Brilio.net - WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang disukai banyak orang. Hampir semua orang pernah menggunakan smartphone kini sangat kerap menggunakan media komunikasi digital paling ngehits itu. WhatsApp mampu membuat semua orang terhubung dengan sangat mudah, tanpa perlu bertatap muka. Kamu bisa mengirim pesan, video, foto, telepon, video call gratis alias yang memotong pulsa sepeserpun. Kamu hanya perlu mengeluarkan kuota internet saja, tidak terlalu banyak.

Selain banyak fitur menarik, WhatsApp juga mudah sekali digunakan dan nggak ribet. Saat ini WhatsApp jadi aplikasi teratas dalam urusan komunikasi, baik pribadi hingga profesional. Media perpesanan yang satu ini jadi software favorit, bahkan hingga per November 2019 ini, WhatsApp jadi aplikasi paling banyak di-download.

Dilansir dari Liputan6.com, perusahaan riset pasar Sensor Tower merilis angka unduhan dari AppStore dan Google Play. Dari rilis yang ada, WhatsApp mampu naik sekitar 25 persen dari periode sebelumnya. Per November aplikasi WhatsApp terhitung sudah di-download sebanyak 87 juta kali.

WhatsApp kini bisa dimainkan atau digunakan melalui komputer dan laptop. Pihak WhatsApp mengeluarkan produk yang bernama WhatsApp Web. Fitur yang ada di WhatsApp Web ini nggak kalah lengkap dengan WhatsApp yang ada di Android. Bahkan fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp Web ini hampir sama dengan versi Android. Sayangnya ada beberapa orang yang belum mengetahui trik dan cara mudahnya saat berselancar dengan WhatsApp Web.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kali ini brilio.net bakal kasih tahu kamu beberapa trik menarik pemakaian WhatsApp yang dijamin berguna banget untuk keseharianmu. Cek langsung ulasannya di bawah ini seperti dilansir dari makeuseof.com, Rabu (18/12).

1. Pintasan Keyboard WhatsApp.

7 Tips dan trik WhatsApp Web yang perlu kamu tahu freepik.com

foto: pixabay.com

Untuk memanfaatkan seefektif mungkin WhatsApp Web di komputer, kamu perlu mempelajari beberapa pintasan keyboard. Teknik ini bisa membuatmu seakan punya kecepatan bak ninja dari Negeri Sakura saat mengetik, dan bisa melakukan semuanya dengan lebih cepat. Berikut daftar pintasan keyboard yang berfungsi di WhatsApp Web:

Ctrl + N: Mulai obrolan baru

Ctrl + Shift +]: Obrolan selanjutnya

Ctrl + Shift + [: Obrolan sebelumnya

Ctrl + E: Arsipkan obrolan

Ctrl + Shift + M: Bisukan obrolan

Ctrl + Backspace: Hapus obrolan

Ctrl + Shift + U: Tandai sebagai belum dibaca

Ctrl + Shift + N: Buat grup baru

Ctrl + P: Buka status profil

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan semua pintasan keyboard Windows universal seperti pada umumnya. Seperti Ctrl + Shift + Equals untuk memperbesar dan memperbesar teks.

2. Cara mencari emoticon dengan keyboard.

7 Tips dan trik WhatsApp Web yang perlu kamu tahu freepik.com

foto: freepik.com

Pesan instan terasa tidak lengkap tanpa emoticon. Karena emoticon bisa berfungsi untuk mengungkapkan perasaan yang tidak bisa dituangkan dalam ketikan. Nah, saat ini kamu dimudahkan WhatsApp Web, nggak perlu susah payah mencari emoticon tersebut di paket sebelah kiri. Kamu cukup mengetikkan pintasan di keyboard, maka emoticon akan muncul secara otomatis. Cara yang lebih cepat bukan?

Pada kotak teks biasa, ketik titik dua (Shift +; /: Key) diikuti oleh dua huruf pertama dari emoticon yang ingin kamu ungkapkan. Kamu dapat mencocokkan emoticon yang berubah dengan setiap huruf yang kamu ketikkan. Gunakan tombol panah keyboard untuk berganti-ganti antara emoji yang ditampilkan. Tekan Enter untuk memilih.

:th akan menunjukkan ini:

foto: makeuseof.com

:thu akan menunjukkan ini:

foto: makeuseof.com

3. Dapat mengubah Emoticon ke Emoji secara otomatis.

7 Tips dan trik WhatsApp Web yang perlu kamu tahu freepik.com

foto: freepik.com

WhatsApp Web akan secara otomatis mengonversi emoticon klasik dan kuno menjadi emoji. Instal Tampermonkey di browser, Kunjungi situs WhatsApp Emoticon Preserver. Kemudian klik tombol Install berwarna biru. Kemudian refresh halaman WhatsApp Web di browser kamu.

