Brilio.net - Pernah merasa malu setelah membaca tulisan-tulisan lama di akun media sosial kamu seperti Facebook dan Twitter? Keluh kesah yang ditulis saat masih duduk di bangku sekolah itu, menunjukkan jati diri yang labil atau hal-hal memalukan lain yang ingin dihapus seiring kamu beranjak dewasa. Sayangnya, internet mengabadikan semua hal itu dihimpun independent, Senin (27/11).

Nah, kamu ingin menghapus postingan-postingan lama untuk menjaga kesan di dunia maya? Coba fitur Advanced Search di Twitter, kamu bisa memindai kata-kata ofensif atau memalukan dari semua cuitan lama. Bila malas mencari satu per satu, semua cuitan bisa dihapus dengan sejumlah layanan seperti Tweet Deleter, Tweet Delete dan Twit Wipe.

Sementera Facebook mempunyai sistem yang berbeda. Media sosial itu dirancang untuk mengungkapkan sebanyak mungkin informasi pribadimu, termasuk status update, pesan, foto dan likes.

Pilih fitur Activity Log untuk melihat apa saja yang pernah kamu tulis pada Facebook. Coba scroll Timeline, lalu hapus semua yang menurut kamu bisa menyebabkan masalah kelak. Cara yang lebih efisien adalah mengunci profil dengan cara masuk ke Settings and Privacy, lalu pilih siapa saja yang bisa melihat postingan kamu.

Sayangnya, cara ini tidak berpengaruh pada siapa pun yang bisa melihat post lama kamu. Jika demikian, kamu bisa meng-klik Limit Past Posts, lalu pilih Limit Old Posts dan pilih Confirm.

Selain itu, manfaatkan Tag Review yang berguna untuk mencegah orang-orang menge-tag tanpa persetujuan kamu. Di Settings, pilih Timeline dan Tagging lalu aktifkan kontrol review Timeline.