×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!

View Image

0

BRILIO » Gadget

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!

Memperlakukan laptop tak bisa seenaknya, harus ada perawatan khusus agar awet.

02 / 01 / 2016

Brilio.net - Di zaman serba modern seperti sekarang, laptop telah menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup. Laptop banyak dipilih karena mempermudah pekerjaan dan dapat digunakan di mana saja dan kapan saja.

Bagi kamu yang sering menggunakan laptop, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/1), ada 18 tips cara memperlakukan laptop bagaikan kekasih agar laptopmu lebih awet. Cekidot!

1. Jauhkan dari berbagai bentuk cairan

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: technomag.co.zw

Seluruh benda elektronik memang rentan terhadap cairan, termasuk laptop. Komponen-komponen dalam laptop sangat mudah korosi jika sudah terkena cairan seperti kopi atau teh. Jika sudah korosi, risiko kerusakan akan lebih cepat terjadi. Menggunakan laptop ditemani dengan segelas kopi memang asyik, tapi alangkah lebih baik jika kamu lebih berhati-hati meletakkan.

Loading...

2. Gunakan satu antivirus saja

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!

foto: pcworld.com

Menggunakan banyak antivirus secara bersamaan bukanlah solusi yang baik. Menggunakan lebih dari satu antivirus tentu nggak akan membuat laptopmu menjadi lebih aman dari serangan virus. Alih-alih menjadi lebih aman, yang ada malah memperberat kinerja laptop. Kalau sudah begini tentu laptop akan lebih berisiko menjadi 'hang'. Tentu jika sudah begini pasti bikin jengkel kan guys.

3. Jangan meletakkan barang berat di atas laptop

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: wikihow.com

Hindari menumpuk laptop dengan benda berat seperti buku. Hal ini dapat mendorong layar LCD ke keyboard, dan akhirnya akan merusak layar LCD tersebut. Meletakkan barang berat di atas laptop juga dapat merusak komponen-komponen lainnya.

4. Bawa dengan cara yang benar

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: wikihow.com

Mengangkat laptop juga bisa mempengaruhi keawetan laptopmu. Pastikan membawa dengan cara yang benar. Membawa dengan menekan layar adalah cara yang nggak disarankan. Alternatifnya bisa membawa dari samping atau posisi layar diatas.

5. Jauhkan dari makanan

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: newyorkcomputerhelp.com

Main laptop sambil ngemil memang asyik sih. Tapi jika makanan itu tumpah mengenai laptomu, alhasil laptop akan menjadi cepat kotor dan komponen seperti keyboard bisa cepat rusak.

6. Jangan sembarangan mengunduh aplikasi dari internet

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!

foto: giphy.com

Berbagai aplikasi tersedia di internet. Baik yang gratis maupun yang berbayar. Saking banyaknya aplikasi yang dapat diunduh, nggak jarang banyak juga aplikasi yang banyak mengandung malware atau program berbahaya. Parahnya, ini jarang disadari oleh para pengguna laptop. Padahal, aplikasi yang mengandung malware ini bisa membahayakan laptopmu. Laptop menjadi lemot bahkan sampai risiko kerusakan komponen.

Solusinya, pastikan kamu mengunduh secara legal dari tempat-tempat yang dipercaya. Situs resmi biasanya menyediakan aplikasi yang dijamin keamanannya, walaupun beberapa ada yang berbayar.

7. Perhatikan kabel charger laptop

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: wikihow.com

Salah satu komponen paling penting dari laptop adalah kabel charger. Bentuknya yang panjang terkadang membuat kabel sering berseliweran di lantai. Hal ini membuat kabel charger laptop rentan terhadap kerusakan seperti terinjak kursi roda kantor atau terjepit pintu.

8. Hindari dari getaran

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: kliknklik.com

Salah satu komponen laptop yang rawan terhadap getaran adalah harddisk. Terkena getaran keras seperti menaruh harddisk di atas speaker yang aktif dapat merusak berbagai komponen mekanik di dalamnya. Hal ini dapat mengganggu kinerja sampai dapat menghilangkan data yang ada di dalamnya.

9. Jangan meninggalkan laptop dalam mobil

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!

foto: zhangcorner.wordpress.com

Selain berisiko kemalingan, meninggalkan laptop dalam mobil bisa membuat laptop kepanasan. Jika sudah kepanasan ini akan membuat komponen-komponen yang ada di dalamnya rentan rusak.

10. Jika perlu, gunakan tas khusus laptop

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!

foto: uniquebackpack.com

Berbeda dengan tas ransel biasa, tas khusus laptop memiliki kompartemen yang memisahkan laptop dengan barang-barang lainnya ketika di dalam tas. Hal ini tentu mencegah laptop dari benturan yang nggak diinginkan.

11. Jangan gunakan laptop di tempat tidur

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: popsci.com

Main laptop sambil tiduran memang lebih menyenangkan. Tapi menggunakan laptop di atas kasur menyebabkan panas dari laptop nggak keluar dengan sempurna sehingga laptop pun mengalami overheat.

12. Jangan men-charger laptop semalaman

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: techpp.com

Jika laptopmu memiliki fitur untuk menghentikan suplai daya yang masuk lewat charger maka bersyukurlah. Tapi jika nggak memiliki, men-charger laptop semalaman dapat membuat baterai laptop cepat rusak.

13. Selalu gunakan laptop dengan baterai

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: intelfreepress.com

Nggak seperti komputer rumahan, laptop memiliki baterai yang sekaligus berfungsi sebagai penyeimbang daya listrik yang masuk. Menggunakan laptop langsung dari sumber listrik memang memungkinkan, tapi ini tentu akan membuat komponen di dalamnya cepat rusak karena daya lstrik yang masuk tidak stabil.

14. Aktifkan sistem restore

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: pcadvisor.co.uk

Mengaktifkan sistem restore dapat mengurangi risiko kehilangan data ketika laptomu mengalami kerusakan. Langkahnya untuk mengaktifkannya cukup mudah, klik kanan pada icon my computer, kemudian klik tab properties, pilih Tab system protection, kemudian pilih system restore.

15. Jauhkan Benda-Benda bermedan magnet dari laptop

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!

foto: coupay.com

Saat menggunakan laptop, hindari beberapa benda yang merupakan sumber magnet seperti smartphone. Hal tersebut akan berdampak buruk pada komponen laptop, khususnya bagian Harddisk.

16. Gunakan laptop di permukaan yang datar dan bersih

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: en.yibada.com

Selain untuk mencegah dari kerusakan, menggunakan laptop di permukaan yang datar dan bersih tentu akan menambah kenyamananmu.

17. Bersihkan laptop secara rutin

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: digitalinnovations.com

Bagian laptop seperti layar perlu dibersihkan secara rutin untuk menghindari dari kotoran yang dapat menyebabkan layar tergores.

18. Jika perlu, periksa laptop secara berkala

Begini cara memperlakukan laptop bak pacar, agar lebih awet, brilio!foto: laptoprepairservicemumbai.wordpress.com

Layaknya makhluk hidup, laptop juga perlu diperiksa secara berkala. Komponen yang kotor seperti kipas pendingin tentu nggak bisa kamu bersihkan begitu saja jika kamu nggak memiliki keahlian. Jika ingin memeriksa laptop secara berkala, pastikan di tempat yang terpercaya dan resmi ya guys.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more