4. Cara menggunakan beberapa akun WhatsApp di PC atau komputer yang sama.

7 Tips dan trik WhatsApp Web yang perlu kamu tahu freepik.com

foto: freepik.com

Beberapa orang memiliki dua ponsel dengan akun WhatsApp terpisah, atau mungkin kamu menggunakan ponsel dual-SIM dengan beberapa aplikasi WhatsApp. Apa pun alasannya, jika kamu ingin menjalankan dua akun WhatsApp Web di komputer. Kamu tidak perlu membuka dua tab di Chrome dan masuk secara terpisah.

Cara terbaik adalah membuka jendela penyamaran atau peramban lain. Jadi jika kamu memiliki satu akun yang masuk ke Chrome, mulailah jendela baru dalam 'Mode Penyamaran'. Atau jalankan situs web Opera dan masuk ke WhatsApp Web melalui itu. Masuk seperti biasa, menggunakan akunmu yang lain untuk memindai kode QR.

Jika kamu ingin tetap menggunakan satu browser dan tanpa jendela penyamaran, ada metode alternatif. Buka tab baru dan kunjungi dyn.web.whatsapp.com. Ini adalah proksi dari aplikasi Web WhatsApp utama, sangat aman, dan diverifikasi Scam Adviser.

5. Membaca pesan tanpa pemberitahuan atau centang biru.

7 Tips dan trik WhatsApp Web yang perlu kamu tahu freepik.com

foto: freepik.com

Selama tanda centang biru diaktifkan, orang dapat melihat kapan kamu membaca tulisan mereka. Untuk kamu yang nggak ingin hal itu terjadi, cukup menonaktifkan centang biru. Berikut cara mudah untuk diaplikasikan di WhatsApp Web.

- Buka obrolan di jendela WhatsApp Web

- Buka file Notepad (atau jendela lain), dan ubah ukurannya sehingga kamu dapat melihat obrolan Web WhatsApp lengkap di latar belakang.

- Klik di file Notepad dan simpan kursormu di sana.

- Pesan akan dimuat di jendela obrolan latar belakang, yang dapat kamu baca, tanpa ditandai sebagai telah dibaca dengan tanda biru.

- Pesan akan tetap berwarna abu-abu, artinya pesan kamu terima, tetapi tidak dibaca.

6. Ekstensi WAToolkit untuk pratinjau pesan.

7 Tips dan trik WhatsApp Web yang perlu kamu tahu freepik.com

foto: freepik.com

WAToolkit adalah ekstensi gratis browser Google Chrome. Kamu bisa menambahkan banyak fitur ke WhatsApp Web menggunakan WAToolkit ini. Ada beberapa trik keren yang bisa kamu aplikasikan ke WhatsApp Web ini, termasuk salah satunya memungkinkanmu membaca pesan tanpa diketahui.

Background Notifications atau notifikasi latar belakang WhatsApp. Kamu tidak perlu lagi beralih ke tab WhatsApp Web untuk membacanya. Ikon ekstensi WAToolkit akan memberitahumu berapa jumlah pesan yang belum dibaca. Arahkan cursor ke ikon tersebut dan kamu bisa melihat pesannya, tanpa dianggap sebagai pesan yang dibaca.

Dan fitur yang kedua adalah Full-Width Chat Bubbles. Dengan fitur kedua ini maka jendela chat bersama pengguna lain akan menjadi lebih besar sehingga pesan yang panjang bisa dimuat dalam 1 baris saja.

Fitur lainnya adalh Full-Width Chat Bubbles. Dengan fitur ini maka jendela chat bersama pengguna lain akan menjadi lebih besar sehingga pesan yang panjang bisa dimuat dalam 1 baris saja.

7. Tambah volume atau ubah kecepatan Ppemutaran audio.

7 Tips dan trik WhatsApp Web yang perlu kamu tahu freepik.com

foto: freepik.com

Tidak seperti WhatsApp biasa, WhatsApp Web tidak memungkinkanmu melakukan panggilan suara. Namun, kamu dapat mengirim pesan suara. Tapi apa yang kamu lakukan jika pesan suara itu agak terlalu lembut, atau mungkin terlalu lama?

Ekstensi WhatsApp Web untuk Chrome dapat memungkinkanmu menyesuaikan dan mengatur kedua faktor itu. Kamu dapat menambah volume pesan audio yang baru kamu terima, atau mengubah kecepatan pemutaran. Kamu bisa merubah 2X lebih cepat kecepatan pemutaran, dan meningkatkan volume hingga hampir 100 persen.

(brl/pep)

(brl/pep)