara teratur. Nah sebaiknya kamu menghapus data cache untuk aplikasi yang jarang digunakan. Kamu bisa membebaskan banyak ruang dengan menghapus data lama. Selain itu, melakukan hal ini akan meningkatkan kinerja perangkat, dan aplikasi dapat menyimpan versi terbaru dari data cache lama.

6. Bebaskan memori internal

10 Cara biar ponsel gak lemot © 2021 brilio.netOppo Indonesia

Saat ini, kamu dapat menyimpan semua data di cloud. Lewat cara ini, kamu bisa mengaksesnya lewat semua perangkat yang kamu gunakan seperti laptop atau tablet. Selain itu, dengan menyimpan data di cloud akan membantu mengosongkan memori internal dan dapat membantu meningkatkan kinerja smartphone kamu.

Tapi bakal berbeda jika kamu menggunakan smartphone seperti Oppo A95 yang memiliki konfigurasi RAM 8GB+128GB ROM. Sebab perangkat ini dilengkapi teknologi RAM Expansion. Jadi kamu bisa mengubah penyimpanan ROM menjadi virtual RAM. Lewat teknologi ini, Oppo A95 mampu memberikan opsi perluasan RAM 8GB menjadi total 13GB, dengan mengubah sebagian dari ROM yang tersedia ke RAM virtual agar ponsel tetap beroperasi dengan pesat. 

Selain itu, perangkat ini juga menyertakan System Booster untuk mengoptimalkan sistem agar ponsel bisa berjalan lancar. Bahkan dengan beberapa aplikasi yang berjalan pada saat sama, Oppo A95 mampu memastikan kinerja tanpa hambatan dan konsisten lebih lama dari sebelumnya. Dijamin nggak bakal nge-lag deh. 

7. Coba deh gunakan aplikasi versi lite

10 Cara biar ponsel gak lemot © 2021 brilio.netguidingtech.com 

Saat ini banyak aplikasi popular, seperti Facebook atau Twitter yang menawarkan versi lite. Menggunakan aplikasi versi lite dapat meningkatkan kinerja perangkat dan juga mengurangi penggunaan data. Aplikasi versi lite adalah pilihan terbaik jika kamu memiliki smartphone kelas entry level dengan memori yang terbatas.

8. Instal aplikasi dari sumber yang dikenal

10 Cara biar ponsel gak lemot © 2021 brilio.net@yans_brilio 

Usahakan selalu menginstal aplikasi hanya dari sumber yang dikenal dan tepercaya seperti Google Play Store. Kamu juga dapat mengaktifkan ini di pengaturan untuk masa mendatang.

9. Matikan atau kurangi animasi

10 Cara biar ponsel gak lemot © 2021 brilio.nethowtogeek.com 

Salah satu cara lain untuk membuat perangkat Android kamu lebih cepat adalah dengan mengurangi animasi. Namun, untuk melakukan ini, kamu harus mengaktifkan Opsi Pengembang di perangkat smartphone kamu. Caranya, buka Pengaturan>Tentang Ponsel dan ketuk nomor build tujuh kali. Ini akan mengaktifkan opsi pengembang di perangkat kamu. 

Kamu dapat menonaktifkan atau mengurangi animasi. Kamu juga dapat menyesuaikan skala animasi Window, skala animasi Transisi, dan skala durasi Animator. Melakukan hal ini akan mengurangi waktu yang digunakan dalam merender efek visual di layar.

10. Setel ulang perangkat kamu

10 Cara biar ponsel gak lemot © 2021 brilio.netapowersoft.com 

Nah jika kamu merasa bahwa semua langkah di atas tidak banyak membantu, sebaiknya kamu memilih opsi untuk melakukan reset pabrik pada smartphone. Kamu dapat mengatur ulang perangkat Android dengan 2 cara.

Pertama dengan soft reset pada perangkat. Opsi ini akan menghapus semua data, termasuk foto, video, aplikasi, dan cache. Nah jika ingin membersihkan smartphone lebih dalam, kamu bisa memilih opsi hard reset.

Kamu dapat menggunakan metode ini dan harus boot ke mode pemulihan dan hard reset perangkat. Setelah mematikan perangkat, tekan tombol Daya dan Volume Turun secara bersamaan untuk masuk ke mode pemulihan. Cara ini bukan untuk semua ponsel cerdas, tetapi berfungsi pada sebagian besar kasus. Namun, selalu ingat untuk mencadangkan semua data kamu sebelum mengatur ulang perangkat.

(brl/red)