Brilio.net - WhatsApp masih menjadi salah satu media sosial yang memiliki pengguna dengan angka tinggi. Bahkan pada beberapa waktu yang lalu, media besutan Facebook ini berhasil menjadi aplikasi pesan yang diunduh 5 miliar kali di Android. Hal ini membuktikan eksistensi WhatsApp masih cukup kuat di antara media sosial lain.

WhatsApp memang terlihat gencar memberikan inovasi baru untuk penggunanya. Terlihat pada tahun 2019, banyak perkembangan yang dimunculkan WhatsApp seperti, kirim pesan otomatis, tombol abaikan, menjadwalkan pesan, dan pemberitahuan saat kontak online. Tentu hal ini semakin memudahkan kebutuhan pengguna dalam menggunakan WhatsApp.

Bahkan pada tahun 2020 ini, sudah banyak fitur yang ditawarkan bakalan hadir dalam aplikasi WhatsApp. Fitur baru ini selain di dukung teknologi canggih, juga memberikan tampilan keren yang kekinian. Beberapa fitur yang di tunggu adalah fitur pencari gambar, menghapus pesan otomatis, pemberitahuan kontak yang di blokir, dan juga dark mode.

Ya, lagi-lagi fitur dark mode masih menjadi daya tarik untuk beberapa media sosial. Dark mode dianggap lebih kekinian dan memberi penyegaran untuk pengguna yang bosan dengan tampilan awal. Selain itu, tampilan gelap ini juga dikatakan pengguna membuat mata lebih nyaman dibanding tampilan terang.

Nah sekarang kamu nggak cuma menikmati tampilan dark mode pada ponsel aja. WhatsApp Web juga bisa kamu ubah tampilannya menjadi gelap. Untuk mengubahnya, kamu perlu mengunduh sebuah aplikasi tambahan. Nah seperti apa caranya? Simak ulasan brilio.net pada Rabu (29/1) dari themobileindian.com ini yuk.

Loading...
2 dari 3 halaman


Cara membuat tampilan dark mode di WhatsApp Web.

foto: unsplash.com

1. Pertama-tama kamu perlu mengunduh sebuah aplikasi tambahan bernama Stylus. Untuk mendapatkan aplikasi ini kamu bisa mengunduhnya melalui Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera web browsers.
2. Kemudian install aplikasi tersebut dan tambahkan ke ekstensi.
3. Selanjutnya, buka browser web dan masuk ke ekstensi Stylus.
4. Lalu, kamu akan menemukan opsi untuk menunduh WhatsApp Dark Mode.
5. Setelah diinstal, kamu dapat membuka atau menyegarkan tab WhatsApp Web dan menikmati fitur mode gelap.

Beberapa orang mengatakan perlu sedikit kesabaran dalam mengubah tampilan WhatsApp Web menjadi gelap. Namun jika berhasil, kamu bisa mengeksplor beberapa fitur yang tersemat didalamnya. Karena kamu bisa mengubah warna tema, beberapa yang ditawarkan adalah biru, hitam, merah, dan abu-abu.

Selain itu yang membuat menarik lagi adalah kamu juga bisa menhatur tampilan emoji. Tingkat transparan emoji bisa kamu ubah melalui pengaturan pada menu customize settings. Nah jangan lupa, coba juga mengubah atau mengganti jenis tulisan (font) menjadi lebih menarik dan pastinya bisa menghindari dari rasa bosan.

3 dari 3 halaman


Kelebihan fitur dark mode.

foto: freepik.com


Dark Mode atau mode gelap saat ini memang sedang digandrungi para pengguna gadget. Tak hanya karena sedang populer, dark mode juga memiliki beberapa kelebihan yang dirasa memberikan keuntungan bagi para penggunanya. Berikut beberapa keuntungan adanya fitur dark mode pada WhatsApp terutama pada ponsel:


1. Baik untuk kesehatan mata.

foto: unsplash.com

Fitur dark mode, selain memberikan tampilan baru yang lebih gelap, rupanya juga memberikan keuntungan lebih bagi mata. Terlalu sering terpapar cahaya terang bisa mengakibatkan mata menjadi lebih lelah. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan para pengguna beralih mengguna dark mode.

2. Menghemat daya.

foto: unsplash.com


Sering kali kita merasa daya ponsel menjadi lebih boros saat digunakan. Nah beberapa orang kerap mengakalinya dengan menurunkan kecerahan pada tampilan ponsel. Hal ini sudah tidak perlu kamu lakukan dalam mempertahankan daya ponsel.

Beda halnya ketika mengubah tampilan menjadi dark mode, ponsel akan membuat bateraimu lebih awet dan bisa bertahan hidup lebih lama.

3. Tampilan lebih elegan.

foto: pixabay.com


Perubahan saat menggunakan dark mode akan terlihat lebih menonjol pada tampilannya. Dengan desain gelap, tampilan WhatsAppmu menjadi lebih menarik. Kesan gelap juga akan memberikan efek lebih menawan dan berkelas saat digunakan. Bagaimana kamu sudah mencobanya?

Fitur dark mode yang tertera pada WhatsApp memang menjadi salah satu pembaruan yang ditunggu para pengguna. Diketahui WhatsApp akan memiliki dua tipe mode gelap. Perbedaan ini bisa terlihat pada latar belakang saat kamu mengaktifkan fitur dark mode.

Untuk tipe pertama, terdapat latar belakang abu-abu dan warna hitam untuk menu termasuk pada bagian lain aplikasi. Sedangkan pada opsi kedua, kamu akan disuguhkan latar belakang dengan warna jet black dan abu-abu muda untuk opsi menu.

Selain dua opsi itu, WhatsApp dikatakan juga menghadirkan opsi ketiganya lho. Terdapat suguhan untuk penggunaan warna biru gelap. Namun belum ada kepastian apakah WhatsApp akan merilis ketiga opsi menarik ini, atau hanya salah satu di antara mereka. Nah kalau kamu mendapat pilihan, mana yang lebih kamu pilih nih untuk tampilan dark modemu?